Logo WhatsApp yang dikembangkan Meta. (Sumber gambar : Freepik/Rawpixel)

Viral di Twitter, Ini Untung Rugi Pakai WA GB

26 October 2022   |   16:29 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Aplikasi pesan singkat WhatsApp sempat mengalami down, Selasa (25/10/2022), siang. Pengguna dari seluruh dunia, termasuk Indonesia mengeluhkan tidak bisa berkirim atau menerima pesan seperti biasanya. Tidak sedikit yang menginstal aplikasi serupa, salah satunya WA GB atau WhatsApp GB.

Penggunaan aplikasi ini pun lantas menuai pro dan kontra di media sosial Twitter. Banyak yang menyatakan bahwa penggunaan layanan WA GB melanggar privasi orang lain, seperti memungkinkan membaca pesan yang sudah terhapus atau status yang disembunyikan. 

WA GB memang menawarkan ragam fitur menarik, yang beberapa diantaranya tidak tersedia di WhatsApp. WA GB sendiri dikembangkan oleh developer pihak ketiga alias modder. Mereka mengadopsi WhatsApp yang dikembangkan Meta dan menambahkan beberapa fitur di dalamnya. 

Baca jugaUpgrade Sistem Operasi Bikin Down, Cek Daftar Smartphone yang Tidak Bisa Pakai WhatsApp Lagi

Misalnya fitur auto reply di WA GB. Dengan fitur itu, kamu bisa mendesain pesan sendiri, yang bisa dibagikan secara otomatis untuk membalas pesan yang masuk. Kamu juga bisa memulihkan atau membaca pesan yang tidak sengaja terkirim atau yang sudah dihapus pengirim. 

Memakai WA GB juga memungkinkan kamu mengirim foto dalam jumlah banyak, bahkan bisa mencapai 90 foto sekali kirim. Kualitas foto yang dikirim pun tidak diturunkan jika foto asli kamu memiliki resolusi HD. Sementara itu, WhatsApp orisinal hanya mengizinkan 30 foto sekali kirim. 

Begitu pula dengan video yang memiliki ukuran besar. Kamu bisa mengirim video maksimal 50 MB. Biasanya WhatsApp hanya bisa mengirimkan video dengan ukuran maksimal 20 MB. Fitur lainnya yang menarik yakni kamu bisa mendapatkan tema lebih banyak, tidak sekadar gelap dan terang. Kamu juga bisa mengunduh langsung status teman kamu di WhatsApp. 
 

Tampilan WA GB (Sumber gambar : web WA GB)

Tampilan WA GB (Sumber gambar : web WA GB)

Keuntungan berikutnya ketika memakai WA GB adalah kalian bisa membuat pesan siaran ke 600 kontak, bukan 250 kontak seperti di WhatsApp resmi. Nama grup pun bisa diubah menjadi 35 karakter. Selain itu, kamu dapat menggunakan WhatsApp ganda di perangkat yang sama. 

Kendati demikian, aplikasi ini tetap memiliki kekurangan. Mengingat layanan ini merupakan hasil modifikasi oleh pihak ketiga, WA GB termasuk ilegal untuk digunakan karena melanggar aturan WhatsApp asli yang dikembangkan oleh raksasa teknologi Meta. . 

Menurut Digitalbachat, oleh karena WA GB ilegal, akun kamu mungkin diblokir sementara atau permanen. Keamanannya pun minim. Kebocoran data bisa terjadi karena WA GB bekerja di server yang tidak dikenal. Jadi jika kamu khawatir dengan data, sebaiknya  tidak menggunakan aplikasi ini ya.

Baca juga5 Aplikasi Alternatif Pengganti Whatsapp

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Begini Tantangan Layanan Social Commerce Menurut Pengamat

BERIKUTNYA

10 Ucapan Hari Raya Pagerwesi untuk Umat Hindu di Bali

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: