Geliat Produk Lokal, 15 Brand Dapat Penghargaan dari Hypefast
11 October 2022 |
22:37 WIB
Produk lokal semakin dipercaya masyarakat Indonesia. Semua ini tidak lepas dari inovasi yang dihadirkan dan kualitas yang semakin baik bahkan melebihi produk buatan luar negeri. Kontribusinya terhadap pertumbuhan ekonomi nasional pun cukup signifikan. Dari catatan Badan Pusat Statistik pada 2022, dampak pembelian produk dalam negeri mencapai Rp400 triliun atau berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 1,67 persen hingga 1,71 persen.
Sementara itu, berdasarkan data Ipsos Global Trend 2021, 59 persen konsumen di Indonesia tidak setuju bahwa brand global memiliki produk lebih baik daripada brand lokal. Sebanyak 87 persen konsumen pun lebih cenderung untuk memilih membeli produk lokal dibandingkan produk global.
Baca juga: Intip 15 Produk Lokal Peraih Penghargaan Brand Founders of The Year
Founder dan CEO Hypefast Achmad Alkatiri, mengatakan memang sudah semestinya brand lokal menjadi primadona di negeri sendiri. Peningkatan minat serta kesadaran masyarakat akan produk dan brand lokal menunjukkan jalan menuju era baru brand lokal semakin nyata.
“Hypefast yang selalu mendukung pertumbuhan brand lokal pun, melihat sudah semestinya brand-brand lokal ini diberikan apresiasi guna menumbuhkan semangat mereka berkarya dan berinovasi,” tuturnya dalam konferensi pers Hypefast Brand Founders of The Year di bilangan Kuningan, Jakarta, Selasa (11/10/2022).
Ya, sebagai penghargaan dan apresiasi atas kontribusi yang diberikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional dan industri kreatif tanah air, Hypefast memilih 15 brand lokal yang akan disematkan sebagai Brand Founders of The Year, Class of 2022. Pemberian penghargaan ini akan dilaksanakan dalam acara Indonesia Brand Founders Summit 2022, Kamis (13/10/2022).
Sebelumnya tercatat lebih dari 500 brand mendaftar dan dinominasikan oleh masyarakat sebagai Brand Founders of The Year. Dari ratusan brand ini, tim Hypefast dan jajaran juri telah mengkurasi dan melakukan assessment lebih lanjut untuk memilih brand yang kemudian disematkan menjadi Hypefast: Brand Founders of The Year Class of 2022. “Proses kurasi dibuka pada Juni lalu,” imbuhnya
Kata Achmad selama proses penyeleksian, pihaknya melihat begitu banyak potensi-potensi brand lokal untuk bisa berkembang. Namun, tentunya mereka tidak bisa bergerak sendiri, dibutuhkan dukungan penuh dari pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, mitra ekosistem, dan lainnya agar brand lokal ini bisa bersaing di pasar global.
Dia menuturkan pemilihan ke-15 pemilik brand ini berdasarkan pertimbangan dan kriteria yang telah ditentukan oleh para juri. Adapun juri terdiri dari Komisaris Utama Hypefast Gita Wirjawan, Founder dan CEO Hypefast Achmad Alkatiri, dan Ketua Habibie Center Ilham Habibie, serta jurnalis senior dari Forbes Indonesia Ulisari Elista.
Adapun 15 brand yang terpilih datang dari berbagai kategori mulai dari Food and Beverage, Fashion, Automotive, Accessories, Personal Care, Beauty dan Stationery. Berikut ini daftar Hypefast Indonesia Brand Founders of the Year Class of 2022:
Sementara itu, berdasarkan data Ipsos Global Trend 2021, 59 persen konsumen di Indonesia tidak setuju bahwa brand global memiliki produk lebih baik daripada brand lokal. Sebanyak 87 persen konsumen pun lebih cenderung untuk memilih membeli produk lokal dibandingkan produk global.
Baca juga: Intip 15 Produk Lokal Peraih Penghargaan Brand Founders of The Year
Founder dan CEO Hypefast Achmad Alkatiri, mengatakan memang sudah semestinya brand lokal menjadi primadona di negeri sendiri. Peningkatan minat serta kesadaran masyarakat akan produk dan brand lokal menunjukkan jalan menuju era baru brand lokal semakin nyata.
“Hypefast yang selalu mendukung pertumbuhan brand lokal pun, melihat sudah semestinya brand-brand lokal ini diberikan apresiasi guna menumbuhkan semangat mereka berkarya dan berinovasi,” tuturnya dalam konferensi pers Hypefast Brand Founders of The Year di bilangan Kuningan, Jakarta, Selasa (11/10/2022).
Ya, sebagai penghargaan dan apresiasi atas kontribusi yang diberikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional dan industri kreatif tanah air, Hypefast memilih 15 brand lokal yang akan disematkan sebagai Brand Founders of The Year, Class of 2022. Pemberian penghargaan ini akan dilaksanakan dalam acara Indonesia Brand Founders Summit 2022, Kamis (13/10/2022).
Sebelumnya tercatat lebih dari 500 brand mendaftar dan dinominasikan oleh masyarakat sebagai Brand Founders of The Year. Dari ratusan brand ini, tim Hypefast dan jajaran juri telah mengkurasi dan melakukan assessment lebih lanjut untuk memilih brand yang kemudian disematkan menjadi Hypefast: Brand Founders of The Year Class of 2022. “Proses kurasi dibuka pada Juni lalu,” imbuhnya
Kata Achmad selama proses penyeleksian, pihaknya melihat begitu banyak potensi-potensi brand lokal untuk bisa berkembang. Namun, tentunya mereka tidak bisa bergerak sendiri, dibutuhkan dukungan penuh dari pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, mitra ekosistem, dan lainnya agar brand lokal ini bisa bersaing di pasar global.
Dia menuturkan pemilihan ke-15 pemilik brand ini berdasarkan pertimbangan dan kriteria yang telah ditentukan oleh para juri. Adapun juri terdiri dari Komisaris Utama Hypefast Gita Wirjawan, Founder dan CEO Hypefast Achmad Alkatiri, dan Ketua Habibie Center Ilham Habibie, serta jurnalis senior dari Forbes Indonesia Ulisari Elista.
Adapun 15 brand yang terpilih datang dari berbagai kategori mulai dari Food and Beverage, Fashion, Automotive, Accessories, Personal Care, Beauty dan Stationery. Berikut ini daftar Hypefast Indonesia Brand Founders of the Year Class of 2022:
- Java Sisters Vanilla - Tan Sherly Maretha
- Lean Lab - Jonathan Kurniadi Holiyanto
- Perfect Fit - Tungga Dewi & Riesa Putri
- HANDEP - Randi Julian Miranda
- I Know You - Anandia Marina Putri Harapan
- Katalis - Gunanjar Barokah
- Declip - Lim Erwin Hartono
- Beauty Barn - Well Ng
- Jacquelle - Budi Thomas & Lianna Lee
- Greebel - Royanto Amin
- BohoPanna - Devy Natalia
- Krakakoa - Sabrina Mustopo
- Kintakun - Dwi Harto, Try Harto, Vincent Saputra
- Buttonscarves - Linda Anggreaningsih
- Desa Group - Jessica Lin
Komentar
Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.