Mengatakan tidak pada seseorang bukan bentuk keegoisan. (Sumber gambar : Freepik/Wayhomestudio)

Sering Merasa Enggak Enakan? Begini 5 Cara Mengatasinya

05 October 2022   |   18:58 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Menjalin relasi dengan keluarga, teman, sahabat, hingga rekan kerja memang sangat penting bagi kehidupan dan menjadi ciri khas manusia sebagai makhluk sosial. Sebisa mungkin hubungan itu dijaga dengan baik dengan berbagai cara, salah satunya menyenangkan dan menjaga perasaan mereka.

Namun demikian, kerap kali upaya ini mengabaikan perasaan diri kita sendiri. Rasa tidak enakan untuk menolak permintaan dan membantu orang terdekat maupun yang dikenal, seringkali muncul. Sebagai contoh, ketika teman ingin meminjam uang, kamu memberikannya atas dasar rasa tidak enakan, padahal saat itu uang kamu sedang pas-pasan.

Perumpamaan lainnya adalah di tempat kerja. Kamu mendapat beban tambahan pekerjaan dari orang lain. Padahal tugas itu bukan pekerjaanmu. Namun, karena kamu merasa tidak enak dengan rekan, kamu menerima pekerjaan tersebut. 

Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Mental buat Kalian Mahasiswa

Di sisi lain, sikap tidak enakan ini merugikan diri sendiri. Sebab kamu terus menerus menuruti kehendak atau keinginan orang lain. Padahal, hal itu tidak sesuai dengan hati nuranimu. Melelahkan bukan, jika terus-terusan begini. 


People pleaser

Rasa tidak enakan ini ada istilahnya, loh Genhype. Namanya adalah people pleaser. Ciri khasnya yakni sulit mengatakan tidak terhadap permintaan orang lain. 

Ciri lainnya, yaitu menghindari menyuarakan pendapat jujur mereka, mengikuti keinginan orang lain untuk menghindari timbulnya gesekan, cepat setuju atas keputusan orang lain padahal tidak sesuai keinginan, selalu meminta maaf, hingga mengabaikan kebutuhan mereka sendiri. 
 

Penyebab

Sementara itu, ada beberapa penyebab rasa tidak enakan ini. Misalnya karena rendah diri. Biasanya orang yang enggak enakan kepada orang lain, kurang menyadari apa yang mereka inginkan. Mereka juga merasa tidak memiliki tujuan jika tidak dapat membantu orang lain.  

Rasa tidak enak juga bisa disebabkan karena kecemasan. Beberapa orang mencoba menyenangkan orang lain karena merasa cemas akan penolakan dan tidak dapat menyesuaikan diri. Akhirnya mereka melakukan apapun yang diinginkan temannya hanya untuk diterima dan disukai. 

Penyebab berikutnya yakni upaya menghindari konflik. Mereka yang sering merasa enggak enakan sejatinya ingin menghindari konflik dengan orang sekitar. Budaya dan sosialisasi juga menjadi penyebab yang paling sering karena banyak keluarga mengajarkan bahwa ketidaktegasan merupakan suatu kebaikan. 

Timbulnya rasa tidak enak pun bisa disebabkan trauma. Tidak sedikit mereka yang memiliki trauma berusaha mendapatkan kasih sayang dan perhatian dengan menuruti permintaan orang lain untuk bertahan hidup. 

Namun tahu kah kamu rasa enggak enakan ini dapat menyebabkan stres, kelelahan, pengabaian, kebencian, masalah hubungan, kehilangan identitas, konflik peran, hingga dimanfaatkan orang lain.

Oleh karena itu, penting bagi kamu sebaiknya mengurangi bahkan menghilangkan sikap ini demi ketentraman jiwa dan kehidupan yang lebih baik. Sebab, bagaimana pun, hidup ini tentang diri kamu. Bukan tentang menyenangkan orang lain. 

5 Cara Mengatasi Tidak enakan
1
2


SEBELUMNYA

Resep Acar Kuning Timun Wortel untuk Hidangan Sampingan

BERIKUTNYA

4 Pantai Cantik di Korea Selatan Ini Wajib Dikunjungi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: