Ilustrasi ruangan dalam rumah dengan elemen kedap suara. (Dok. Mahrous Houses dari Unsplash)

Ingin Buat Rumah yang Kedap Suara? Gunakan 6 Barang Ini

27 June 2021   |   17:21 WIB

Seiring dengan banyaknya kegiatan yang dilakukan di rumah, Genhype ingin membuat lingkungan yang lebih sunyi dan produktif selama bekerja di rumah. Akan tetapi, salah satu bentuk gangguan yang harus dihadapi ketika berada di rumah adalah suara-suara kencang dari tempat tinggal tetangga yang sulit dikendalikan. 

Inilah yang bisa mendorong Genhype untuk menambahkan beberapa aksesoris rumah yang bisa membantu mengurangi suara bising dari luar maupun yang keluar dari tempat Genhype. Yuk simak lima barang yang bisa bantu membuat rumah dan ruangan lebih kedap suara!

1. Jendela kedap suara
 

Ilustrasi jendela. (Dok. Manuel Sardo dari Unsplash)

Ilustrasi jendela. (Dok. Manuel Sardo dari Unsplash)

Barang ini sebenarnya merupakan barang yang diinvestasikan untuk jangka panjang karena harganya yang mahal. Meski mahal, jendela kedap suara bisa mengurangi masuknya suara dari luar rumah yang menganggu.

Jendela ini bisa menghalangi suara-suara bising seperti suara lalu lintas dan suara kostruksi, bahkan beberapa di antaranya dilengkap dengan ketahanan dari risiko pecah yang membuatnya aman dari angin kencang dan hujan deras.

2. Strip pintu kedap suara
 

Ilustrasi (Dok Max Vakhtbovych/Pexels)

Ilustrasi (Dok Max Vakhtbovych/Pexels)


Berbeda dengan jendela yang diaplikasikan secara permanan, strip pintu merupakan salah satu barang yang bisa dibeli dengan harga yang lebih ramah kantong serta pemasangan yang mudah.

Umumnya strip pintu terbuat dari bahan karet atau foam yang ukurannya bisa disesuaikan dengan gunting atau cutter. Akan tetapi, tingkat kekedapannya bervariasi karena bergantung pada material dan kualitas barang.

3. Sealant atau formula pengisi celah

Solusi ini merupakan salah satu yang lebih murah secara biaya dan efektif untuk menghalau suara-suara yang menganggu. Beberapa formula pengisi celah ini bekerja dengan cara mengembang menjadi foam ketika diaplikasikan pada celah dinding atau lubang.

Meski murah, tapi penggunaan barang ini harus lebih hati-hati terutama ketika melakukannya sendirian.
 
1
2


SEBELUMNYA

Begini Cara Mengajarkan Anak Mengelola Uang dengan Baik

BERIKUTNYA

10 Kutipan dari Harry Potter yang Menyentuh Hati Para Potterhead

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: