Ilustrasi balkon di rumah. (Dok. Artur Aleksanian dari Unsplash)

6 Tips untuk Buat Balkon yang Asri & Nyaman di Rumah

05 July 2021   |   15:13 WIB

Tren rumah yang nyaman dan asri masih menjadi primadona di tengah masa pandemi, apalagi dengan kembali berlakunya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat sejak tanggal 3 Juli 2021.

Dengan terbatasnya ruang gerak membuat aktivitas sehari-hari lebih banyak dilakukan di rumah yang kemudian membuat Genhype tentu membutuhkan satu ruang khusus untuk menikmati udara segar dengan pemandangan luar ruangan yang menyejukkan mata. Salah satu ruang tersebut adalah balkon.

Meski ukuran ruangannya tidak sebesar ruangan lain, balkon yang tadinya terlihat polos dan membosankan bisa didekorasi menjadi tempat yang asri dan nyaman serta dialihkan untuk beberapa fungsi seperti untuk tempat makan hingga tempat bersantai.

Yuk coba enam cara ini untuk buat balkon Genhype terlihat menarik!

1. Gunakan furnitur minimalis
 

Ilustrasi balkon. (Dok. Francesca Tosolini dari Unsplash)

Ilustrasi balkon. (Dok. Francesca Tosolini dari Unsplash)

Furnitur merupakan hal yang utama di dalam suatu balkon, di mana kehadiran meja dan kursi bisa memberikan kesan nyaman. Selain itu, Genhype bisa juga meletakkan beberapa bantal cushion dan tanaman dalam pot untuk memberikan kesan sejuk dan asri.

2. Tambahkan dekorasi berwarna
 

Ilustrasi balkon. (Dok. Roberto Nickson dari Unsplash)

Ilustrasi balkon. (Dok. Roberto Nickson dari Unsplash)

Karena letaknya di luar ruangan, dekorasi yang bisa digunakan berupa pajangan, barang-barang prakarya, dan dekorasi lainnya yang bisa diletakkan dan cocok di balkon agar memberikan kesan yang berwarna dan seperti berlibur.

3. Aplikasikan taman vertikal
 

Ilustrasi balkon. (Dok. Spacejoy dari Unsplash)

Ilustrasi balkon. (Dok. Spacejoy dari Unsplash)

Taman vertikal merupakan opsi untuk menanam tanaman dengan ruang yang terbatas, di mana Genhype bisa memulainya dengan menentukan tanaman beserta dengan tata letak dan cara meletakkannya seperti menggunakan pot gantung atau meletakkan tanaman yang digantung di dinding. Selain memberikan kesan hijau, taman vertikal juga bisa bertahan untuk waktu yang lama.

4. Beri dekorasi alami 
 

Ilustrasi balkon. (Dok. Ivy Aralia Nizar dari Unsplash)

Ilustrasi balkon. (Dok. Ivy Aralia Nizar dari Unsplash)

Dekorasi alami yang dimaksud di sini bisa berupa pajangan, furnitur seperti rak dan meja kecil, atau bahkan kursi yang terbuat dari rotan yang memberikan kesan membumi. Tambahan lainnya adalah beberapa tanaman kecil seperti kaktus untuk memperkuat kesan tersebut.

5. Pakai kanopi
 

Ilustrasi balkon. (Dok. Lissete Laverde dari Unsplash)

Ilustrasi balkon. (Dok. Lissete Laverde dari Unsplash)

Meski konsepnya outdoor atau luar ruangan yang punya ciri khas ruang terbuka, tapi enggak ada salahnya untuk menambahkan kanopi apalagi dengan situasi di mana suhu di luar rumah begitu terik dan panas. Selain bisa meneduhkan balkon, kanopi juga bisa mempercantik ruangan.

6. Rancang ulang lantai balkon
 

Ilustrasi balkon. (Dok. Samantha Gades dari Unsplash)

Ilustrasi balkon. (Dok. Samantha Gades dari Unsplash)

Beberapa alternatif lantai seperti lantai kayu atau porselen bisa mengubah tampilan balkon menjadi lebih menarik. Mengubah ulang lantai bisa membuat adanya harmonisasi pada furnitur, dekorasi, hingga pajangan tanaman sehingga memberikan kesan yang nyaman dan simpel.

Sudah tahu tips-tips mendesain balkon? Meski balkon enggak dimiliki semua orang, tapi coba aplikasikan ini untuk beberapa ruang terbuka seperti teras. Selamat mencoba!



Editor: Indyah Sutriningrum


 

SEBELUMNYA

Mau Ikut Turnamen Call Of Duty: Mobile World Championship 2021? Begini Caranya

BERIKUTNYA

Tanpa Persetujuan, Britney Spears Dibebankan Biaya Pengacaranya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: