Petugas medis memberikan CPR kepada seseorang (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ RODNAE Productions)

Genhype, Begini Cara Melakukan CPR dalam Kondisi Darurat

30 October 2022   |   21:13 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Volume manusia yang melonjak pada Sabtu (29/10/2022) malam, di Itaewon, Korea Selatan menjadi penyebab tragedi yang memilukan. Di tengah kekacauan, warga bergabung untuk menyelamatkan para korban dengan melakukan resusitasi jantung-paru dan menawarkan bantuan lainnya.

Klip video yang menangkap situasi di sekitar tak lama setelah insiden itu terjadi menunjukkan sejumlah sukarelawan melakukan CPR di jalan, bersama paramedis dan tim penyelamat darurat.

Cardiopulmonary Resuscitation (CPR) atau resusitasi jantung paru adalah sebuah teknik yang penting karena berpeluang membuat jantung yang berhenti karena beberapa hal dapat kembali berdetak hingga memperlancar sistem pernapasan.

Baca juga: Pesta Halloween, 50 Orang Meninggal Karena Gagal Jantung di Itaewon Korea

Sebagaimana dilansir dari laman NHS.uk, ada beberapa cara melakukan resusitasi jantung paru yang dapat dilakukan ketika menghadapi seseorang yang tidak sadarkan diri dan tidak bernafas dengan normal sambil menunggu petugas medis datang.

Seseorang biasanya mendapatkan instruksi dasar tentang penyelamatan melalui gawai, termasuk tentang CPR ketika menghubungi layanan kesehatan dan meminta ambulan datang.

Adapun, American Heart Association merilis pedoman CPR Hands-only pada tahun 2010 di mana penyelamat hanya memberikan kompresi dada tanpa bantuan pernapasan tambahan. Mengingat kita masih berada di tengah kondisi pandemi Covid-19, Genhype bisa mengikuti pedoman ini.

Berikut cara melakukan CPR hands-only pada orang dewasa jika kalian diharuskan melakukannya:
  1. Berlutut di samping orang yang akan diberikan CPR dan letakkan tumit tangan di tulang dada di tengah dada orang tersebut. Tempatkan telapak tangan satunya di atas tangan yang ada di dada orang yang akan diberikan CPR dan kunci jari-jari kalian.
  2. Ambil posisi sehingga bahu berada tepat di atas tangan kalian. Dengan menggunakan berat badan dan bukan hanya lengan, tekan lurus ke bawah sejauh 5 cm – 6 cm di dada orang yang akan diresusistasi.
  3. Pastikan tangan tetap berada di atas dada, dan lepaskan kompresi dan biarkan dada orang yang diresusitasi kembali ke posisi semula. Ulangi langkah ini dengan kecepatan dari 100 sampai dengan 120 kali per menit sampai ambulan tiba atau selama kalian bisa.

Baca juga: Jangan Panik, Begini Langkah Pertolongan Pertama Pada Henti Jantung

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Ini 5 FIlm Japanese Film Festival 2022 yang Akan diputar di Jakarta

BERIKUTNYA

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali Sesuaikan Jam Operasional Selama KTT G20

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: