Pameran GIIAS 2021 (Sumber gambar: Hypeabis.id)

Semarang Menjadi Tuan Rumah Baru GIIAS The Series 2022

11 October 2022   |   17:39 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) bakal menambah ajang GIIAS The Series 2022 ke Semarang, Jawa Tengah. Perhelatan otomotif ini pun rencananya akan berlangsung di Marina Convention Center, Semarang, pada 23-27 November 2022. 

Rizwan Alamsjah, Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran GIIAS 2022, mengatakan bahwa kota Semarang dipilih sebagai kota baru penyelenggaraan ajang GIIAS The Series 2022 lantaran memiliki kondisi ekonomi yang baik dan pasar otomotif yang potensial.

Baca juga: Melihat Booth Lexus di GIIAS 2022 yang Ramah Lingkungan & Berhiaskan Karya Seniman Lokal

“Dengan pencatatan distribusi kendaraan bermotor Jawa Tengah pada tahun 2021 mencapai 8 persen dari distribusi secara nasional, oleh karena itu dengan tekad bulat GAIKINDO bersama anggotanya berencana untuk menyelenggarakan GIIAS Semarang 2022,” katanya.

Dia menambahkan bahwa GIIAS Semarang 2022 direncanakan akan menjadi penutup rangkaian GIIAS The Series pada tahun ini. 

Sementara itu, Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi, menyampaikan bahwa perluasan penyelenggaraan pameran otomotif GIIAS The Series berdasarkan arahan dari Pemerintah, khususnya Kementerian Perindustrian.

“Kami rasa tidak terelakkan bahwa penyelenggaraan pameran otomotif telah menjadi faktor penting untuk terus mendorong faktor produktivitas, mencapai target industri otomotif nasional, dan fokus yang juga penting adalah memberikan edukasi bagi masyarakat luas lewat pameran,” tutur Nangoi.

Menurutnya, kesempatan mendorong perkembangan dan pencapaian industri otomotif nasional akan kian terbuka dengan semakin luas jangkauan pameran otomotif yang terselenggara oleh Gaikindo.
 

GIIAS Medan

Sementara itu, GIIAS Medan 2022 yang merupakan rangkaian pameran GIIAS The Series 2022 resmi berakhir pada Minggu, 9 Oktober 2022 mampu mencatatkan 24.117 pengunjung atau naik sekitar 20 persen dari angka pengunjung pada penyelenggaraan 2019 lalu.

Jumlah ini membuktikan bahwa perkembangan industri otomotif Indonesia masih menarik minat masyarakat di Sumatera Utara.

Rizwan mengatakan masyarakat Sumatera Utara tertarik untuk mengunjungi ajang GIIAS Medan 2022 lantaran teknologi dan produk otomotif terkini yang dihadirkan oleh delapan agen pemegang merek (APM).

“Dan seperti yang telah Kami sampaikan sebelumnya, antusiasme dan dukungan masyarakat adalah kunci dari kenaikan pencapaian industri otomotif Indonesia,” katanya.

Di ajang ini juga, lanjutnya, GIIAS Medan 2022 juga kembali menyelenggarakan favourite car, favourite booth, dan most driven car hasil pilihan dari pengunjung dengan cara voting yang disediakan oleh pihak penyelenggara.

Hasilnya adalah Hyundai berhasil memenangkan kategori favourite booth dengan luasan lebih dari 250 m persegi , Wuling berhasil memenangkan kategori favourite booth dengan luasan kurang dari 250 m persegi, dan Astra Financial memenangkan kategori favourite booth dari industri pendukung.

Sementara itu, dari kategori Favourite car dengan kategori EV berhasil diboyong Hyundai Ioniq 5, kategori MPV diboyong Mitsubishi Xpander Cross, dan yang menjadi pemenang kategori SUV adalah Honda HR-V.

Baca juga: Intip Duet CR-V Hybrid & Accord Hybrid yang Mejeng di GIIAS 2022

Kemudian pemenang kategori most driven car atau mobil yang paling banyak dikendarai melalui program Test Drive GIIAS Medan adalah Wuling Air EV. “Yang menjadi bukti bahwa masyarakat Sumatera Utara juga menaruh minat yang tinggi pada teknologi otomotif terbaru, kendaraan listrik,” katanya.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Fakta-Fakta Sindrom Progeria yang Mempercepat Proses Penuaan pada Anak

BERIKUTNYA

5 Kiat Ampuh Mengatasi Blackhead pada Hidung

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: