Tampilan situs V LIVE. (Sumber gambar: V LIVE)

V LIVE Umumkan Akan Akhiri Layanannya pada Akhir Tahun 2022

01 November 2022   |   23:09 WIB

Kabar mengenai penutupan V LIVE yang merupakan aplikasi siaran langsung daring untuk artis-artis Korea Selatan, terutama idol K-pop, akhirnya resmi mengumumkan tanggal berakhirnya layanan dari Naver tersebut. YTN melaporkan bahwa V LIVE akan mengakhiri operasionalnya pada akhir tahun ini.

"Kami menginformasikan bahwa V LIVE akan mengakhiri layanannya pada 31 Desember 2022," tulis perwakilan V LIVE pada Senin (31/10/2022).

Sebagai dampaknya, penutupan ini diketahui menghapus semua data unggahan termasuk foto, video, dan teks yang telah dipublikasi dalam halaman V LIVE. Hal ini juga meliputi koleksi konten yang disewakan atau berbayar untuk pengguna terdaftar di platform tersebut.

Baca juga: V LIVE dan Weverse Akan Gabung Jadi Satu Platform

Lebih rinci mengenai konten foto dan video gratis, V LIVE menyampaikan bahwa konten dalam kanal setiap artis akan tetap bebas dari biaya sampai layanannya berakhir. Namun, hal ini akan berpengaruh dari sisi operator (dalam hal ini adalah pihak artis atau agensi yang bersangkutan) karena mereka yang memiliki hak atas ketentuan penghapusan konten di dalamnya yang bisa dilakukan lebih awal.

Di sisi lain, seluruh konten berbayar akan bergantung pada periode pembelian konten tersebut dan bisa digunakan hingga waktu operasional V LIVE berakhir. Sayangnya, perpindahan ini tetap memiliki beberapa kondisi yang harus dimiliki dari jenis konten berbayar yang masuk hingga artis yang sudah beralih ke platform Weverse.

Pertama, konten berbayar yang dipindahkan hanyalah konten V LIVE+ milik artis yang sudah memiliki halaman Weverse-nya sendiri. Kedua, proses pemindahan konten berbayar yang dimiliki pengguna harus melalui persetujuan prosedur transfer konten yang ada di Weverse mengingat perpindahan ini dilakukan dalam platform tersebut.

Meski merugikan sebagian besar artis, perpindahan ini tidak banyak berdampak besar pada artis-artis yang sudah berpindah dari V LIVE ke Weverse. Catatannya adalah jika artis yang bersangkutan sudah tergabung dan memiliki akun dalam Weverse serta pengguna atau penggemar menyetujui perpindahan akun V LIVE ke Weverse, hal ini bisa membuat konten V LIVE dan V LIVE+ milik artis yang bersangkutan bisa berpindah dan tetap diakses pengguna.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by V LIVE (@vliveofficial)


Namun, hal ini tidak berlaku bagi pengguna yang tidak menyetujui ketentuan perpindahan otomatis. Jika hal ini terjadi, keanggotaan V LIVE akan hilang dan pengguna harus membuat akun baru di Weverse dan kehilangan akses pada konten berbayar yang dimiliki dalam akun sebelumnya.

Untuk koin V LIVE yang merupakan koin untuk pembayaran dalam aplikasi, ketentuan yang diajukan ada dua pilihan: penerimaan konversi ke uang Weverse Shop sebanyak 3.000 Weverse Cash selama periode 1 November 2022 sampai 28 Desember atau pengajuan refund jika koin yang tersimpan masih berlaku.

V LIVE merupakan platform milik Naver yang dibuka sejak 1 September 2015 dan menjadi salah satu platform komunikasi antara penggemar dan pengguna yang paling populer di kalangan artis Korea Selatan, baik idol K-pop, penyanyi, hingga aktor. Meski dikenal dengan siaran langsung daringnya, platform ini juga menyediakan layanan untuk berbagai video teaser eksklusif dan showcase siaran langsung.

Konten lainnya yang juga tersedia adalah konten hiburan daring, web drama, dan konten musik. Sementara itu, kanal yang tersedia selain V LIVE+ dan V COIN adalah CH+ atau channel khusus berbasis langganan per 30 hari hingga tahunan yang berisikan acara reality show daring dan drama Korea, Stickers untuk interaksi dalam ruang obrolan V LIVE, V LIGHTSTICK yang merupakan barang daring berbayar, dan Beyond LIVE yang merupakan platform konser daring kerja sama SM Entertainment dan Naver.

Hingga saat ini, setidaknya V LIVE memiliki lebih dari 1.450 kanal milik sejumlah artis dan aktor termasuk  BTS, BLACKPINK, Winner, iKON, TXT, ATEEZ, GFRIEND, GOT7, Red Velvet, EXO, SEVENTEEN, Victon, Lee Jong-suk, Park Bo-young, Lee Dong-wook, dan artis lainnya.

V LIVE dan Weverse sendiri sudah melakukan transfer sejak Maret 2022 dengan memindahkan layanannya. Kini, layanan V LIVE ini dinamakan sebagai Weverse Live dan telah digunakan oleh sejumlah artis seperti BTS, SEVENTEEN, TXT, LE SSERAFIM, P1Harmony, ENHYPEN, STAYC, TREASURE, dan lainnya.

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Selain November Rain, Ini 4 Lagu Tentang November yang Pas Menemani Hari-harimu

BERIKUTNYA

Daftar Fenomena Luar Angkasa Sepanjang November 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: