Seorang wanita sedang membersihkan komedo- www.pexels.com

Kesal Sama Komedo di Wajah? Coba Pakai 3 Bahan Alami Ini Deh!

19 September 2021   |   06:33 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Kenapa sih komedo itu sulit dihilangkan. meskipun sudah dibersihin pasti akan muncul lagi. Sebenarnya komedo itu apa sih? Komedo pada dasarnya adalah pori-pori kulit yang tersumbat oleh kulit mati dan minyak yang kemudian menghasilkan benjolan kecil.

Tapi, kamu enggak perlu khawatir. Ada tiga bahan alami yang mudah kamu temui di rumah yang mampu membantu menghilangkan masalah komedo di wajah.

1. Tomat
 

Tomat- unsplash

Tomat- unsplash


Tomat adalah salah satu buah yang bisa membantu menghilangkan komedo. Anda hanya perlu mengoleskan tomat yang sudah diblender lembut ke area yang terkena komedo sebelum tidur dan membilasnya ketika bangun keesokan harinya.

Tomat memiliki sifat antibakteri yang dapat mengeringkan komedo. Selain itu, tomat adalah eksfoliator atau bahan yang membantu pengelupasan sel-sel kulit mati yang bagus, dan sifat asamnya membantu mengecilkan pori-pori.

2. Teh Hijau
 

Daun teh hijau- unsplash

Daun teh hijau- unsplash


Manfaat teh hijau memang tidak perlu diragukan. Saat dioleskan pada wajah, antioksidan di dalamnya membantu menghilangkan kotoran dan membersihkan komedo.
Yang perlu kamu lakukan adalah mencampur satu sendok makan daun teh hijau kering dengan air kemudian dihaluskan. Oleskan selama sekitar 15-20 menit di area yang berkomedo dan bilas dengan air hangat.

3. Bubuk Kayu Manis
 

Kayu manis- unsplash

Kayu manis- unsplash

Bahan satu ini dapat digunakan untuk mencegah sekaligus menghilangkan komedo. Mulailah dengan mencampurkan satu sendok makan bubuk kayu manis dan jus lemon. Bisa juga menambahkan sejumput bubuk kunyit ke dalamnya.

Oleskan ke wajah selama 10-15 menit, dan bilas dengan air biasa. Diketahui, kayu manis dapat membantu mengencangkan pori-pori dan meningkatkan sirkulasi darah. Sementara itu, jus lemon sarat dengan sifat antibakteri yang membantu melawan jerawat, komedo hitam dan putih.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Keren! Begini 7 Konsep Kegiatan Wisata di Masa Depan ala Singapura

BERIKUTNYA

Optimalkan Rapat Virtual dengan 5 Cara ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: