Ilustrasi kesehatan mental (sumber gambar Unsplash/ Emily Underworld)

5 Fakta di Balik Hari Kesehatan Mental Dunia yang Diperingati Tiap 10 Oktober

10 October 2022   |   12:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Hari Kesehatan Mental Dunia atau World Mental Health Day (WMHD) dirayakan setiap tahunnya pada tangal 10 Oktober. Perayaan ini banyak dimanfaatkan oleh berbagai negara untuk memperingati pentingnya kesadaran terkait isu kesehatan mental di seluruh dunia.

Pada peringatan tahun ini, World Health Organization (WHO) mengangkat tema Jadikan Kesehatan Mental untuk Semua Sebagai Prioritas Global. Nah, Genhype peringatan tahunan untuk kesehatan mental ternyata memiliki fakta-fakta menarik yang ada di baliknya loh. Yuk simak rangkumannya berikut ini: 

Baca juga: Hari Kesehatan Mental Sedunia 10 Oktober 2022, WHO Masih Catat Perang Lawan Stigma
 

1. Pertama Kali Dilakukan pada 1992

Hari Kesehatan Mental Dunia atau World Mental Health Day pertama kali dirayakan pada 10 Oktober 1992, yang mana kegiatan ini bermula atas inisiatif dari World Federation for Mental Health (WFMH), sebuah organisasi kesehatan mental global non pemerintah yang didirikan pada 1948.

Pada awalnya tidak ada tema khusus dalam memperingati Hari Kesehatan Mental Dunia, mereka hanya mengkampanyekan advokasi kesehatan mental dan isu-isu yang relevan dengan kesehatan mental ataupun jiwa seseorang.
 

2. Ditayangkan Secara Global

Dalam sejarahnya, tiga tahun pertama perayaan Hari Kesehatan Mental Dunia pada tahun 1992 sampai 1994, peringatan hari tersebut juga disiarkan secara global dua jam penuh melalui sistem satelit badan informasi Amerika Serikat dari studio di Talahassee, Florida.

Dari sinilah kemudian peringatan hari Kesehatan Mental Dunia mulai diketahui publik dan banyak yang menyadari pentingnya kesehatan mental dan isu-isu yang menyertainya , dan mulai menyebar ke seluruh dunia.
 

3. Mulai Memiliki Tema Khusus pada 1994

Hari Kesehatan Mental Dunia mulai memilki tema khusus untuk memperingatinya pertama kali dimulai pada tahun 1994, dengan mengangkat tajuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Mental di Seluruh Dunia. Sejak saat itulah peringatan ini memiliki tema-tema yang berbeda setiap tahunnya.

Pada tahun 2019 misalnya, WHO mengangkat tajuk Promosi Kesehatan Mental 2019 dan Pencegahan Bunuh Diri, kemudian pada 2020 mereka juga mengangkat tema berbeda, yakni kesempatan untuk memulai peningkatan besar-besaran dalam investasi di bidang kesehatan mental sedunia.
 

4. Tidak Diperingati Satu Hari Saja

Hari Kesehatan Mental Dunia juga tidak diperingati hanya dalam waktu satu hari saja loh Genhype. Kegiatan ini biasanya dilakukan berhari-hari sepanjang bulan menjelang 10 Oktober tiap tahunnya.

Pada tahun ini misalnya, WMHD telah merilis berbagai kegiatan sejak 6 Oktober 2022 yang dapat diikuti secara global melalui pertemuan online, termasuk festival hingga kegiatan support group online. Acara itu juga terbuka bagi siapa pun, dan tentunya gratis.
 

5. Momen Penting Mengkampanyekan Isu kesehatan Mental

Sesuai namma hari peringatannya, tujuan utama dari Hari Kesehatan Mental Dunia adalah untuk meningkatkan kesadaran akan masalah kesehatan mental di seluruh dunia, serta memobilisasi upaya dalam mendukung kesehatan mental bagi masyarakat luas.

Hingga hari ini, WMHD  juga terus dijadikan ajang dari berbagai kalangan dan organisasi-organisasi di seluruh dunia dalam melakukan kampanye yang mengangkat isu serta membangun kesadaran mengenai masalah kesehatan mental.

Editor: Syaiful Millah 
 

SEBELUMNYA

Dewa 19 Siap Gebrak Panggung JIS 12 November, Gaet 4 Vokalis & 4 Drummer!

BERIKUTNYA

Chelsea Islan Jadi Superhero dalam Teaser Poster Serial Tira

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: