Tampilan Earned Wage Access (EWA). (Sumber gambar: GajiGesa)

Chat WhatsApp Ini Bisa Bantu Akses Pencairan Gaji, Seperti Apa?

13 October 2022   |   19:32 WIB

Selama ini, Genhype melakukan pencairan gaji dalam berbagai metode, misalnya melalui pengecekan dari mutasi rekening bank dan notifikasi SMS dari bank tempat penerimaan gaji. Namun, ada cara lain yang bisa dilakukan dengan aplikasi atau chat khusus sebagaimana penerapan dalam akun WhatsApp Business.

Hal inilah yang dilakukan platform GajiGesa melalui halaman chat khusus untuk mengakses pencairan gaji bernama Earned Wage Access (EWA). Terdapat dalam bentuk chat WhatsApp, aplikasi ini diklaim bisa mempermudah akses pada layanan salary-on-demand terutama mereka yang ingin melihatnya secara langsung dengan cepat, aman, dan mudah.

Namun, fitur ini memiliki keunikan pada pengendalian pencairan gaji secara sebagian dari gaji penuh yang dibayarkan setiap bulan dan masuk ke rekening yang bersangkutan. Harapannya, pengguna aplikasi ini bisa mengakses gaji mereka kapan pun dan di mana pun dalam satu sentuhan.

Tak hanya itu, fitur ini diharapkan juga bisa mencegah adanya penggunaan pinjaman ilegal dan pinjaman dengan bunga yang besar serta mendorong pengaturan keuangan dengan lebih terjangkau. 

Baca juga: 4 Cara Kirim Chat WhatsApp Tanpa Simpan Nomor Telepon

Kendati fitur ini memudahkan masyarakat yang terbatas secara akses keuangan, fitur ini hanya berlaku bagi pengguna yang sudah mendaftarkan nomor kontaknya pada aplikasi GajiGesa dan memiliki perusahaan yang bekerja sama dengan platform tersebut.
 

Cara kerja platform EWA

Setidaknya ada enam langkah yang digunakan untuk mengakses EWA, di mana langkah ini bisa digunakan saat pengguna sudah memiliki akun dan mendaftarkan nomor ponselnya ke aplikasi GajiGesa.

 

Alur kerja penarikan uang dari EWA. (Sumber gambar: GajiGesa)

Alur kerja penarikan uang dari EWA. (Sumber gambar: GajiGesa)

 
  1. Chat "Halo" ke nomor +628118286424 atau melalui link bit.ly/WAEWAGG
  2. Saat menu sudah terbuka, pilih "Cek Saldo Gaji" untuk mengetahui jumlah gaji yang tersedia dalam aplikasi. Jika ingin menarik uang, klik menu "Iya, Tarik Sekarang."
  3. Chatbot akan memunculkan menu "Pilih Nominal" saat ingin memasukkan jumlah uang yang akan ditarik ke dalam rekening.
  4. Menu nominal muncul dengan menghadirkan variasi dari Rp50.000 hingga Rp1.000.000. Angka ini hanya bisa dipilih satu kali dan tidak bisa memodifikasi jumlah nominal. Jika nominal sudah dipilih, tekna tombol "Send."
  5. Notifikasi tentang permintaan penarikan gaji akan muncul, lalu klik "Saya Setuju" jika sudah benar dengan ringkasan tersebut. Namun, Genhype bisa mengubah nominal dari menu "Ubah Nominal."
  6. Penarikan uang berhasil jika memunculkan bubble chat "Selamat" dengan konfirmasi pemintaan penarikan uang yang sudah diterima dan uang tersebut akan masuk ke rekening beberapa menit setelahnya.
GajiGesa merupakan plartform yang bergerak di bidang kesejahteraan karyawan secara menyeluruh yang memberikan akses pada gaji masyarakat beserta dengan peralatan manajemen keuangan lainnya sebagai upaya literasi keuangan jangka panjang. Tak hanya itu, perusahaan ini bergerak di bidang penyediaan solusi manajemen tenaga kerja dan platform analisis sumber daya manusia.

Didirikan oleh Martyna Malinowska dan Vidit Agrawal pada 2020, startup ini kini mengusung sejumlah produk seperti EWA yang diklaim sebagai aplikasi akses pencairan gaji pertama untuk industri di Asia Pasifik.

Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Mengenal No Bra Day 13 Oktober 2022, Ini Deretan Fakta dibaliknya

BERIKUTNYA

Mulai Beredar di Bioskop Indonesia, Ini Sejumlah Fakta Film 'Kalian Pasti Mati'

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: