Penyanyi legendaris Titiek Puspa yang tetap awet muda. (Sumber gambar : tangkapan layar)

Menginjak Usia 85 Tahun, Intip Resep Awet Muda dan Bugarnya Titiek Puspa

01 November 2022   |   20:33 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Penyanyi Legendaris Titiek Puspa tampak awet muda walaupun sudah menginjak usia 85 tahun. Wajahnya pun minim kerutan dan tubuhnya masih sangat bugar. Ternyata rahasia wanita pemilik nama lahir Sudarwati itu sangatlah sederhana. Titiek mengaku dia tetap awet muda dan sehat karena mengubah gaya hidup. 

Upaya mengubah gaya hidup dilakukan setelah dia berusia 35 tahun. Keinginan itu muncul ketika kontur wajahnya mulai turun. “Muka aku kok turun semua, dari situ mulai mengatur makan, kurangi garam, gula, minyak, pengawet, makanan yang bikin gemuk,” ungkapnya saat memperingati HUT ke-85 secara virtual, Selasa (1/10/2022).

Selain mengurangi konsumsi, gula, garam, dan lemak, Titiek juga mengatur pola dan posisi tidur. Setidaknya dia tidur 8 jam sehari dan tidur dengan posisi wajah menghadap ke langit-langit. “Tidur bagaimana caranya supaya muka jadi ke tarik. Selama tidur 5-6 jam (wajah menghadap ke atas) lumayan menarik,” imbuhnya. 

Pencipta lagu Kupu Kupu Malam ini juga rutin berolahraga untuk menjaga kebugarannya. Selain itu, dia tetap memakai riasan yang menunjang penampilan yang paripurna. 

Di balik kondisinya yang bugar dengan umur yang panjang, ternyata eyang Titiek sempat sakit-sakitkan lho, Genhype. Itu terjadi ketika dia masih kecil hingga menjelang remaja. Beberapa kali ganti nama, penyakit tidak berhenti datang. 

Bahkan kala itu terlintas rasa ingin menyerah dan bunuh diri. Titiek bercerita di tengah hujan lebat, dia mengambil ragam buah-buahan di kebun belakang rumah. Semua ditumbuk menjadi satu ditambah cabai yang begitu banyak. “Saya makan, mulut kayak disembur api,” imbuhnya.

Ternyata setelah mengonsumsi itu, dia jatuh pingsan. Namun tidak satupun orang yang menyadari dia pingsan mulai dari jam 8 pagi sampai 10 malam. 

Secara ajaib, dia pun sembuh dari beragam penyakit. Sejak itu Titiek meminta maaf kepada Tuhan. “Setiap hari saya sowan di atas pohon, ngobrol sama Tuhan. Buat saya Tuhan dari dulu sahabat saya. Sampai sekarang, tadi malam saya ngobrol sama Tuhan,” sebutnya. 

Titiek mengaku sangat percaya dengan kekuatan doa. Dia pun mengingatkan kepada generasi penerus untuk selalu percaya Tuhan dalam setiap langkah atau pekerjaan yang dijalankan. 

Sementara itu, di usia yang tidak lagi muda, Titiek memiliki impian agar anak-anak yang kurang mampu dibuatkan sebuah asrama. Di tempat itu, anak-anak tersebut diajarkan agama, budi pekerti, sejarah, bahasa, hingga keterampilan komputer. “70 persennya belajar seni budaya seluruh Indonesia,” tutur Titiek. 

Dia juga berharap ada teater anak Indonesia. “Masukkan nasionalisme anak yang akan datang jangan semua mata pikiran di luar,” tambahnya. 

Baca juga70 Tahun Berkarya, Ini Cerita di Balik Hits Legendaris Titiek Puspa

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Perlu Waktu 77 Tahun untuk Menyadari Lukisan Mondrian Ini Ternyata dipajang Terbalik

BERIKUTNYA

Rekomendasi Anime yang Rilis November 2022, Ada Lookism hingga Legend of The Galactic Heroes

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: