Perbaikan SD Card bisa dilakukan dengan metode manual hingga menggunakan sistem komputer.

Simak 6 Cara Mengatasi SD Card yang Tidak Terbaca

05 October 2022   |   20:22 WIB

Selain USB atau flash disk, salah satu produk penyimpanan memori eksternal yang populer bagi masyarakat adalah SD Card. Produk yang hadir dalam ukuran standar maupun micro ini biasanya digunakan pada ponsel dan kamera digital dan sering disambungkan ke perangkat komputer.

Layaknya perangkat memori eskternal lainnya, SD Card berisiko pada kerusakan seperti corrupt atau rusak sehingga tidak bisa terbaca maupun digunakan. Biasanya, beberapa cirinya adalah tidak adanya bentuk deteksi SD Card, adanya kendala penyalinan data, masalah jaringan, dan adanya performa yang lambat saat penggunaan.

Baca juga: DynamicSpot, Cara Menghadirkan Fitur Dynamic Island ala iPhone di Smartphone Android

Untuk memperbaiki maupun mengatasi SD Card yang tidak terbaca, yuk intip beberapa cara di bawah ini agar SD Card bisa kembali digunakan dan terhindar dari risiko kerusakan.
 

1. Pakai alat pembaca kartu lain.

Jika pada satu alat pembaca kartu atau port SD Card tidak bisa terbaca, lakukan pembacaan pada alat lain seperti alat pembaca eksternal atau port lain pada komputer yang berbeda. Cara ini merupakan cara termudah untuk memperbaiki SD Card yang tidak terbaca karena masalah port atau alat pembaca bisa jadi salah satu penyebabnya.
 

2. Gunakan komando CHKDSK atau Diskpart.

Penggunaan komando juga bisa menjadi cara lain untuk memperbaiki SD Card yang mulai rusak. Ada dua komando yang bisa digunakan, yaitu utilitas CHKDSK yang bertujuan untuk memeriksa sistem file dan metadatanya menggunakan command prompt dalam mode administrator di Windows. Kode yang digunakan adalah chkdsk (huruf yang digunakan pada SD Card): /f. (contohnya adalah chkdsk G: /f).

Berbeda dengan CHKDSK, komando Diskpart dimasukkan secara langsung. Format yang dimasukkan adalah diskpart, lalu dilanjutkan dengan penulisan list disk dan menentukan disk yang sesuai dengan SD Card, lalu dilanjutkan dengan ketikan recover.
 

3. Tentukan drive letter baru.

Selain menggunakan kode atau komando, cara lain yang ternyata juga efektif adalah mengganti drive letter pada SD Card yang dimasukkan ke dalam komputer. Hal ini dilakukan dengan cara mencari 'disk management' dan pilih Create and format hard disk partitions. Kemudian, klik kanan pada SD Card dan pilih tombol Change Drive Letter and Paths… dan tekan tombol Change..., lalu tekan tombol OK.
 

4. Unduh ulang driver SD Card.

Pengunduhan ulang pada sistem biasanya dilakukan jika ada kendala pada sistem driver yang bermasalah saat membaca SD Card. Untuk itu, cara yang dilakukan adalah membuka Device Manager pada Control Panel, lalu cari letak SD Card pada kategori yang tertera pada jendela dan klik kanan SD Card untuk memilih Update driver. 

Opsi berikutnya adalah memilih tombol Search automatically for updated driver software dan lakukan pembaruan. Jika belum menemukan letak dari SD Card dalam jendela tersebut, opsi lainnya adalah memilihnya secara manual dengan tombol Browse my computer for driver software.
 

5. Perbaikan dengan Windows Repair Tool.

Windows Repair Tool merupakan sistem perangkat lunak yang biasa membantu perbaikan dalam berbagai aspek, termasuk dalam SD Card. Perbaikan ini dilakukan dengan memilih halaman This PC dan pilih SD Card yang tertera pada bagian Devices and drives.

Setelah itu, pilih Properties dan masuk ke halaman Tools dan lakukan pemeriksaan melalui tombol Check. Selanjutnya, pilih tombol Scan and repair drive. Jika muncul pesan bahwa Windows tidak bisa memperbaiki drive yang digunakan, maka pilih pembetulan saat itu juga atau saat restart berikutnya.
 

6. Lakukan format.

Serupa dengan perbaikan komando, format untuk SD Card ada dua opsi yaitu format ke bentuk FAT32 dan format sepenuhnya. Untuk format FAT32, hal ini bisa dilakukan jika SD Card terbaca sebagai RAW dan format ini dilakukan melalui halaman komando dengan mengetik diskpart dan dilanjutkan dengan list volume dan memilih volume yang digunakan. Selanjutnya, ketik format fs=fat32.

Format terakhir yang dilakukan adalah format sepenuhnya dengan memilih menu format saat klik kanan SD Card yang ada dalam komputer. Setelah memilih sistem file dan menghilangkan tanda centang pada Quick Format, jalankan proses format.

Untuk langkah pencegahan, beberapa langkah mudah yang bisa dicoba adalah mencabut SD Card dengan aman dengan mengaplikasikan eject, hindari temperatur ekstrem serta debu dan air, hindari memasukkan data saat ada risiko kehilangan daya baterai, melakukan pemindahan dokumen ke komputer atau penyimpanan cloud secara berkala, dan menggunakan beberapa SD Card tanpa mencapai batas maksimal.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Begini Cara Tingkatkan Penjualan dengan Sistem Affiliate Marketing

BERIKUTNYA

Madani International Film Festival 2022 Hadir Lagi, Cek Daftar Film & Agenda Serunya! 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: