Berdendang Bergoyang Festival. (Sumber gambar: Instagram @berdendangbergoyang)

Acara dibatalkan, Cek Mekanisme Refund Berdendang Bergoyang Festival 2022

30 October 2022   |   17:35 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Penyelenggaraan hari ketiga Festival Berdendang Bergoyang 2022 yang dijadwalkan pada Minggu,30 Oktober 2022 di Istora Senayan & Parkir Selatan Gelora Bung Karno, Jakarta, akhirnya dibatalkan. Adapun, mekanisme pengajuan pengembalian tiket (refund) berlangsung pada 30 Oktober 2022-2 November 2022.

“Terkait segala kekurangan yang terjadi di Berdendang Bergoyang Festival 2022, kami ucapkan permohonan maaf sebesar-besarnya kepada seluruh penonton dan berbagai pihak yang telah mendukung,” demikian tertulis dalam pernyataan promotor event Berdendang Bergoyang Festival 2022, Emvrio Production, melalui akun media sosial, Minggu (30/10).

Pihak penyelenggara menjelaskan bahwa pembatalan acara hari ketiga festival disebabkan oleh isu keselamatan dan keamanan atas himbauan Polres Metro Jakarta Pusat. Pada penyelenggaraan 28-29 Oktober 2022 jumlah penonton yang memenuhi Istora Senayan tak dapat tertampung hingga menyebabkan sejumlah orang pingsan karena kekurangan udara.

Baca juga: Line Up & Harga Tiket Berdendang Bergoyang Festival, Hadirkan 80 Musisi Papan Atas Indonesia

Terkait pembatalan ini, pihak promotor pun menjanjikan refund 100 persen untuk pemegang tiket 29 Oktober, 30 Oktober dan tiket 3 day pass. Genhype dapat mengajukan pengembalian melalui bit.ly/REFUNDTIKETBBF. Berikut panduannya: 
  1. Refund tiket dapat dilakukan oleh semua pembeli tiket hari kedua dan ketiga yang melakukan pembelian tiket melalui emvrico.com dan Google Form bit.ly/TIKETBBF.
  2. Refund hanya untuk dua hari terakhir bagi pembeli tiket 3 days pass.
  3. Pembelit tiket mengisi link bit.ly/REFUNDTIKETBBF untuk pengajuan pengembalian uang pembelian tiket.
  4. Batas pengajuan refund tiket akan dibuka pada 30 Oktober 2022 sampai dengan 2 November 2022 pukul 23.59 WIB.

Penyelenggara juga menyebutkan pemilik tiket harus mengisi data refund, yakni nama lengkap sesuai identitas saat pembelian tiket, email pembeli, nomor identitas yang sesuai saat pembelian tiket, bukti pembelian tiket melalui website atau Google Form. Kemudian, bukti pembayaran atau transfer transaksi pembelian, dan nomor rekening dan nama bank.

Adapun, estimasi pengembalian dana adalah 30 – 45 hari kerja setalah data dikonfirmasi oleh pihak BBF. “Pihak BBF hanya memberi kompensasi refund tiket untuk day 2, day 3. Jika membeli 3 day pass akan direfund untuk tiket 29-30 Oktober 2022 saja,” demikian tertulis dalam unggahannya.

Penyelenggara juga mempersilahkan pemilik tiket untuk menghubungi melalui surat elektronik atau nomor telepon untuk mengetahui info lebih lanjut terkait refund tiket.
 

Kritik pedas penonton pun memenuhi kolom komentar media sosial Berdendang Bergoyang Festival, baik di Twitter maupun Instagram. Penonton mengeluhkan crowd control yang tidak berjalan baik, harga makanan yang mahal, jadwal tampil artis yang tidak sesuai, hingga pelayanan petugas dan panitia di lapangan.

Tidak hanya itu, terdapat juga penonton pemegang tiket hari kedua yang berharap mendapatkan refund 50 persen. Mereka beralasan bahwa penonton tidak dapat menikmati secara penuh festival musik tersebut, dan sebagian besar waktu yang terbuang untuk berdesak-desakan.

Untuk diketahui, festival musik Berdendang Bergoyang rencananya akan diadakan selama tiga hari dari 28 sampai dengan 30 Oktober 2022.

Festival musik ini dimeriahkan oleh sejumlah musisi ternama di dalam negeri. Di dalam unggahan penyelenggara di media sosial. Musisi yang mengisi pada hari pertama adalah Rizky Febian, Tulus, Project Pop, Armada Band, Padi Reborn, Mahalini, Melly Goeslaw, dan sebagainya.

Sementara pada hari kedua terdapat Rhoma Irama & SOneta Group, Kahitna, Ungu, Isyana Sarasvati, Yura Yunita, Yovie Nuno, Reza Artamevia, The Cangcuters, Coconut Treez, Daun Jatuh, Ardhito Pramono, dan sebagainya.

Adapun, musisi yang seharusnya tampil pada hari ketiga adalah Rossa, Ahmad Band, Trio Lestari X The Bakuucakar, Setia Band, The Sigit, Radja, Marcel Siahaan, D’Masiv, The Panturas, Maliq & D’Essentials, Saykoji, Kuburan Band, dan sebagainya.

Namun, sejak Sabtu (29/10) malam, sejumlah musisi seperti Teza Sumedra, Weird Genius dan Ramengvrl, yang rencananya akan mengisi acara di hari ketiga, mengumumkan bahwa mereka tidak akan hadir karena acara dibatalkan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Faktor Gaya Hidup Jadi Penentu, Waspadai Penyebab dan Gejala Jantung Koroner

BERIKUTNYA

Trick or Treat! Ini 5 Fakta Hari Halloween dan Sejarah di Baliknya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: