Logo Samsung (Sumber gambar : Jonathan Kemper)

Cek Arti di Balik Nama Brand Smartphone Dunia, mulai dari Samsung, Oppo hingga iPhone

16 October 2022   |   18:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

3. Oppo

Oppo sebenarnya singkatan dari OPPO Electronics Corp. Nama ini dipakai agar lebih trendi dan menarik masyarakat umum terutama kaum muda. Dengan hanya menggunakan OPPO dalam pendaftaran perusahaannya di negara lain, perusahaan tersebut menjadi nama vendor smartphone sekaligus peralatan rumah tangga yang cukup terkenal

Oppo adalah perusahaan elektronik yang berbasis di Guangdong, China. Berdiri sejak 2004, sejak itu perusahaan telah mendaftarkan namanya di berbagai negara seperti Myanmar, Filipina, Malaysia, Vietnam, Thailand, India, tidak terkecuali Indonesia. Kini, Oppo telah menjual smartphone di 50 negara. 
 

4. Vivo

Vivo merupakan vendor smartphone asal China yang berkantor pusat di Dongguan. Didirikan oleh Duan Yongping dan Shen Wei, vivo berarti 'hidup' atau 'Saya hidup' dalam bahasa Spanyol. Nama ini dianggap mencerminkan karakter perusahaan yang dinamis dan pendekatan teknologi serta inovasi yang berpusat pada manusia.

Didirikan pada 2009, Vivo telah berkembang ke lebih dari 100 negara di seluruh dunia. Ekspansi internasional dimulai pada 2014, ketika perusahaan memasuki pasar Thailand. Vivo dengan cepat menindaklanjuti peluncuran di India, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Filipina, Thailand, dan Vietnam.
 

5. iPhone

Ternyata nama iPhone tidak muncul dari ide pemilik Apple alias Steve Jobs lho, Genhype. Nama ini pertama kali digunakan perusahaan InfoGear yang tumbuh dari proyek skunkworks di National Semiconductor yang disebut Project Mercury. 

InfoGear pertama kali memamerkan iPhone-nya di Consumer Electronics Show pada 1998 dengan harga US$499 dan biaya tambahan untuk akses internet. Ide awalnya, iPhone InfoGear akan berdampingan dengan PC. Perangkat itu ditinjau dengan baik dan akhirnya terjual sekitar 100.000 unit. 

Namun demikian, teknologi internet saat itu belum masif, Cisco kemudian mengakuisisi InfoGear, bersama dengan merek dagang iPhone. Cisco berhenti merilis produk bernama iPhone pada 2001, meskipun tetap berpegang pada merek dagang.

Sementara itu, Apple pertama kali memperkenalkan produk dengan awalan “i” melalui iMac G3 pada 1998. Pada 2007, perusahaan Steve Jobs pun memperkenalkan iPhone. Sempat digugat, akhirnya Apple dan Cisco damai mengenai mereka dagang iPhone.

Editor: Dika Irawan
1
2


SEBELUMNYA

Mari Berkenalan dengan Konsol Gim Baru Razer Edge 5G 

BERIKUTNYA

Resep Kue Basah yang Manis dan Jadi Favorit Keluarga

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: