Meta Connect 2022 hadirkan rangkaian informasi seputar pengembangan dunia virtual reality dan metaverse (Sumber gambar: Meta)

Pengumuman Terbesar Meta Connect 2022, Cek Perangkat hingga Dunia VR Mutakhir 

12 October 2022   |   12:56 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Raksasa teknologi Meta baru saja rampung menggelar presentasi daring bertajuk Meta Connect 2022. Pada ajang tersebut, perusahaan induk dari Facebook dan Instagram itu membagikan rangkaian informasi seputar teknologi mutakhir dari virtual reality hingga metaverse

Meta Connect tahun ini juga menjadi jawaban dari penantian panjang para penggemar terhadap perangkat keras virtual reality (VR) anyar. Selain itu, ada juga informasi menarik seputar pengembangan dunia metaverse yang telah menjadi fokus Meta dalam beberapa waktu terakhir. 

Dirangkum Hypeabis.id, berikut ini adalah pengumuman terbesar dan paling menarik yang diungkap pada ajang Meta Connect 2022: 

Baca juga: Meta Uji Coba Fitur Pindah Akun Facebook & Instagram, Cek Penjelasannya
 

Meta Quest Pro 

Meta Quest Pro (Sumber gambar: Meta)

Meta Quest Pro (Sumber gambar: Meta)

Dalam beberapa waktu terakhir, penggemar headset VR telah dijejali dengan informasi perangkat mutakhir dari Meta. Awalnya dikenal sebagai Project Cambria, perusahaan akhirnya mengungkap produk anyar mereka yang resmi dinamai sebagai Meta Quest Pro. 

Ada banyak perubahan yang dihadirkan perusahaan ketimbang perangkat generasi pendahulunya seperti Meta Quest 2. Pimpinan Meta, Mark Zuckerberg, menjadi orang yang memperkenalkan perangkat realitas virtual mutakhir tersebut kepada publik. 

Meta Quest Pro disebut sebagai headset canggih yang dirancang untuk memperluas kemungkinan virtual reality dan augmented reality. Peranti ini hadir dengan desain dan tampilan yang baru; lensa yang lebih premium hingga baterai melengkung di bagian belakang. 

Perangkat juga dilengkapi dengan kamera menghadap luar yang mampu menangkap piksel 4 kali lebih banyak ketimbang pendahulunya. Tersemat juga sensor yang menghadap ke dalam untuk menangkap ekspresi wajah dan pelacakan mata untuk pengalaman yang lebih nyata. 

Dengan peningkatan signifikan ini, tak aneh jika perangkat tersebut masuk dalam jajaran kelas premium. Meta membanderol Meta Quest Pro dengan harga US$1.499 atau sekitar Rp23 juta. Penggemar sudah bisa melakukan pre-order di situs resmi perusahaan dan barang akan dikirim mulai 25 Oktober mendatang. 

Baca juga: Gamers Masuk, Ini 4 Rekomendasi VR Headset untuk Smartphone


Meta x Microsoft 

Kolaborasi Microsoft dan Meta di dunia virtual (Sumber gambar: Meta)

Kolaborasi Microsoft dan Meta di dunia virtual (Sumber gambar: Meta)

Ajang Meta Connect 2022 juga dimeriahkan dengan kehadiran bos perusahaan teknologi Microsoft, Satya Nadella. Pada kesempatan itu, Nadella bersama Zuckerberg mengumumkan kemitraan baru untuk menghadirkan alat kerja dan produktivitas ke Meta Quest Pro dan Meta Quest 2. 

Kolaborasi yang diharapkan terealisasi tahun depan itu, bakalan memungkinkan pengguna headset VR Meta menampilkan dan memanfaatkan aplikasi dari Microsoft. Termasuk Microsoft 365 dan Microsoft Teams, serta kemampuan untuk bergabung dalam rapat Teams dari ruang kerja Horizon milik Meta. 


Horizon World 

Horizon World (Sumber gambar: Meta)

Horizon World (Sumber gambar: Meta)

Horizon merupakan platform sosial berbasis virtual reality yang memanfaatkan headset dari Meta. Ini disebut-sebut sebagai bentuk awal metaverse yang dikembangkan oleh perusahaan. Ketika Meta Quest 2 diluncurkan sekitar 2 tahun lalu, sebagian besar orang menghabiskan waktu di dunia VR itu hanya seorang diri. 

Akan tetapi, hal tersebut akan berubah. Pasalnya, Meta mengumumkan bahwa mereka tengah mengembangkan Meta Horizon Worlds di web yang memungkinkan pengguna untuk mengunjungi orang yang sedang menggunakan peranti Meta Quest. 

Tidak hanya itu, pada presentasi Meta Connect 2022, perusahaan juga mengumumkan inovasi sosial terbaru yang tengah dikerjakan bersama dengan YouTube VR. Nantinya, pengguna yang tengah berkumpul di Meta Horizon Home akan bisa menikmati video dari platform YouTube bersama-sama. 
 
Ada juga Meta Avatar generasi berikutnya bakal disebut-sebut bakal lebih detail dan ekspresif. Hal lain yang menarik adalah pengumuman avatar seluruh tubuh di platform VR, mengingat selama ini pengguna hanya akan melihat setengah tubuh saja di Horizon. 

Nah Genhype, itu dia pengumuman terbesar dan paling menarik yang diungkap pada ajang Meta Connect 2022 tentang dunia virtual reality dan metaverse. Kalian sudah siap menyambut era virtual masa depan? 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Porsche Bikin Mobil Eksklusif Untuk Jennie BLACKPINK, Harganya Fantastis!

BERIKUTNYA

5 Potret Idol K-Pop di Seoul Fashion Week 2022, Ada Member VIVIZ hingga SEVENTEEN

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: