Film 3 Srikandi (2016) yang dibintangi Tara Basro, Chelsea Islan dan Bunga Citra Lestari. (Sumber gambar: Multivision Plus)

Rekomendasi 5 Film untuk Memperingati Hari Sumpah Pemuda, Ada Kadet 1947 hingga 3 Srikandi

26 October 2022   |   20:19 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Bangsa Indonesia akan memperingati Hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 2022. Bagi Genhype yang ingin ikut merayakannya ada banyak cara yang bisa dilakukan, mulai dari kegiatan kemanusiaan  hingga mengunjungi museum untuk mengenal sejarah bangsa.

Namun, bagi yang ingin merayakan hari Sumpah pemuda dengan tetap di rumah juga bisa kok. Salah satunya adalah dengan menonton film Indonesia yang mengambil tema perjuangan para pemuda yang bisa dijadikan suri tauladan.

Pasalnya, tidak sedikit film-film karya sineas Indonesia yang mengangkat tema perjuangan anak muda untuk menggapai cita-citanya. Tentunya, semangat ini dapat menjadi pemantik generasi muda agar lebih semangat menjalani hidup dan berdaya untuk bangsa.

Baca juga: 5 Rekomendasi Film Sedih Indonesia, Siap Menyayat Hati Penonton

Nah, jika Genhype juga menyukai film dengan tema perjuangan, berikut rekomendasi film Indonesia yang cocok ditonton saat memperingati Hari Sumpah Pemuda tahun ini dirangkum Hypeabis.id dari berbagai sumber. Simak ya!


1. Kadet 1947 (2021)

 

 Kadet 1947 (2021). (Sumber gambar: Temata Studios)

Kadet 1947 (2021). (Sumber gambar: Temata Studios)

Kadet 1947 merupakan film sejarah yang bercerita tentang sekelompok kadet atau calon penerbang yang membantu dalam perjuangan Bangsa Indonesia dengan menyerang markas tentara Belanda di Semarang, Ambarawa, dan Salatiga dari udara meski belum ahli dalam menerbangkan pesawat.

Kisah patriotis para kadet ini diilhami peristiwa serangan udara pertama Angkatan Udara Republik Indonesia yang dilakukan  para kadet (taruna calon penerbang) yang menyerang pertahahan  Belanda di Semarang, Salatiga, dan Ambarawa pada 1947.

Film ini menunjukkan motivasi bagi para kadet untuk percaya diri dan tidak ragu dalam bertindak sebagai seorang tentara. Beberapa adegannya juga mengangkat suka duka selama menjadi kadet dengan pertengkaran dan kerja sama hingga penantian kembalinya para kadet dari medan perang.


2. Sokola Rimba (2013)


Sokola Rimba, (2013). (Sumber gambar: Visi Lintas Films)

Sokola Rimba, (2013). (Sumber gambar: Visi Lintas Films)

Film Sokola Rimba merupakan salah satu karya sutradara kenamaan Riri Riza dan diproduseri Mira Lesmana. Film pemenang Piala Maya 2013 ini mengangkat kisah nyata dari Butet Manurung bersama suku Anak Dalam di Bukit Duabelas, Jambi.

Kisah petualangan Butet dan persahabatannya dengan anak-anak rimba harus menghadapi tantangan besar baik dari dunia luar, maupun masyarakat rimba yang menuduhnya sebagai penyebab kematian salah satu warga di sana.


3. Susi Susanti: Love All (2019)

 

Susi Susanti: Love All (2019). (Sumber gambar: Disney Hotstar+)

Susi Susanti: Love All (2019). (Sumber gambar: Disney Hotstar+)


Disutradarai Sim F, Film ini menceritakan perjalanan Susi Susanti untuk menjadi atlit bulutangkis yang paling dicintai di Indonesia. Perjuangannya untuk mengharumkan nama bangsa tak berakhir sia-sia saat dia berhasil memboyong medali emas Olimpiade Barcelona pada 1992.

Untuk memerankan karakter ini, Laura Basuki yang berperan sebagai Susi Susanti dan Dion Wiyoko sebagai Alan Budikusuma melakukan latihan intens selama lima bulan dengan pelatih Liang Chu Sia, yang dulu juga melatih Susi Susanti.


4. Rudy Habibie (2016)
 

Rudy Habibie (2016). (Sumber gambar: MD Pictures)

Rudy Habibie (2016). (Sumber gambar: MD Pictures)

Film Rudy Habibie mengisahkan tentang kehidupan masa muda B.J. Habibie, saat dia masih kuliah di RWTH Aachen, Jerman Barat. Selama menempuh pendidikan, Habibie muda hidup dalam kondisi terbatas. Lewat film ini Genhype juga dapat melihat kisah cinta teknokrat itu.

Prekuel dari Habibie & Ainun (2012) ini tidak hanya menceritakan satu periode dari hidup Presiden ke-3 Indonesia selama di Jerman, tapi juga mengangkat kisah perjuangan Habibie dengan rekan sejawatnya yang tergabung di PPI untuk membangun industri pesawat buatan Indonesia.


5. 3 Srikandi (2016)

 

3 Srikandi (2016). (Sumber gambar: Multivision Plus)

3 Srikandi (2016). (Sumber gambar: Multivision Plus)

Diangkat dari kisah nyata, film bercerita tentang tiga altlet panahan putri yang akan bersaing di olimpiade Musim Panas Seoul, Korea  Selatan pada 1988. Tapi, cabang olahraga ini saat itu sedang krisis pelatih, sehingga kerja keras pun dilakkuan hingga akhirnya mereka siap diberangkatkan ke Seoul.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

5 Persiapan Sebelum Menjalani Peran Baru Sebagai Orang Tua

BERIKUTNYA

Kiat Sukses Berbisnis Fesyen dari Bahan Tenun ala Ethnicmine

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: