Dynamic Island merupakan salah satu fitur unggulan di iPhone 14 Pro Series (Sumber gambar: Apple)

DynamicSpot, Cara Menghadirkan Fitur Dynamic Island ala iPhone di Smartphone Android

04 October 2022   |   17:30 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Like
Saat peluncuran globalnya beberapa waktu lalu, iPhone 14 Pro Series hadir dengan sebuah fitur yang dinilai banyak pihak sebagai langkah evolusioner. Fitur itu tidak lain adalah Dynamic Island, yang mengubah total penampilan dan pengalaman pemakaian para penggunanya. 

Dalam pernyataannya, Apple menyebut bahwa Dynamic Island memungkinkan cara baru untuk berinteraksi dengan iPhone; menampilkan desain dengan perpaduan perangkat keras dan lunak, serta menampilkan ragam notifikasi secara real-time

Dengan adanya fitur ini, aktivitas di latar belakang yang sedang berlangsung seperti Peta, Musik, atau pengingat waktu dapat tetap terlihat dan terasa interaktif. Perusahaan juga berjanji bahwa ke depannya, aplikasi pihak ketiga bakalan bisa memanfaatkan Dynamic Island. 

Baca juga: Mengenal Dynamic Island, Fitur Sorotan iPhone 14 Series dari Apple
 

Dynamic Island di iPhone (Sumber gambar: Apple)

Dynamic Island di iPhone (Sumber gambar: Apple)

Menurut sejumlah manajer di Apple, Dynamic Island mewakili perubahan pengalaman yang signidikan pada iPhone sejak generasi kesepuluh. Lima tahun lalu, iPhone X mengabaikan tombol Home dan menggunakan poni untuk pertama kalinya.  Hal tersebut juga mengubah kebiasaan orang dalam mengoperasikan iPhone, di mana batas antara perangkat keras dan lunak makin tak kentara. 

Fitur ini telah menerima umpan balik positif dari para penggemarnya. Banyak orang berpendapat bahwa Dynamic Island merupakan salah satu terobosan desain terbaik Apple selama bertahun-tahun. Bahkan, tidak hanya penggemar vendornya yang berpikiran demikian. 

Para pengguna Android juga tampaknya tertarik dengan fitur seperti Dynamic Island. Tak ayal bila kini, sejumlah developer mengembangkan aplikasi yang memungkinkan user smartphone Android untuk mencicipi kemampuan serupa, misalnya DynamicSpot. 
 

Dynamic Island Versi Android 

 

DynamicSpot (Sumber gambar: Jawomo/Play Store)

DynamicSpot (Sumber gambar: Jawomo/Play Store)

Perangkat lunak yang dikembangkan oleh Jawomo itu telah mencapai 1 juta unduhan di Google Play Store. Padahal, aplikasi tersebut baru dirilis pada 29 September 2022. Jawomo memang dikenal sebagai pengembang aplikasi personalisasi, seperti remapper tombol Bixby untuk perangkat Samsung. 

Aplikasi ini seperti namanya akan memberikan pengalaman hadirnya fitur Dynamic Island di perangkat Android kalian. Perlu dicatat bahwa aplikasi hanya bisa digunakan untuk ponsel dengan sistem operasi Android 9 dan seterusnya. 

Berdasarkan pengujian Hypeabis.id, aplikasi ini masih dalam tahapan pengembangan awal. Jadi, masih ada sejumlah keterbatasan yang akan ditemui ketika menjajal perangkat lunak tersebut. Akan tetapi, tampilannya cukup mirip dengan Dynamic Island di iPhone. 
 

Cara Pakai DynamicSpot 

Bagi kalian yang penasaran ingin menjajal juga fitur mirip Dynamic Island tapi versi perangkat Android, berikut ini adalah step by step untuk menggunakan aplikasi DynamicSpot. 

1. Unduh dan instal aplikasi DynamicSpot dari Google Play Store. 
2. Buka aplikasi, dan kalian akan diharuskan mengikuti sejumlah langkah. 
- Pertama: memilih daftar aplikasi yang akan muncul di bilah notifikasi Dynamic Island (misalnya WhatsApp, Spotify, YouTube, dll). 
- Kedua: memberikan DynamicSpot akses notifikasi. Nantinya pengguna akan dibawa ke Pengaturan, untuk memberikan akses. 
- Ketiga: Aktifkan Draw on Screen. Ketika pilihan ini diklik, pengguna akan dibawa ke menu Pengaturan aksesibilitas. Mirip dengan langkah kedua. 
3. Selesaikan pengaturan dan aktivasi Dynamic Island dengan perangkat lunak ini. 
4. Nantinya, seluruh pemberitahuan dari aplikasi yang sudah dipilih akan muncul di bagian takik (notch), mirip dengan fitur di iPhone 14 Pro Series. 
 

DynamicSpot di perangkat Android (Sumber gambar: Hypeabis.id/Syaiful)

DynamicSpot di perangkat Android (Sumber gambar: Hypeabis.id/Syaiful)

Lantaran bersifat aplikasi pihak ketiga, DynamicSpot memungkinkan para penggunanya untuk melakukan pengaturan ukuran dan tata letak bilah notifikasi, sesuai dengan preferensi masing-masing. Perbedaannya dengan versi original adalah bilah notifikasi yang tidak permanen. 

Jadi, apabila tidak ada notifikasi dari aplikasi yang ditentukan, bilah tersebut akan hilang dari layar utama ponsel Android. Hal ini berbeda dengan iPhone yang bersifat permanen. Ada tau tidaknya notifikasi pada perangkat Apple, notch dari Dynamic Island tetap ada di bagian atas layar utama. 

Selain itu, aplikasi ini bisa diakses secara gratis, tetapi juga menyediakan layanan berbayar. Dengan melakukan pembelian ke veri Pro, pengguna akan bisa menikmati sejumlah fitur terbatas. Misalnya Single Tap untuk membuka aplikasi dengan satu kali ketukan dan Long Press untuk memperluas animasi dengan cara menekan lama fitur tersebut. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Dress sampai Setelan, Intip 5 Ide Outfit Kencan Dinner Romantis

BERIKUTNYA

Serial Korea The Worst of Evil Umumkan Pemeran Utamanya, Ada Wi Ha-joon!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: