Istana Gyeongbok, Seoul. (Sumber gambar: Unsplash/Chan Hyuk Moon)

13 Mitos Korea Selatan, Salah Satunya Bisa Bikin Hubungan Percintaan Kandas

25 October 2022   |   19:18 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

Like


7. Mimpi babi dianggap akan menerima keberuntungan.

Mimpi ketemu babi? Nah, kamu sedang menuju masa depan yang melimpah! Orang Korea percaya bahwa melihat babi dalam mimpi akan membawa keberuntungan dengan uang. Wah, seru juga ya kalau melihat segerombolan babi dalam mimpi. Apakah berarti kalau kamu akan mendapat kekayaan yang lebih besar?


8. Mencuci rambut di tahun baru menghilangkan keberuntungan.

Mungkin tampaknya seperti ide yang baik untuk menyambut tahun baru dengan kepala bersih dengan rambut yang baru keramas. Tetapi menurut takhayul Korea, mencuci rambut pada hari pertama tahun ini sebenarnya menghilangkan keberuntungan Anda!


9. Menyentuh kupu-kupu akan membuat kebutaan.

Kupu-kupu mungkin hewan yang cantik, tapi anehnya di Korea memiliki sebuat mitos yang mendeskreditkannya. Takhayul ini mengatakan bahwa jika kamu menyentuh kupu-kupu dan kemudian menyentuh mata, maka kamu akan menjadi buta.


10. Makan makanan bertekstur lengket saat mau ujian.

Bukan hanya di Indonesia, di Korea Selatan juga ada mitos terkait makanan. Yeot adalah gula-gula tradisional Korea yang terbuat dari beras ketan, dan merupakan salah satu makanan lengket yang dimakan sambil belajar untuk membantu pengetahuan melekat di pikiran siswa.

Prinsipnya makan makanan lengket akan membuat keberuntungan menempel pada kalian. Siswa yang percaya pada takhayul ini akan sering  memakannya sebelum ujian untuk membantu mereka mengingat jawaban yang benar.
 

11. Kematian karena kipas angin.

Mitos ancaman kematian yang disebabkan kipas angin untuk orang Korea ini adalah salah satu takhayul Korea yang lebih umum. Banyak orang  Korea percaya,kipas angin akan menyedot seluruh oksigen di rumah dan membuatmu mati lemas tercekik karena tak bisa bernapas.

Kalian boleh saja memakai kipas angin listrik bila beberapa jendela atau pintu terbuka. Namun, jika kamu menutup jendela dan pintu di ruangan dengan menyalakan kipas angin, kamu mencari masalah.


12. Memotong kuku kaki di malam hari membawa kesialan.

Tak ada penjelasannya mengenai hal ini. Yang pasti, orang Korea percaya, kuku yang Kamu buang bisa dimakan hewan kecil seperti tikus dan hewan itu akan menjadi kembaranmu lalu mencuri identitasmu. Sebenarnya memotong kuku di malam hari memang sebaiknya dihindari karena bisa saja mata kamu tidak awas dan malah menyakiti diri sendiri.
 

13. Sup rumput laut untuk hari ulang tahun.

Untuk yang ingin sedang berulang tahun, wajib untuk makan miyeok-guk atau sup rumput laut.  Namun, ada hari-hari di mana orang Korea dilarang makan sup rumput laut, misalnya ketika mau ujian. Menurut mitos, tekstur rumput laut yang licin akan membawa sial dan membuatmu terpeleset dan gagal mengerjakan ujian.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 
1
2


SEBELUMNYA

Inspirasi Outfit Kebaya untuk Rayakan Hari Sumpah Pemuda

BERIKUTNYA

9 Langkah Menggambar di Smartphone untuk Pemula Tanpa Stylus

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: