Ilustrasi Stray Kids (sumber gambar Twitter Stray Kids)

Keren, Stray Kids Nangkring Lagi di Billboard 200 lewat Album Maxident

17 October 2022   |   17:11 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Kancah seni musik populer Korea Selatan memang tidak dapat dibendung perkembangannya dan banyak grup musik yang sukses memuncaki tangga lagu internasional. Terbaru, grup vokal pria Stray Kids atau biasa disingkat SKZ berhasil mendominasi tangga lagu global, Billboard pada pekan ini. 

Dibentuk pada 2017, grup musik arahan JYP Entertainment itu saat ini berhasil menembus posisi pertama untuk Billboard 200 pekan ini lewat album mini mereka yang bertajuk Maxident.

 

Berdasarkan data Luminate pada akhir pekan 13 Oktober 2022, Stray Kids juga sukses menjual kurang lebih 117.000 keping album di Amerika Serikat.

Pencapaian ini ternyata bukan pertama kalinya. Sebab, Stray Kids sebelumnya juga dapat menduduki posisi pertama di Billboard 200 dengan mini album Oddinary, pada 2 April 2022.

Baca juga: Intip Gaya Stray Kids di Trailer Mini Album Terbaru MAXIDENT

Adapun, Maxident merupakan mini album keempat dari Stray Kids, yang dirilis pada 7 Oktober 2022. Album ini berhasil mengikuti jejak album Born Pink dari BLACKPINK, serta Proof dan Oddinary dari BTS. 

Bagan Billboard 200 juga memberi peringkat album paling populer minggu ini di AS tersebut berdasarkan konsumsi multi-metrik yang diukur melalui TEA (track equivalent albums) dan SEA (streaming equivalent albums).

"Oddinary dan Maxident adalah dua album pertama Stray Kids yang berada di tangga lagu Billboard 200. Dengan demikian, grup ini mempertahankan rekor sempurna dalam daftar album nomor satu," tulis laman Billboard.

Judul album Maxident menggabungkan kata maksimum dan insiden yang berarti insiden besar. Lagu utama album ini adalah Case 143 yang  terjual 2,18 juta keping pada minggu pertama di seluruh dunia sebagaimana ditulis Yonhap.

Maxident sebagian besar dibuat dalam bahasa Korea, tetapi juga mencakup lirik bahasa Inggris. Lagu-lagu itu ditulus oleh unit grup produksi 3RACHA yang terdiri dari Bang Chan, han, dan Changbin. 

Stray Kids membuat debut chart Billboard secara keseluruhan pada 2017 di Chart World Digital Song Sales, dan mendapatkan entri pertamanya di chart album Billboard pada  2018 lewat album Mixtape. 

Grup yang digawangi oleh Bangchan, Lee Know, Felix, I.N, Changbin, Hyunjin, Han dan Seungmin ini sejak awal kariernya memang langsung moncer dan berhasil mengantongi 33 penghargaan di tingkat Asia serta Eropa. 

Baca juga: TXT dan Stray Kids Masuk Jajaran Album Terbaik Versi Billboard

Sukses menggelar konser di Seoul, saat ini Stray Kids sedang bersiap memulai tur dunia kedua bertajuk Stray Kids 2nd World Tour Maniac pada November 2022 di kawasan Asia Tenggara, yakni Jakarta, Bangkok, Thailand, dan Singapura.

Di Jakarta, Stray Kids akan tampil selama 2 hari pada 12-13 November 2022 di Beach International Stadium pukul 18.30 WIB. Tentu kabar ini mendapat sambutan hangat dari fandom mereka yang bernama Stay di Tanah Air.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Bukan Pakai Tisu, Ini 5 Cara Aman Membersihkan Layar Laptop

BERIKUTNYA

Gastronomi Jadi Cara Jitu Atasi Stunting di Indonesia, Ini Penjelasannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: