ilustrasi suasana cafe and resto (sumber gambar : Ayoola Coffee)

Mau Bisnis Rumah Makan? Yuk Intip Konsep Kafe & Resto Ini

25 October 2022   |   17:47 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Para pemilik kafe dan restoran harus terus melakukan berbagai kreasi dan inovasi untuk dapat kembali merebut hati para pelanggannya. Apalagi selama pandemi Covid-19, banyak kafe dan restoran yang terpaksa harus kehilangan konsumen karena adanya pembatasan sosial dan larangan makan di tempat.

Salah satu pemilik beberapa merek coffee shop, Sari Suwarman mengatakan dalam setiap kafe yang dikembangkannya, dia mengusung konsep yang berbeda sesuai dengan target pasar yang dibidik. Misalnya, Omana Coffee and Eatery yang lebih difokuskan untuk anak muda yang energic mengusung konsep minimalis dengan lebih banyak ruang outdoor dan instagramable.

Baca juga: 5 Rekomendasi Kafe Tempat Nongkrong di Senayan

Semua meja dibuat nyaman untuk digunakan bekerja sehingga pada saat pandemi di mana banyak masyarakat yang belajar dan bekerja secara remote, Omana Coffee cukup ramai dikunjungi oleh para siswa dan pekerja muda.

Sementara untuk Ayoola Coffee lebih difokuskan pada ibu-ibu muda, keluarga  atau orang yang lebih dewasa, mengusung konsep green house dan suasana kafe dibuat nyaman untuk arisan atau sekadar kumpul dengan teman dan keluarga.

“Tidak hanya konsep desain interior atau eksterior yang menarik, menu minuman dan makanan pun disesuaikan dengan target market yang dibidik,” ujarnya.

Misalnya saja menu makanan Omana Coffee dibuat sesuai selera anak muda yang simpel dengan harga yang kompetitif. Berbeda dengan Ayoola Coffee yang mengusung konsep artistik sehingga tampilan makanan dan pemilihan menu juga disesuaikan.

Di tengah situasi saat ini, Sari mengatakan bahwa pihaknya terus berinovasi sehingga membuat kafenya tetap ramai dikunjungi, misalnya dengan mengadakan live music, atau memberikan ruang kepada mahasiswa untuk menghadirkan karya seni.

Sementara itu, untuk kafe yang berlokasi di hotel konsepnya disesuaikan dengan tamu yang menginap. Seperti yang disampaikan oleh  Bayu Bimomulyo, Corporate General Manager Danapati Hospitality Management menyebutkan bahwa dalam mengembangkan cafe and resto di hotel harus dipastikan memiliki konsep yang jelas dan spesifik.

Selain itu, produk juga harus memiliki ciri khas dan memiliki identitas, sehingga menjadi karakter bagi para tamu, yang hanya bisa didapat di tempat tersebut.

Bayu mencontohkan Sudut Peta Coffee & Eatery yang ada di Sambina Prime by Danapati pihaknya menghadirkan tema  Coffee & Eatery dengan produk andalan Specialities Coffee serta Fusion Food yaitu penyajian makanan dengan ala fusion.
 

ilustrasi suasana cafe rooftop (sumber gambar  : Sambina by Danapati)

ilustrasi suasana cafe rooftop (sumber gambar : Sambina by Danapati)



Adapun Level 5 Sky Rooftop memiliki konsep kafe yang berlokasi di lantai tertinggi Hotel Sambina Prime by Danapati, tepatnya di lantai 5 dengan konsep indoor dan open air, memiliki panorama kota Jakarta.

Di Level 5 Sky Resto juga menjadi tempat pilihan bagi tamu untuk mengadakan pesta ulang tahun, reuni, pesta perkawinan dengan kapasitas 150 orang. “Saat ini sudah lebih dari 20 pesta dilakukan di sini. Beragam pesta perayaan dari tamu baik di sekitar hotel ataupun dari wilayah lainnya,” ucapnya.

Baca juga: 4 Rekomendasi Kafe yang Estetik di Kawasan Kemang

Bayu mengatakan bahwa kafe yang ada di hotel bukan hanya diperuntukkan bagi para tamu hotel, sehingga pihaknya pun rutin mengadakan promosi produk baru setiap bulan serta menjemput komunitas seperti dengan program Weekend Gowes.

Selain itu, menyediakan pilihan paket produk yang menjadi daya tarik para tamu, seperti setiap konsumsi Rp100.000 mendapat kesempatan undian mendapatkan voucher kamar untuk menginap. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Fajar Sidik

 

SEBELUMNYA

Siap Digelar, Begini Cara Beli Tiket Art Moments Jakarta 2022

BERIKUTNYA

Untung Buka Resto atau Kuliner Online? Nih Kepoin Pengalaman Bos Amazy Family Resto

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: