Dalam Lontar Sundarigama dijelaskan, Pagerwesi itu adalah pemujaan kepada Dewa Siwa dalam manifestasinya sebagai Sang Hyang Pramesti Guru. (Sumber gambar: Pexels)

10 Ucapan Hari Raya Pagerwesi untuk Umat Hindu di Bali

26 October 2022   |   16:15 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Umat Hindu di Bali pada hari ini sedang merayakan hari raya Pagerwesi. Rahina Pagerwesi jatuh setiap Rabu Kliwon wuku Sinta. Hari suci umat Hindu ini jatuh setiap hari keempat di hari Saraswati. Pagerwesi dirayakan untuk memuliakan Ida Sanghyang Widhi Wasa dengan manifestasinya sebagai Sanghyang Pramesti Guru (Tuhan sebagai guru alam semesta). 

Dirangkum dari Disbudbuleleng, ada banyak tafsiran mengenai hari raya Pagerwesi. Istilah Pagerwesi berasal dari kata pager yang berarti kokoh, dan wesi (besi) yang berarti kuat. Tapi, dalam Lontar Sundarigama dijelaskan, Pagerwesi itu adalah pemujaan kepada Dewa Siwa dalam manifestasinya sebagai Sang Hyang Pramesti Guru.

Maka, dapat dikatakan Pagerwesi merupakan hari raya yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan yang diturunkan melalui para guru pada setiap orang. Pengetahuan itu akhirnya mengalir dan melembaga dalam proses mewujudkan jagadhita (kesejahteraan).

Baca jugaApa Itu Hari Tilem Sasih Karo, Perayaan Adat Umat Hindu di Bali
 

Ilustrasi upacara di Bali (seumber gambar Pexels)

Ilustrasi upacara di Bali (seumber gambar Pexels)



Guru yang harus dihormati dalam hal ini adalah catur guru. Mereka meliputi, Guru Rupaka (orangtua), Guru Pengajian (guru di sekolah), Guru Wisesa (pemerintah) dan Guru Swadyaya (Ida Sang Hyang Widhi). 

Saat hari raya Pagerwesi biasanya umat Hindu melakukan berbagai upacara . Selain itu mereka juga melakukan yoga semadi, menyucikan diri dan mohon anugerah kekuatan kepada Hyang Pramesti Guru.

Berikut adalah ucapan pada umat Hindu yang sedang melaksanakan hari raya Pagerwesi yang jatuh pada hari ini, Rabu (26/10) di berbagai daerah Indonesia dan Bali secara khusus.

1. Tanpa pengetahuan, umat manusia akan kembali pada zaman kegelapan. Semoga Ida Sanghyang Widhi Wasa selalu menerangi jalan pengetahuan kita. Selamat hari Raya Pagerwesi.

2. Sanghyang Pramesti Guru adalah guru pengetahuan hidup dari alam semesta yang dapat membimbing manusia ke jalan yang benar. Selamat merayakan hari raya Pagerwesi. 

3. Ilmu pengetahuan adalah suluh peradaban yang diturunkan dari para guru kehidupan. Semoga Ida Sanghyang Widhi Wasa selalu menuntun kita ke jalan yang benar.

4. Rahajeng nyanggra rahina Pagerwesi. Untuk seseorang yang hari ini merayaka sesuatu yang jauh lebih hebat dari yang mereka pikirkan, dengan semua cintaku selamat merayakan hari itu.

5. Mari pagari ilmu pengetahuan dengan dharma kasih sayang, sehingga damai selalu menjadi jalan hidup kita untuk segala makhluk hidip di bumi. Selamat hari raya Pagerwesi.

6. Menuntut ilmu adalah kewajiban seumur hidup, karena dengan ilnmu manusia akan mengenali dirinya sendiri dan orang lain. Selamat Merayakan Hari Pagerwesi.

7. Pengetahuan sejati adalah jalan menuju dharma kasih sayang. Mencintai sesama adalah jalan menuju tuhan. Mari pagari diri dengan ilmu pengetahuan. Selamat hari raya Pagerwesi.

8. Teruntuk saudaraku umat Hindu yang merayakan Pagerwesi, semoga keberkahan tuhan sekalian alam selalu membayangi langkah kalian. Selamat hari raya Pagerwesi.

9. Om Swastiastu, teruntuk umat Hindu yang hari ini merayakan Pagerwesi, kami berharap semoga ilmu pengetahuan selalu membimbing kita semua menuju jalan kasih sayang.

10.Sebagaimana laku matahari yang menyinari bumi dari kegelapan, seperti itu jugalah laku orang yang melaksanakan dharma kasih sayang dan ilmu pengetahuan. Selamat hari raya Pagerwesi.

Baca juga10 Ucapan dan Quotes untuk Hari Maulid Nabi Muhammad SAW 2022

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Viral di Twitter, Ini Untung Rugi Pakai WA GB

BERIKUTNYA

Vintonic Merilis Single Back to You, Usung Genre Musik yang Lebih Jazzy

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: