Itaewon, area pesta Halloween di Korea Selatan. (Sumber gambar : Freepik /316936903)

Pesta Halloween, 50 Orang Kena Serangan Jantung di Itaewon Korea

29 October 2022   |   23:47 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Pesta Halloween di Itaewon, Korea Selatan, yang digelar Sabtu (29/10/2022), malam waktu setempat mendatangkan petaka. Puluhan orang seketika menderita serangan jantung akibat berdesakan-desakan di kawasan elit yang menjadi tujuan wisata di Seoul itu. 

Sekitar pukul 23.30 WIB, sebanyak 50 orang menerima CPR, sebagai pertolongan pertama serangan jantung. Petugas medis mengabarkan setidaknya ada 81 telepon dari orang yang berada Itaewon meminta pertolongan karena mereka kesulitan bernapas. 

Baca juga: Fakta & Penyebab Asfiksia, Pemicu Meninggalnya Korban Tragedi Kanjuruhan
 

Mengutip Korea Times, kejadian ini terjadi di dekat Hotel Hamilton. Presiden Yoon Suk-yeol memerintahkan para pejabat untuk segera memberikan pertolongan pertama dan merawat para warga maupun turis yang ada di sana. Yoon juga memerintahkan seluruh petugas medis darurat ke Itaewon dan mandikan tenda darurat.

Secara terpisah, Perdana Menteri Han Duck-soo menginstruksikan para pejabat untuk melakukan upaya maksimal guna meminimalkan kerusakan lebih lanjut. Sementara itu, Walikota Seoul Oh Se-hoon, yang sedang berkunjung ke Eropa, memutuskan untuk pulang setelah tragedi di malam Halloween itu.

Saat ini, 142 kendaraan pemadam kebakaran telah dikerahkan untuk mengamankan wilayah tersebut. Dalam video yang beredar di media sosial, tampak para petugas kesusahan mengeluarkan orang-orang dari kerumunan di Itaewon.

Diperkirakan ratusan orang terjebak hingga tidak bisa bergerak. Hal ini yang memicu puluhan orang kehabisan nafas dan mengalami serangan jantung. 

Dalam video lainnya puluhan petugas membantu warga yang tergeletak di pinggir jalan mengalami serangan jantung dengan melakukan PCR. Upaya petugas pun dibantu warga lainnya sebagai pertolongan pertama.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Kolaborasi Desainer Australia-Indonesia Hadirkan Fesyen Berkelanjutan di JFW 2023

BERIKUTNYA

Tundra Amankan Posisi Grand Final TI11, Team Secret vs Team Liquid Siap Rebut Tiket Terakhir!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: