Mengatakan tidak pada seseorang bukan bentuk keegoisan. (Sumber gambar : Freepik/Wayhomestudio)

Sering Merasa Enggak Enakan? Begini 5 Cara Mengatasinya

05 October 2022   |   18:58 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Buat kamu yang bingung bagaimana cara melakukannya, berikut rekomendasi dari Hypeabis.id yang bisa kamu ikuti. 


1. Berlatih utamakan diri sendiri

Menempatkan kebutuhan diri sendiri tidaklah egois. Ingat, kamu butuh energi dan sumber daya emosional untuk membantu orang lain. Jika kamu tidak menjaga kebutuhan diri sendiri, kamu tidak akan mampu melakukan apa pun untuk orang lain.

Kebutuhan ini dapat melibatkan hal-hal seperti menawarkan pendapat dalam rapat kerja, merasa nyaman dengan emosi dan perasaan, dan menanyakan apa yang dibutuhkan dalam hubungan.


2. Belajar menetapkan batasan yang sehat

Mungkin tampak sulit di awal, tetapi tidak ada salahnya untuk memulai. Buat daftar hal-hal apa saja yang membuat kamu merasa tidak bahagia atau terbiasa, seperti membeli kopi untuk rekan kerja. Urutkan berdasaran kepentingan dengan item paling signifikan di daftar paling atas. 

Strategi sederhana ini memungkinkan kamu untuk mengutamakn diri sendiri tanpa merasa perlu menyenangkan semua orang. Batasan memberikamu kemampuan untuk mengatakan tidak ketika orang lain meminta bantuan atau memanfaatkan waktu kamu. Sekali lagi ini bukan bentuk keegoisan. 


3. Berani berkata tidak

Tidak apa-apa untuk memilih berkata tidak terhadap permintaan seseorang, terlebih jika itu tidak kamu inginkan dan di luar nalar yang justru merugikan diri kamu. Menolak permintaan orang lain bukanlah sesuatu yang egois. 

Jangan terlalu over thinking bahwa mengatakan tidak pada permintaan seseorang membuat kamu dijauhi mereka. Justru ini memberikan penilaian bahwa kamu bisa bersikap tegas. 


4. Hindari membuat alasan

Penting untuk bersikap langsung ketika kamu mengatakan tidak dan membuat alasan atas ketidaksanggupan kamu. Begitu kamu mulai menjelaskan mengapa tidak bisa melakukan sesuatu, kamu memberi kesempatan orang lain untuk menyanggah alasan itu. Pada akhirnya kamu akan mengikuti permintaan mereka.

Coba gunakan nada tegas ketika menolak sesuatu dan tahan keingignan untuk menambahkan detail yang tidak perlu. Ingatkan diri bahwa tidak adalah kata yang tidak perlu embel-embel di belakangnya.


5. Mulai dari yang kecil

Pastinya sulit untuk membuat perubahan mendadak. Oleh karena itu, mulailah untuk membuang rasa enggak enak secara perlahan. Sebagai contoh mengatakan tidak pada permintaan sederhana dalam pesan singkat.

Setelah itu, tingkatkan cara kamu untuk memberi tahu orang lain secara langsung. Coba berlatih berbicara tidak, dalam situasi yang berbeda. Sesederhana kamu menolak tawaran pramuniaga di restoran. 

Editor: Dika Irawan
1
2


SEBELUMNYA

Resep Acar Kuning Timun Wortel untuk Hidangan Sampingan

BERIKUTNYA

4 Pantai Cantik di Korea Selatan Ini Wajib Dikunjungi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: