Komunitas Wajah Bunda (sumber gambar: wajahbundaid / instagram

Begini Cara Komunitas Bangun Support System Solid untuk Perempuan

31 October 2022   |   06:00 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Sistem pendukung (support system) bagi seorang ibu menjadi sesuatu yang sangat penting untuk membuatnya tetap ‘waras’ di tengah berbagai aktivitas dan kesibukan. Nah, selain keluarga, support system yang tak kalah penting adalah komunitas.

Sebab, di dalam komunitas tersebut mereka bisa menemukan perempuan-perempuan atau ibu-ibu lainnya yang juga mengalami permasalahan yang sama sehingga bisa saling berbagi pengalaman, keluh kesah maupun ilmu yang dimiliki.

Salah satu komunitas bagi para ibu atau perempuan yang bisa menjadi wadah untuk saling berbagi dan menjalin networking adalah Wajah Bunda Indonesia yang didirikan oleh Fiki Maulani sejak April 2012.

Meski namanya 'Wajah Bunda,' tetapi tidak menutup kemungkinan perempuan yang belum menikah atau belum memiliki anak untuk bergabung di dalamnya dalam rentang usia 21 tahun hingga 47 tahun.

Baca juga: Mompreneur Bisa Gabung Kedai Kreatif Nih Bareng Komunitas Ibu Profesional

"Wajah Bunda Indonesia terbuka untuk perempuan yang masih single atau sudah berumah tangga sebagai komunitas yang berbasis di media sosial," ujarnya.

Fiki mengatakan komunitas ini dibentuk untuk mengakomodir para perempuan yang tidak memiliki blog. Pasalnya, sekitar 10 tahun yang lalu kebanyakan komunitas didominasi oleh para perempuan yang aktif dan memiliki blog atau komunitas blogger.

"Padahal tidak semua perempuan bisa aktif di blog, maka saya buat komunitasWajah Bunda Indonesia yang mengakomodir para perempuan yang tidak memiliki blog tapi ingin bisa berekspresi dan saling berbagi serta mengembangkan networking," jelasnya.
 

Di usianya yang kini sudah menginjak 10 tahun, Wajah Bunda Indonesia sudah memiliki ribuan anggota yang tersebar di seluruh Indonesia. Anggota ini nantinya akan dikelompokkan dalam grup percakapan di WhatsApp yang dibagi per wilayah. Sementara itu, Instagram @wajahbundaid hingga kini sudah memiliki lebih dari 18.000 pengikut.

Selain aktif saling berbagi dan berjejaring melalui media sosial dan grup percakapan, Wajah Bunda Indonesia juga aktif menyelenggarakan berbagai event baik agenda rutin maupun yang bersifat insidensial atau tematik.
Misalnya saja agenda yang baru-baru ini diselenggarakan dalam rangka satu dekade Wajah Bunda Indonesia yaitu mengenai ilmu parenting tentang bahaya kecanduan gadget bagi perkembangan anak.

Komunitas Wajah Bunda Indonesia juga aktif berkolaborasi dengan berbagai brand atau perusahaan untuk mendukung penyelenggaraan acara, salah satunya Cooking Class yang diselenggarakan Hypeabis.id dan Moon Chicken Station beberapa waktu lalu. Ada pula event mengenai sosialisasi kompor induksi, parenting, keluarga, hingga perawatan wajah dan kecantikan.

"Wajah Bunda Indonesia sangat terbuka dengan berbagai kolaborasi dan kerjasama yang ditawarkan untuk saling berbagai ilmu dan inspirasi bagi para anggota kami yang saat ini sudah mencapai ribuan dari berbagai wilayah di Indonesia," tuturnya.

Sebagai komunitas yang saling berbagai, berjejaring, dan menginspirasi, Wajah Bunda Indonesia juga aktif menyelenggarakan kopi darat atau arisan di beberapa wilayah. Nantinya pada saat itu, anggota yang memiliki keahlian di bidangnya akan sharing ilmu dan pengalaman kepada para anggota lainnya sehingga menambah ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat dalam kehidupan
.
Nah, bagi Genhype yang ingin bergabung bersama komunitas Wajah Bunda Indonesia bisa langsung ketuk direct message akun Instagram @wajahbundaid dan lengkapi sejumlah data. Nantinya akan digabungkan ke dalam WhatsApp grup.

"Untuk bergabung di komunitas Wajah Bunda Indonesia, tidak ada fee yang harus dibayar semuanya free," tuturnya.
 
 (Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

IFG Labuan Bajo Marathon akan Jadi Agenda Sport Tourism Berkelanjutan

BERIKUTNYA

Angka Kasus Kanker Payudara Tinggi, Edukasi dan Deteksi Dini Perlu Ditingkatkan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: