Prancis memiliki reputasi sebagai pemimpin dalam produksi anggur berkualitas. (Sumbe gambar: Pexels/Andrea Piacquadio)

Mengenal Wine Terbaik dari Prancis, Red dan White yang Klasik hingga Rosé yang Trendi

12 October 2022   |   21:11 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Like

Prancis Sebagai Penghasil Anggur Terbaik

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Wine Folly (@winefolly)

 

Reputasi Prancis sebagai pemimpin dunia dalam anggur berkualitas diperoleh setelah menghabiskan waktu berabad-abad mencari cara terbaik mengolah anggur dari berbagai daerah. Prancis hingga kini menjadi salah satu produsen anggur teratas dengan standar kualitas tinggi yang diterapkan pada ribuan kilang anggur di seluruh negeridari ratusan sebutan unik di seluruh negeri.

Selain itu, Prancis adalah pelopor Appellations d'Origine Contrôlée, yang menetapkan standar praktik pertumbuhan yang baik dan tidak diragukan lagi memungkinkan pemeliharaan anggur Prancis membuat kemajuan dalam mengejar kualitas.

Tradisi pembuatan anggur sudah ada di Prancis selama berabad-abad sebelum penaklukan Romawi, tetapi orang Romawi disebut bertanggung jawab sebagai penanam anggur di seluruh Prancis, khususnya di wilayah kilang dan kebun anggur yang kita kenal sekarang. 

Adapun, Prancis memiliki lusinan varietas anggur asli, banyak di antaranya telah menjadi populer di seluruh dunia, seperti cabernet sauvignon, chardonnay, pinot noir, dan sauvignon blanc.

Wilayah produsen anggur Prancis tersebar di seluruh penjuru negeri, di antaranya:
  1. Bordeaux adalah wilayah terbesar dalam hal produksi anggur berkualitas, di mana banyak anggur termahal di dunia dibuat.
  2. Burgundy (Bourgogne) juga membuat beberapa anggur yang paling banyak dicari dan hanya dibuat dalam jumlah yang sangat kecil dibandingkan dengan Bordeaux, jadi kelangkaannya juga menambah nilainya.
  3. Champagne terkenal sebagai rumah tempat sparkling wine lahir. Produk satu ini terkenal dengan eksklusivitasnya karena hanya anggur sparkling yang diproduksi di daerah Champagne yang dapat mencantumkan label Champagne pada botolnya. Selain dari itu, biasanya kalian bisa menemukan tulisan "sparkling wine." 
  4. Languedoc-Roussillon di tenggara Prancis adalah wilayah produksi anggur terbesar, tetapi sebagian besar produksinya adalah anggur curah yang tidak diekspor.
  5. Lembah Loire (Val de Loire) yang terletak di pusat menghasilkan sebagian besar produk white wine Prancis dengan anggur yang tidak ditemukan di tempat lain.
  6. Lembah Rhône (Côtes du Rhône) terkenal dengan produk red wine berkualitas seperti Syrah di utara hingga Granache di selatan.
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Fajar Sidik
1
2


SEBELUMNYA

5 Aktivitas Menarik Untuk Anak dengan Gangguan Spektrum Autisme

BERIKUTNYA

Resep Cake Klepon Modern ala Chef Farah Quinn

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: