Platform jejaring sosial berbasis VR Horizon Worlds (Sumber gambar: Meta)

Meta Hadirkan Fitur Monetisasi Horizon, Kreator Bisa Jual Barang Virtual 

13 April 2022   |   15:02 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Perusahaan teknologi Meta - sebelumnya bernama Facebook - telah menunjukkan keseriusannya mengembangkan dunia virtual baru, metaverse. Salah satu langkah awal dan terbesarnya adalah mengembangkan platform sosial bernama Horizon Worlds. 

Horizon adalah platform metaverse sosial perusahaan berbasis teknologi virtual reality (VR), dengan memanfaatkan salah satu produk perangkat keras unggulannya yakni Quest VR. Platform ini masih terus dikembangkan. 

Laporan The Verge, menyatakan bahwa Meta tengah menguji fitur baru di Horizon Worlds yang memunkinkan para pembuat konten menghasilkan uang di platform tersebut. Mereka akan dapat menjual item dan efek virtual di dunia tersebut. 
 

(Sumber gambar: Meta)

(Sumber gambar: Meta)


Product Marketing Director Horizon, Meaghan Fitzgerald, menjabarkan teknisnya. Jadi, para kreator dapat menjual berbagai hal mulai dari akses VIP ke area tertentu hingga barang virtual seperti perhiasan dan bola basket. 

Lewat pengujian fitur ini, Meta tampaknya mengikuti jejak gim atau platform sosial lainnya yang terlebih dahulu menerapkan hal ini. Misalnya Roblox dan Rec Room, yang sudah memungkinkan para kreator menjual barang yang mereka buat sendiri. 

Langkah monetisasi ini, kata Fitzgerald akan menjadi salah satu fokus perusahaan untuk sekarang, di mana Meta belum mengungkap keinginannya memasukkan unsur iklan di dalam platform Horizon World. 

“Iklan mungkin menjadi area yang ingin kami eksplorasi di masa depan,” katanya. 

Untuk mendorong pemanfaatan fitur ini, Meta juga meluncurkan program bonus berorientasi tujuan. Bonus ini akan diberikan kepada para kreator yang angkanya didasarkan pada keterlibatan item virtual yang diciptakan untuk para pengguna. 

Kreator yang menggunakan fitur penjualan dan mengambil bonus diwajibkan untuk mematuhi kebijakan perilaku dan konten yang ada di Horizon Worlds. Fitzgerald menyebut bahwa pembuat konten yang tidak mengikuti aturan akan dikeluarkan dari program. 

Selain bonus berorientasi tujuan, Meta juga sebelumnya telah mengumumkan program Creator Fund senilai US$10 juta untuk para kreator di Amerika Serikat yang bisa memberikan kontribusi bagi pengembangan platform Horizon Worlds. 
[Baca juga: Platform sosial Meta, Horizon Worlds tembus 300.000 pengguna


Editor : Gita Carla

SEBELUMNYA

Simpel & Lezat, Yuk Coba 3 Resep Sawi Hijau Ini untuk Buka Puasa

BERIKUTNYA

Mads Mikkelsen Gantikan Johnny Depp di Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: