Pemilik brand yang dapat penghargaan Hypefast. (Sumber gambar : Desyinta Nuraini)

Geliat Produk Lokal, 15 Brand Dapat Penghargaan dari Hypefast

11 October 2022   |   22:37 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Produk lokal semakin dipercaya masyarakat Indonesia. Semua ini tidak lepas dari inovasi yang dihadirkan dan kualitas yang semakin baik bahkan melebihi produk buatan luar negeri. Kontribusinya terhadap pertumbuhan ekonomi nasional pun cukup signifikan. Dari catatan Badan Pusat Statistik pada 2022, dampak pembelian produk dalam negeri mencapai Rp400 triliun atau berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 1,67 persen hingga 1,71 persen. 

Sementara itu, berdasarkan data Ipsos Global Trend 2021, 59 persen konsumen di Indonesia tidak setuju bahwa brand global memiliki produk lebih baik daripada brand lokal. Sebanyak 87 persen konsumen pun lebih cenderung untuk memilih membeli produk lokal dibandingkan produk global.

Baca juga: Intip 15 Produk Lokal Peraih Penghargaan Brand Founders of The Year

Founder dan CEO Hypefast Achmad Alkatiri, mengatakan memang sudah semestinya brand lokal menjadi primadona di negeri sendiri. Peningkatan minat serta kesadaran masyarakat akan produk dan brand lokal menunjukkan jalan menuju era baru brand lokal semakin nyata. 

“Hypefast yang selalu mendukung pertumbuhan brand lokal pun, melihat sudah semestinya brand-brand lokal ini diberikan apresiasi guna menumbuhkan semangat mereka berkarya dan berinovasi,” tuturnya dalam konferensi pers Hypefast Brand Founders of The Year di bilangan Kuningan, Jakarta, Selasa (11/10/2022). 

Ya, sebagai penghargaan dan apresiasi atas kontribusi yang diberikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional dan industri kreatif tanah air, Hypefast memilih 15 brand lokal yang akan disematkan sebagai Brand Founders of The Year, Class of 2022. Pemberian penghargaan ini akan dilaksanakan dalam acara Indonesia Brand Founders Summit 2022, Kamis (13/10/2022).

Sebelumnya tercatat lebih dari 500 brand mendaftar dan dinominasikan oleh masyarakat sebagai Brand Founders of The Year. Dari ratusan brand ini, tim Hypefast dan jajaran juri telah mengkurasi dan melakukan assessment lebih lanjut untuk memilih brand yang kemudian disematkan menjadi Hypefast: Brand Founders of The Year Class of 2022. “Proses kurasi dibuka pada Juni lalu,” imbuhnya

Kata Achmad selama proses penyeleksian, pihaknya melihat begitu banyak potensi-potensi brand lokal untuk bisa berkembang. Namun, tentunya mereka tidak bisa bergerak sendiri, dibutuhkan dukungan penuh dari pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, mitra ekosistem, dan lainnya agar brand lokal ini bisa bersaing di pasar global. 

Dia menuturkan pemilihan ke-15 pemilik brand ini berdasarkan pertimbangan dan kriteria yang telah ditentukan oleh para juri. Adapun juri terdiri dari Komisaris Utama Hypefast Gita Wirjawan, Founder dan CEO Hypefast Achmad Alkatiri, dan Ketua Habibie Center Ilham Habibie, serta jurnalis senior dari Forbes Indonesia Ulisari Elista.

Adapun 15 brand yang terpilih datang dari berbagai kategori mulai dari Food and Beverage, Fashion, Automotive, Accessories, Personal Care, Beauty dan Stationery. Berikut  ini daftar Hypefast Indonesia Brand Founders of the Year Class of 2022: 
  1. Java Sisters Vanilla - Tan Sherly Maretha
  2. Lean Lab - Jonathan Kurniadi Holiyanto
  3. Perfect Fit - Tungga Dewi & Riesa Putri
  4. HANDEP - Randi Julian Miranda
  5. I Know You - Anandia Marina Putri Harapan
  6. Katalis - Gunanjar Barokah
  7. Declip - Lim Erwin Hartono
  8. Beauty Barn - Well Ng 
  9. Jacquelle - Budi Thomas & Lianna Lee
  10. Greebel - Royanto Amin
  11. BohoPanna - Devy Natalia
  12. Krakakoa - Sabrina Mustopo
  13. Kintakun - Dwi Harto, Try Harto, Vincent Saputra
  14. Buttonscarves - Linda Anggreaningsih
  15. Desa Group - Jessica Lin
Editor: Dika Irawan 

SEBELUMNYA

Apple Resmi Rilis iOS 16.0.3, Bawa Perbaikan Bug Kamera hingga Notifikasi

BERIKUTNYA

Detektif Hercule Poirot Hadir Lagi di Film A Haunting in Venice

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: