Tahun ini, Kemang 12730 berlangsung selama 5 minggu dari tanggal 19 Oktober sampai 27 November 2022 (sumber gambar Instagram Kemang 12730)

Disulap jadi Distrik Seni, Cek Rangkaian Acara di Kemang 12730

23 October 2022   |   14:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Gelaran desain dan seni kontemporer tahunan Indonesian Contemporary Art & Design (ICAD) 2022 hadir lagi di Kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Salah satu agenda yang wajib dikunjungi adalah distrik Kemang 12730. Di tempat itu Genhype bisa nongkrong artsy dengan berbagai acara menarik dan tentunya menyenangkan.

Kemang 12730 adalah festival distrik yang diinisiasi oleh ICAD. Festival ini pertama kali digelar pada 2021 bersamaan dengan perayaan ICAD yang ke-11. Tahun ini, Kemang 12730 berlangsung selama 5 minggu mulai dari tanggal 19 Oktober sampai 27 November 2022.

Diambil dari nomor kode pos kawasan Kemang, di sini Genhype bisa menikmati berbagai acara menarik dari partisipasi puluhan venue dalam ajang Kemang 12730. Setiap venue akan membuat acara masing-masing, meliputi pameran seni, bazar, fashion show serta diskon besar-besaran dalam weekend market. 

Baca juga: Indonesian Contemporary Art & Design Hadir Lagi, Yuk Simak Agenda Serunya 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kemang 12730 (@kemang12730)


Kemang 12730 merupakan gerakan yang pertama kali digagas Diana Nazir dan Roland Adam. Sebagai desainer interior dan insan kreatif warga Kemang, keduanya mengaku punya keresahan yang sama terkait dengan imbas dari pandemi Covid-19 terhadap geliat aktivitas bisnis di Kemang.

Maka, tercetuslah ide untuk menggelar festival dari dan untuk warga Kemang. Mereka terinspirasi dari festival-festival kota atau distrik di luar negeri. Menggandeng beberapa pelaku kreatif lain, akhirnya dibentuklah Kemang 12730  umtuk menyalakan kembali spirit Kemang yang sempat redup akibat pegeblug tanpa meninggalkan karakter organiknya.

Pada acara debutnya yang pertama, Diana dan Roland menggandeng Puri Hadiprana dari Hadiprana Gallery, Hermawan Tanzil dari Leboye, dan Dialogue selaku komite. Tahun ini, Kemang 12730 menggandeng Winda Malika Siregar, sosok muda dan kreatif yang tumbuh dan tinggal di Kemang, sebagai komite.

Adapun, untuk melengkapi acara tahun ini, beberapa agenda juga akan digelar di festival Kemang 12730. Mulai dari acara pembukaan, parade di ruas jalan Kemang Raya, Fesyen Akhir Pekan, Pasar Brisik, dan Preloved Market di 15th Park, Kemang Raya. 

Baca jugaKarya 'Sederhana' FX Harsono tentang Perempuan di Pameran Jejak

Nah, biar enggak penasaran, inilah beberapa agenda seru yang bisa Genhype nikmati di Kemang 12730 yang dirangkum Hypeabis.id. Simak yuk.
 

1. Pasar Brisik (29 - 30 Oktober 2022, 15th Park)

Agenda satu ini merupakan sebuah bazaar yang akan diadakan selama dua hari dengan menampilkan UMKM di bidang fashion, aksesori interior, kerajinan, makanan, dan minuman di festival kemang 12730. 
 

2. Parade (30 Oktober 2022, Kemang Raya)

Tak lengkap rasanya membuat festival tanpa pawai kesenian dan kebudayaan. Maka dari itu Kemang 12730 mengajak warga Kemang dan sekitarnya untuk ikut merayakan agenda ini dengan parade. kali ini pawai juga akan diramaikan oleh ikon budaya Betawi, ondel-ondel, sepeda onthel, orkes musik jalanan, bajaj, sampai komunitas kendaraan dengan iringan musik dan tarian Betawi.
 

3. Fesyen Akhir Pekan (19 November 2022, 15th Park)

Pertunjukan fashion dari label mode lokal yang memiliki butik atau studio di area Kemang dan sekitarnya juga akan ikut menyemarakkan agenda ini loh Genhype. Jadi tak hanya di karpet merah saja para model akan melenggok dengan busana karya desainer lokal.
 

4. PreLoved Market (19 - 20 November 2022, 15th Park)

Agenda ini bisa juga dijadikan ajang berburu barang-barang unik, langka. Di sini kalian juga bisa bertemu orang-orang yang berkecimpung di dunia kreatif, mulai dari influencer, fashion stylist, hingga desainer dan arsitek.
 

5. Film Screening (29 Oktober, 5 November, 19 November, Cine Space)

Pada acara film screening kalian tak hanya menonton film saja , tapi bisa bertemu dengan sutradara pembuat film dan orang-orang di balik layar. kali ini,  film yang akan diputar adalah Berbagi Suami, Emak Dari Jambi (Dokumenter), Ini Kisah Tiga Dara, Madame-X, Quickie Express, dan serial Suka Duka Berduka.
 

6. Kemang 12730 Passport

Buku pasport lucu ini juga jadi salah satu misi yang ditujukan bagi seluruh pengunjung yang menikmati Kemang 12730. Mereka harus berlomba mengumpulkan 12 cap yang bisa ditukarkan dengan 7 pilihan hadiah. Tapi, misi ini hanya untuk 30 orang pemenang tercepat. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Daftar Nominasi dan Tema FFI 2022, Film Seperti Dendam dan Before, Now & Then Bersaing Ketat

BERIKUTNYA

Jadi Ajang Paling Bergengsi Insan Film Indonesia, Yuk Simak Tahap Penjurian FFI 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: