Ilustrasi wanita terkena blackhead (Sumber gambar: Freepik)

5 Kiat Ampuh Mengatasi Blackhead pada Hidung

11 October 2022   |   17:19 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Munculnya bintik-bintik hitam di area hidung memang menyebalkan. Bintik-bintik hitam yang sering disebut sebagai blackhead ini sering kali membuat orang jadi tidak percaya diri, karena penampilannya jadi tidak optimal. Namun, apa itu sebenarnya blackhead dan mengapa masalah ini sering muncul di sekitar hidung.

Blackhead adalah salah satu jenis komedo yang umumnya muncul di area wajah, terutama pada bagian hidung. Namun, dalam beberapa kasus blackhead juga bisa muncul di dada, leher, punggung, dan bahu.

Blackhead atau komedo hitam ini umumnya tidak menimbulkan rasa sakit pada kulit. Hal ini menjadi pembeda antara komedo hitam dengan jerawat. Meski begitu, jangan salah komedo yang tidak segera diatasi bisa berubah menjadi jerawat yang makin memperburuk keadaan kulit.

Bintik-bintik hitam ini sering kali muncul dan disebabkan oleh penyumbatan folikel rambut akibat adanya penumpukan sel kulit mati atau minyak berlebih. Produksi minyak berlebihan ditambah sel kulit mati yang menumpuk akan membuat pori-pori tersumbat.

Baca juga: 4 Rekomendasi Face Mist Lokal untuk Kulit Berminyak Tetap Terhidrasi

Sumbatan tersebut akhirnya menimbulkan benjolan pada permukaan kulit atau disebut dengan blackhead. Meskipun tampak sesuai dengan namanya, blackhead sebenarnya tidak berwarna hitam pada awalnya. Warna hitam tersebut baru muncul ketika minyak dan kulit mati yang menyumbat pori-pori teroksidasi saat bersentuhan dengan udara.

Sebenarnya menghilangkan blackhead bukan perkara yang mudah. Perlu waktu dan konsistensi perawatan agar komedo bisa hilang. Dilansir dari berbagai sumber, berikut lima kiat ampuh untuk mengatasi blackhead pada hidung.


1. Cuci muka dua kali sehari.

Mencuci muka dua kali sehari adalah langkah paling dasar yang bisa dilakukan untuk mengatasi blackhead. Meski tampak sederhana, tidak sedikit yang melupakan aktivitas ini, terutama ketika malam hari. Lantaran badan sudah capek dan mengantuk, bukan berarti kalian bisa melewatkan cuci muka pada malam hari.

Sebab, cuci muka pada malam hari punya peran penting untuk menghilangkan kotoran setelah seharian beraktivitas. Sementara itu, mencuci muka pada pagi hari dapat membersihkan kotoran atau bakteri yang menempel selama tidur.

Nah, ada pengecualian dalam aturan cuci muka, terutama ketika selesai berolahraga. Kalian wajib mencuci muka segera setelah berolahraga, jangan sampai keringat berlebih yang bersatu dengan kotoran dan bakteri makin memperburuk kondisi kulit.
 

2. Jangan memencet blackhead.

Beberapa orang punya kebiasaan memencet blackhead atau komedo pada kulitnya. Alih-alih menyembuhkan, memencet komedo justru bisa membuat kulit jadi mengalami iritasi.

Oleh karena itu, sebaiknya jangan lagi memencet komedo dan daerah kulit di sekitarnya. Jika ingin segera menghilangkan blackhead, sebaiknya konsultasikan ke dokter spesialis kulit agar penanganannya lebih cepat.


3. Eksfoliasi wajah.

Melansir dari Healthline, melakukan eksfoliasi pada daerah kulit yang terkena blackhead dapat membantu mengatasi masalah komedo tersebut. Eksfoliasi sendiri adalah pengelupasan atau pengangkatan sel kulit mati beserta kotoran yang menumpuk di permukaan kulit. Ketika berbicara eksfoliasi, kebanyakan orang mungkin akan berpikir pemakaian scrub yang kasar.

Namun, pemakaian scrub yang kasar justru bisa memperburuk blackhead . Sebaiknya carilah eksfoliasi dengan bahan yang lembut, terutama yang mengandung AHA dan BHA. Sebab, kini sudah banyak dikembangkan bahan eksfoliasi wajah yang lebih lembut dan tidak kasar.
 

4. Retinoid.

Krim retinoid yang terbuat dari vitamin A dapat meregenerasi kulit dan membuka pori-pori. Oleh karena itu, krim retinoid disarankan untuk menjadi salah satu pilihan mengatasi blackhead.

Baca juga: Punya Kulit Sensitif Tapi Ingin Pakai Serum? Yuk Simak Tip dan Rekomendasi Ini

Meski mudah ditemukan di beberapa apotek, penggunaan retinoid perlu diperhatikan dengan baik. Sebab, retinoid bisa membuat kulit jadi sensitif dengan sinar UV. Oleh karena itu, disarankan penggunaannya dilakukan sebelum tidur pada malam hari atau sesuai anjuran dokter.
 

5. Strip hidung.

Penggunaan strip hidung dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran. Namun, pemakaiannya juga bisa membuat pori-pori jadi lebih kecil dan menghilangkan minyak alami.

Pada beberapa kasus, strip hidung juga dapat menyebabkan iritasi dan kekeringan. Jadi, meski produknya dijual bebas di pasaran, sebenanrnya masih ada pro dan kontra terkait produk tersebut.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Semarang Menjadi Tuan Rumah Baru GIIAS The Series 2022

BERIKUTNYA

Resep Pie Buah Manis Segar, Bikin Ketagihan!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: