Madhubani-Untitled-Baua Devi (Dok. Mojarto)

Yuk Kenalan dengan 5 Gaya Seni Lukis India yang Paling Populer

29 June 2021   |   15:18 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Keragaman budaya India yang kaya tercermin dengan baik dalam seni dan kerajinan rakyat yang hidup berbeda, dan mempesona. Berbagai gaya lukisan tersebar di berbagai daerah, masing-masing mewakili tradisi, adat istiadat, dan ideologi yang diturunkan dari satu generasi ke generasi lainnya.

Secara tradisional, sebagian besar gaya lukisan India ada sebagai lukisan dinding atau mural. Seiring dengan berjalannya waktu, urbanisasi membawa bentuk-bentuk lukisan di atas kertas, kanvas, dan kain.

Nah, berikut ini adalah beberapa gaya lukisan India yang populer.

1. Madhubani, Bihar
Dikenal juga sebagai lukisan Mithila, Madhubani adalah lukisan yang lahir di wilayah Madhubani di Bihar dan merupakan salah satu gaya lukisan rakyat yang paling terkenal di India. Keindahan Madhubani terletak pada penggambaran budaya dan tradisinya yang sederhana dan menggugah.

Desainnya dicirikan oleh pola geometris yang menarik, gambar simbolis, dan pemandangan dari mitologi. Keseimbangan antara semangat warna dan kesederhanaan dalam polanya membuat Madhubani berbeda dari gaya melukis lainnya.

2. Kalamkari, Andhra Pradesh
Kalamkari adalah gaya seni lukis tangan atau blok organik yang telah berusia 3000 tahun dan secara tradisional digunakan untuk membuat gulungan dan panel naratif. Seni rakyat yang indah ini memiliki hubungan yang kuat dengan motif Persia. Kalamkari sendiri merupakan warisan yang telah diturunkan dari generasi ke generasi di Andhra Pradesh. 

Bentuk hewan bergaya, motif bunga dan desain mihrab yang dominan dalam lukisan Kalamkari juga telah menemukan tempat di tekstil Kalamkari. Gaya lukisan satu ini lebih melibatkan warna-warna seperti nila, hijau, karat, hitam, dan mustard.
 

Odisha Patachitra-Unknown Artist (Dok. Mojaro)

Odisha Patachitra-Unknown Artist (Dok. Mojaro)


3. Pattachitra, Odisha
Bentuk seni tradisional dari Odisha ini sebagian besar terinspirasi oleh Dewa Jagannath. Lukisan gulir Pattachitra menggambarkan tema mitologi dan agama seperti kisah dewa-dewa Hindu. Bentuk lukisan itu biasanya dilakukan di dinding, pakaian dan daun lontar juga dikenal dengan detailnya yang rumit.

Garis tebal, kuat, warna-warna cerah seperti putih, merah, kuning, dan hitam dengan batas dekoratif adalah beberapa karakteristik gaya lukisan ini yang dikagumi oleh banyak pecinta seni di seluruh dunia.



 
1
2


SEBELUMNYA

Lebih dari 300 Video Klip dari SM Entertainment Segera Diremaster

BERIKUTNYA

Ini Lho Alasan & Tips untuk Gunakan Tabir Surya saat Beraktivitas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: