Gotham Knights membawakan empat karakter dalam tim Batman Family: Robin (kiri), Nightwing, Batgirl, dan Red Hood. (Sumber gambar: WB Games Montreal)

5 Fakta Menarik tentang Game Gotham Knights, Adaptasi Semesta Batman dari DC

20 October 2022   |   19:30 WIB

Mulai Jumat (21/10/2022), penggemar Batman dalam semesta DC Extended Universe (DCEU) akan menikmati perluasan konten pahlawan super tersebut beserta dengan tokoh yang terkait dengannya melalui gim Gotham Knights. Digarap oleh studio WB Games Montreal, gim ini akan mengangkat genre roleplaying game (RPG) di kota Gotham.

Gotham Knights memiliki cerita tentang perjuangan Batman Family yang terdiri dari Batgirl, Nightwing, Red Hood, dan Robin dalam melindungi kota Gotham setelah Batman meninggal. Kehadiran empat pahlawan ini menjadi harapan bagi masyarakat, panutan bagi para polisi, dan ketakutan bagi para penjahat yang kini tengah berkeliaran di jalanan.

Gim ini menjadi salah satu yang dinantikan sejak beberapa bulan lalu setelah game Batman: Arkham sukses secara publik dan kritik. Yuk intip beberapa fakta menarik dari Gotham Knight.
 

1. Pakai latar DC Extended Universe (DCEU)

Melansir Screenrant, Gotham Knights merupakan salah satu gim yang menggunakan kisah dalam semesta DC Extended Universe (DCEU) dan diumumkan bersamaan dengan game Suicide Squad: Kill the Justice League. Kendati masih dalam satu semesta DCEU, gim ini tidak akan memiliki kisah yang terkait dengan semesta Batman: Arkham Knight dan mengikuti kisah orisinal semesta Batman dari DC.

Baca juga: Game Wild Hearts Tampilkan Perburuan Kingtusk dalam Trailer Gameplay Perdana

Lebih rinci, trailer pertama dari gim ini menunjukkan kronologi waktu yang diambil setelah kematian Batman meski tidak diketahui apakah dia akan kembali lagi seperti dikisahkan dalam komik-komik Batman. Hal inilah yang menjadikan keempat karakter utama bekerja sama untuk menjadi satu tim demi melindungi kota Gotham.
 

2. Berkonsep kooperasi

Konsep gameplay untuk Gotham Knights akan menggunakan konsep kooperasi atau co-op daring, di mana hal ini berbeda dengan Batman: Arkham yang berkonsep single-player. Beberapa pemain nantinya bisa membentuk satu tim secara daring dan menjalankan misi secara berpasangan, kendati ceritanya sendiri akan tetap berfokus pada cerita pemain tunggal.
 

3. Ada pengembangan karakter gim

Dengan empat karakter yaitu Batgirl, Nightwing, Red Hood, dan Robin, karakter ini nantinya akan memiliki keunikan pada konsep leveling up atau peningkatan level seiring dengan berjalannya permainan. Hal ini sesuai dengan aliran RPG yang digunakan pada umumnya, sehingga nantinya akan ada pengembangan karakter pada level tertentu dan kondisi tertentu.

Tak hanya itu, peningkatan karakter ini juga diperkirakan bisa dilakukan dengan meningkatkan poin EXP dan sejenisnya dan berdampak pada lawan penjahat yang akan dihadapi setiap karakter. Menariknya, keempat pahlawan super dalam game ini akan memiliki kekuatan unik yang membedakan mereka. Contohnya adalah Robin yang memiliki akses satelit tim Justice League, Batgirl dengan kemampuan teknis, serta Nightwing dan Robin memiliki senjata unik.
 

4. Bawakan villain ikonik

Di sisi lain, para penjahat yang dibawakan dalam game ini akan terdiri dari Court of Owls yang akan berperan besar dalam kisah gim ini, di mana kelompok ini diperkenalkan dalam komik Batman pada 2011 serta dianggap sebagai anggota berpengaruh dan memiliki kekuasaan dalam daftar penjahat Batman karena kendalinya terhadap Kota Gotham.

Nantinya, The Talons yang merupakan tim pembunuh bayaran dari kelompok ini akan menjadi lawan besar dari tim Bat-family tersebut. Penjahat lainnya yang dibawakan merupakan penjahat ikonik yang dikenal para penggemar Batman, misalnya Mr. Freeze dan Penguin.
 

5. Spesifikasi minimal yang tinggi

Dalam unggahan media sosial terbaru, Gotham Knights merincikan persyaratan minimal untuk spesifikasi PC yang mumpuni dalam memainkan gim ini dengan kualitas 60 fps dengan resolusi 1080p dalam pengaturan terendah maupun tertinggi. 

Untuk minimalnya, gim ini membutuhkan sistem operasi Windows 10 64-bit dengan CPU Intel Core i5=9600K atau Ryen 5 3600, RAM sebesar 8GB, dan GPU Geforce GTX 1660 Ti atau Radeon RX 590. Sementara itu, spesifikasi rekomendasi justru menggunakan CPU Intel Core i7-10700K atau Ryzen 5 5600X dengan RAM 16GB serta GPU Geforce RTX 2070 atau Radeon RX 5700 XT.

Kotaku melaporkan bahwa spesifikasi untuk PC ini dianggap setara dengan konsol PlayStation 5 dan hanya bisa dimainkan dengan kualitas tertinggi pada resolusi 1080p. Sayangnya, resolusi ini berbeda dengan spesifikasi untuk konsol PS5 dan Xbox Series X/S hanya bisa dimainkan dengan resolusi 30fps tanpa adanya mode performance atau penyesuaian kualitas.


Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Artotel Casa Kuningan Terapkan Hotel Berkonsep Service Residence. Apa Itu?

BERIKUTNYA

Bekasi Jadi Kota dengan Internet Tercepat di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: