ilustrasi pementasan teater (sumber gambar Unsplash/Erik Mclean)

Agenda Pertunjukan Teater Oktober 2022, Ada Teater Koma dan Aksi Teatrikal  Sejarah!

14 October 2022   |   13:58 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Ketika Indonesia dilanda pandemi pada tahun 2020, industri teater bernilai miliaran rupiah ini turut dihadapi dengan tantangan terbesarnya yang mungkin bisa jadi akhir dari karier para pelaku seni. Namun, bagi sebagian seniman, momen ini justru menjadi pendorong semangat dan kreativitas.

Meski dilanda pandemi, produksi tidak berhenti sepenuhnya tapi justru berpindah ke ranah daring. Kesempatan ini menampilkan potensi teknologi modern untuk membawa teater ke khalayak yang lebih luas meskipun kurangnya ruang pertunjukan tradisional atau pendanaan.

Seiring meredanya pandemi Covid-19 di Indonesia, berbagai pertunjukan teater memang mulai diselenggarakan berbagai kelompok teater di Tanah Air dengan naskah-naskah dan lakon yang menarik. Bulan ini saja, ada setidaknya empat agenda besar yang sayang jika kalian lewatkan.

Baca juga: Bawa Lakon Roro Jonggrang, Teater Koma akan Gelar Pertunjukan di Graha Bakti Budaya TIM

Nah, biar enggak penasaran berikut adalah beberapa pementasan teater yang bisa Genhype tonton di beberapa gedung pertunjukan yang tentunya sayang untuk dilewatkan. Kuy simak.


1. Teater Koma, Graha Bakti Budaya TIM

Salah satu kelompok teater legendaris pimpinan N. Riantiarno ini akan membawakan lakon Roro Jongrang dalam pementasan yang berlangsung pada 14-16 Oktober 2022 di Graha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki Jakarta.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Teater Koma (@teaterkoma)


Pentas ini hadir sebagai bentuk rangkaian perayaan wajah baru Pusat Kesenian Jakarta, Taman Ismail Marzuki Jakarta. Dalam pertunjukan ini Teater Koma juga  mengangkat tagline Hanya Satu Yang Tercantik, Roro Jonggrang Nan Lentik.

Selama tiga hari pementasan, total akan ada 5 kali pertunjukan lakon Roro Jonggrang dari Teater Koma. Harga tiket pementasan mulai dari Rp150.000-Rp650.000 yang bisa dibeli lewat aplikasi penjual tiket online.


2. Instabili Vaganti, Salihara Arts Center

Galeri seni di Jakarta Selatan ini juga akan menyelenggarakan pementasan teatrikal tari bertajuk Lockdown Memory. Dalam pertunjukan ini para seniman akan mementaskan adegan-adegan dialog melalui multimedia, teater, seni video dan dokumenter.
 

Lockdown Memory akan dipentaskan oleh grup teater Instabili Vaganti, dua artistik multidisiplin yang berfokus pada eksperimen penelitan yang sedang berlangsung di teater fisik dan seni tetaer kontemporer dunia.  

Grup teater asal Italia ini didirikan pada 2004 oleh sutradara dan aktor Anna Dora Dorno dan penulis naskah Nicola Pianzola. Pertunjukan Lockdown Memory akan berlangsung pada 18 Oktober 2022 pukul 20.00 WIB di Teater Salihara. Pertunjukan ini dapat diakses dengan gratis.


3. Atraksi Teatrikal, Museum Sejarah Jakarta

Atraksi Teatrikal adalah program kolaborasi antara Museum Kesejarahan Jakarta bersama Komite Teater  Dewan Kesenian Jakarta untuk mengajak masyarakat lebih mengenal dan mencintai museum.

 

Salah satu program yang dihelat adalah Atraksi Teatrikal yang menampilkan berbagai pementasan bermuatan sejarah dari  kelompok teater di Jakarta, seperti Teater Ghanta, Tetaer El Na'ma, Sindikat Aktor Jakarta, Teater Asa, dan masih banyak lagi.

Pertunjukan Aksi Teatrikal berlangsung dari 30 September hingga 30 Oktober 2022 yang diadakan di dua tempat, yakni Teater Arena Taman Ismail Marzuki dan Museum Sejarah Jakarta di Kota Tua.


4. Teater Keliling, Gedung Teater Kecil TIM

Bagi pecinta dunia teater pastilah tak asing dengan nama Teater Keliling. Komunitas teater yang berdiri sejak 1974 ini memang selalu konsisten membuat pertujukan dengan tema-tema nasionalisme lewat medium teater.
 

Kali ini, Teater Keliling juga masih membawakan tema yang sama dengan judul, Sang Saka, karya naskah Dolfry Inda Suri dan Rudolf Puspa yang mempertanyakan ulang mengenai makna  bakti dan nasionalisme generasi muda terhadap Tanah Air.

Pertunjukan Sang Saka akan berlangsung pada 20 Oktober 2022 di Gedung Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki. Bagi yang ingin menikmati pertunjukan ini, Genhype bisa memantau laman Instagram Teater Keliling dan menghubungi pusat informasi di sana.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Hari Telur Sedunia, Cek Tema Peringatan 2022 & Jenis Olahan Paling Populer

BERIKUTNYA

5 Cara Mengatasi Afternoon Slump, Rasa Lelah pada Siang Hari

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: