Madhubani-Untitled-Baua Devi (Dok. Mojarto)

Yuk Kenalan dengan 5 Gaya Seni Lukis India yang Paling Populer

29 June 2021   |   15:18 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

 

Ilustrasi (Dok Dave Pullis/Unsplash)

Ilustrasi (Dok Dave Pullis/Unsplash)


4. Mural Kerala
Lukisan mural yang semarak ini adalah salah satu lukisan dinding paling terkenal di dunia dan memiliki akar spiritual yang mendalam dengan menggambarkan tema mitologi Hindu, epos, permainan klasik Krishna serta bentuk mistik Siva dan Shakti.

Gaya seni tradisional ini berasal dari abad ketujuh dan kedelapan masehi dan dicirikan oleh citra yang lincah, goresan yang berani, dan warna yang cerah. Merah, kuning, hijau kebiruan, putih dan warna solid lainnya banyak digunakan dalam lukisan mural Kerala.

5. Lukisan Warli
Tradisi lukisan satu ini telah berlangsung selama 2500 tahun di daerah Thane dan Nasik di Maharashtra yang terkait erat dengan alam dan ritual sosial suku dari daerah tersebut. Lukisan itu biasanya menampilkan kegiatan sehari-hari masyarakat setempat seperti bertani, menari, berburu, dan berdoa.

Pola geometris sederhana berwarna putih dengan permukaan merah atau kuning digunakan untuk menggambarkan kehidupan sehari-hari. Seni warli terkenal dengan corak linier dan monokromatiknya yang menyerupai eksekusi lukisan gua prasejarah.



Editor: Roni Yunianto

 
1
2


SEBELUMNYA

Lebih dari 300 Video Klip dari SM Entertainment Segera Diremaster

BERIKUTNYA

Ini Lho Alasan & Tips untuk Gunakan Tabir Surya saat Beraktivitas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: