Ilustrasi masker timun (Sumber gambar: Freepik)

Manfaat Masker Timun, Efektif Atasi Mata Panda Hingga Jerawat

30 September 2022   |   21:30 WIB
Image
Chelsea Venda Hypeabis.id

Sangat mudah menghabiskan banyak uang untuk membeli produk skincare yang bisa memperbaiki tekstur, warna, dan peremajaan kulit. Namun, kini rasanya kamu harus berpikir ulang untuk mengalokasikan uang ke produk skincare. Sebab, hanya dengan mengandalkan mentimun, kamu juga sudah dapat mendapatkan manfaat yang beragam bagi kulit wajah.

Mentimun memang memiliki banyak manfaat bagi kecantikan wajah. Mentimun yang telah diolah menjadi masker bisa membantu merawat kesehatan kulitmu. Kulit jadi tampak lebih cerah dan segar. Kandungan vitamin C dan asam folat di dalamnya juga dapat mengatasi masalah kulit kusam.

Baca juga: Minuman untuk Berbuka Puasa, Yuk Cek 3 Resep Es Timun Suri yang Segerrrr

Dengan manfaatnya yang begitu banyak, mentimun adalah alternatif skincare yang lebih alami dan murah. Kamu bahkan bisa membuat racikan masker timun sendiri di rumah.

Lantas bagaimana cara membuat masker mentimun beserta manfaat yang terkandung di dalamnya? Simak ulasan berikut ini.


1. Mengatasi Kantong Mata yang Gelap

Mentimun sudah sudah dikenal lama efektif untuk mengurangi kantong mata yang muncul dan tampak menggelap. Sebagian orang menyebutnya sebagai mata panda. Umumnya, mata panda muncul karena orang kurang tidur.

Kandungan vitamin C dan folat dapat mengurangi pembengkakan. Daerah sekitar mata pun akan kembali terlihat lebih segar. Cara membuatnya juga sangat sederhana. Kamu hanya perlu memotong timun secara tipis, lalu tempelkan di bagian mata selama beberapa menit. Selain itu, bisa juga dengan menjadikan mentimun sebagai masker, lalu oleskan pada daerah sekitar mata.
 

2. Mengurangi Jerawat

Masker mentimun sangat cocok untuk membantu perawatan kulit wajah yang berjerawat. Masker mentimun akan meredakan iritasi pada kulit akibat munculnya jerawat. Penggunaan masker timun tidak akan membuat kulitmu jadi kering dan pedih.

Untuk membuat mentimun jadi masker jerawat, kamu hanya perlu memanfaatkan ampas dari jus mentimun. Ampas tersebut bisa langsung dioleskan ke wajah secara merata.
 

3. Melembapkan Kulit

Mentimun termasuk buah yang mengandung banyak air. Oleh karena itu, mentimun dapat menstimulasi kulit wajah menjadi lebih lembap. Namun, agar hasilnya lebih maksimal, kamu perlu menambahkan beberapa bahan lain ke dalam masker timun. Lidah buaya, yoghurt, atau madu, lebih direkomendasikan sebagai bahan campuran masker.

Namun, penggunaan mentimun sebagai masker tidak bisa menjadi satu-satunya perawatan. Setelah menggunakan masker mentimun, kamu masih perlu menggunakan pelembap supaya hasilnya lebih maksimal.


4. Mengatasi Penuaan Dini

Mentimun juga termasuk buah yang kaya akan kandungan antioksidan. Kandungan tersebut bisa membantu kulit kamu melawan tanda-tanda penuaan dini.

Selain itu, kandungan vitamin C dan folat di dalam masker mentimun efektif merangsang pertumbuhan sel baru di kulit. Kotoran-kotoran yang ada di wajah pun akan terangkat dan membuat wajah terasa lebih bersih.


5. Mengurangi Iritasi kulit

Masker mentimun memiliki zat anti-inflamasi. Kelebihan tersebut membuat masker mentimun dapat meringankan iritasi kulit. Beberapa iritasi kulit yang masih bisa diatasi dengan masker mentimun ialah kulit yang terbakar karena sinar matahari, ruam, dan gigitan serangga. Namun, jika keluhan tidak kunjung reda, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter kecantikan secara lebih lanjut.

Editor: Dika Irawan
SEBELUMNYA

Bangun Keluarga Harmonis, Begini Tips Bentuk Ikatan Emosional Ibu dengan Anak

BERIKUTNYA

Siap Nonton JISPHORIA? Cek 5 Hotel Terdekat dari Jakarta International Stadium

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: