Ilustrasi olahraga (Sumber gambar: Freepik)

Rekomendasi Olahraga yang Aman untuk Penderita Jantung

28 October 2022   |   21:28 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Penderita penyakit jantung tidak bisa hanya mengandalkan diet untuk menjaga kesehatannya. Pengidap penyakit jantung juga harus mengubah pola hidup secara keseluruhan, termasuk rutin melakukan olahraga. Namun, tidak sembarang olahraga bisa dilakukan penderita penyakit jantung.

Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat merupakan faktor penting bagi pengidap jantung. Olahraga dapat membantu pengidap jantung menurunkan tekanan darah tingginya. Dengan demikian, diharapkan kombinasi diet sehat dan olahraga yang rutin bisa membuat pengidap jantung merasa lebih sehat.

Namun, sebelum berolahraga, penderita jantung harus memastikan aktivitasnya tidak membuat tekanan darahnya naik drastis. Jangan sampai niat mau sehat berujung petaka. Oleh karena itu, perhatikan dengan baik faktor-faktor pendukung sebelum melakukan olahraga.

Baca juga: 3 Jenis Olahraga yang Cocok Buat Penderita Hipertensi

Melansir dari P2PTM Kemenkes RI, pengidap jantung sebaiknya memilih jenis olahraga aerobik. Pengidap jantung tidak disarankan melakukan olahraga yang kompetitif, seperti sepak bola, bulu tangkis, dan basket.

Olahraga tersebut dapat memicu hormon adrenalin. Oleh karena itu,  jenis olahraga tersebut dapat memperberat kerja jantung. Lantas olahraga apa yang disarankan untuk penderita jantung? Simak ulasan berikut ini


1. Jalan Kaki

Jalan kaki merupakan termasuk olahraga yang ringan dan bisa dilakukan oleh pengidap jantung. Meski terbilang mudah dilakukan, jalan kaki cukup efektif mengurangi kadar kolesterol, tekanan darah, stres, dan lainnya.

Jika belum terbiasa olahraga, jalan kaki juga bisa jadi alternatif yang baik. Olahraga jalan kaki bisa dilakukan rutin selama 30 menit dalam satu sesi.
 

2. Lari

Jika berjalan kaki terlalu ringan dilakukan, kamu bisa menaikkan tensi olahraga. Kamu bisa memilih olahraga lari santai atau joging. Jenis olahraga ini juga dapat mengurangi banyak faktor yang berhubungan dengan penyakit kardiovaskular.

Olahraga lari disarankan dilakukan rutin sehingga manfaat yang didapat bisa maksimal. Dalam satu minggu, setidaknya dilakukan selama 3-5 kali seminggu.
 

3. Yoga

Yoga adalah jenis olahraga yang memiliki manfaat lengkap bagi pengidap jantung. Yoga tidak hanya melatih fisik saja, tetapi juga pernapasan dan meditasi.

Selain membuat badan sehat, pikiran pun jadi lebih tenang sehingga tidak mudah mengalami stres. Yoga juga termasuk olahraga yang simpel karena bisa dilakukan di dalam rumah.
 

4. Bersepeda

Jika sedang bosan dan ingin olahraga sambil menghibur diri, bersepeda jadi pilihan yang menarik. bersepeda termasuk olahraga yang cukup aman bagi penderita jantung.

Dengan bersepeda, seseorang bisa memperkuat otot jantung, menurunkan denyut nadi, mengurangi kolesterol, dan masih banyak lagi. Bersepeda juga efektif untuk membakar lemah tubuh sehingga cocok bagi pengidap jantung.


5. Berenang

Berenang adalah olahraga yang punya manfaat baik bagi kesehatan jantung. Sebab, berenang dapat meningkatkan sirkulasi darah dan membuat seseorang memiliki pernapasan yang lebih baik.

Jenis olahraga ini juga dapat menormalkan detak jantung dan tekanan darah. Jadi, tidak ada salahnya untuk memasukkan olahraga renang sebagai rutinitas mingguan.

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Hati-Hati, Gaya Hidup Tidak Sehat Mengintai Kesehatan Generasi Muda

BERIKUTNYA

Rekomendasi 5 Tempat Terbaik untuk Digital Nomad, Ada Canggu dan Ubud di Pulau Bali

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: