Ilustrasi iOS pada iPhone 14. (Sumber gambar: Unsplash)

Apple Resmi Rilis iOS 16.0.3, Bawa Perbaikan Bug Kamera hingga Notifikasi

11 October 2022   |   20:15 WIB

Mulai Selasa (11/10/2022), Apple resmi meluncurkan iOS 16.0.3, sistem operasi terbaru. Peluncurannya merupakan upaya perbaikan atas berbagai kendala bug yang ada dalam sistem operasi pendahulunya untuk seri ponsel iPhone 14.

Berdasarkan laporan 9to5Mac, sistem operasi ini menghadirkan perbaikan pada beberapa masalah yang terjadi sejak peluncuran ponsel teranyar tersebut. Beberapa di antaranya adalah perbaikan bug dan performa pada kamera, notifikasi, dan lainnya.

Baca juga: Cek Keistimewaan Fitur Lock Screen di Sistem Operasi iOS 16

Pembaruan ini akan berlaku pada semua ponsel yang mengakomodasi sistem operasi tersebut, mulai dari seri ponsel iPhone 8 hingga seri terbaru seperti iPhone 14. Setidaknya ada empat hal yang diperbaiki dalam iOS 16.0.3:
 
  1. Notifikasi aplikasi dan telepon yang terlambat atau tidak terkirim pada iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.
  2. Volume mikrofon yang rendah saat penggunaan telepon pada CarPlay untuk semua model iPhone 14.
  3. Pembukaan aplikasi dan pergantian mode kamera yang lambat pada iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.
  4. Tidak terbukanya aplikasi Mail setelah menerima email yang bermasalah.

Peluncuran sistem operasi ini dilakukan sekitar kurang lebih dua pekan lalu, setelah adanya kendala iOS 16.0.2 yang memicu masalah pada notifikasi saat penggandaan dan penyalinan (copy and paste). Kemudian, gangguan kamera berupa getaran pada iPhone 14 Pro. Di sisi lain, iOS 16.0.1 masih melanjutkan proses beta dengan pengguna beta dan pengembang untuk peluncuran fitur baru.

Sementara itu, iOS 16 telah diperkenalkan bersamaan dengan peluncuran seri iPhone 14 pada September 2022. Sistem operasi ini hadir dengan beberapa fitur menarik seperti lock screen yang bisa dimodifikasi, keyboard haptics, hidden album, kemudahan penghapusan kontak, sambungan AirPods, hingga konversi mata uang.

Versi pertamanya, iOS 16.0.1 menghadirkan fitur seperti aktivasi dan pembaruan pada foto yang lebih smooth saat proses zoom. Namun, peluncuran ini menimbulkan ulasan dengan beberapa catatan seperti aktivasi perangkat pada koneksi Wi-Fi, penggunaan iMessage dan FaceTime, hingga masalah penerimaan pesan dan pesan percakapan yang masuk yang berupa dua utas terpisah.

Puncaknya, peluncuran iOS ini juga menimbulkan masalah yang dikeluhkan pengguna. Hal yang paling tampak adalah kamera yang bergetar saat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti TikTok, Instagram, dan Snapchat. Masalah ini juga berdampak secara fisik dengan munculnya suara getaran pada bagian kamera.

Terbaru, sistem operasi iOS 16 memiliki masalah pada performa atau masa pakai baterai yang dikeluhkan semua pengguna ponsel. Hal ini dikeluhkan setelah sistem operasi tersebut terpasang, di mana masalahnya ada pada daya baterai yang lebih cepat habis dari pada proyeksi saat produksi.

Masalah baterai ini berdampak pada beberapa performa yang tidak lama, di mana semula ponsel iPhone bisa bertahan hingga belasan jam menjadi hanya sekitar tujuh jam saja. Hingga saat ini, pembaruan iOS yang ada belum mengatasi masalah baterai yang cepat menurun dibandingkan saat menggunakan iOS versi sebelumnya (mis. iOS 15).

Baca juga: Daftar Seri iPhone yang Support iOS 16

Editor: Dika Irawan
SEBELUMNYA

3 Fakta Menarik Karakter Tifa Lockhart, Tampil Memesona di Final Fintasy VII Remake

BERIKUTNYA

Geliat Produk Lokal, 15 Brand Dapat Penghargaan dari Hypefast

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: