Kalimba merupakan salah satu instrumen yang punya suara unik dan tidak sulit untuk dipelajari (sumber gambar Freepik/Juan Pablo Olaya)

Mengenal Alat Musik Kalimba, Cara Memainkan & Manfaatnya untuk Tubuh

05 October 2022   |   10:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Genhype pernah dengar enggak sih alunan musik yang membawa ketentraman dan ketenangan? Nah, kalimba adalah salah satu instrumen yang bisa menghasilkan kesan tersebut. Alat musik ini tak jarang dimainkan untuk memperbaiki mood hingga melatih konsentrasi. 

Kalimba merupakan bentuk modern alat musik Mbira, dari Afrika Selatan yang dipopulerkan ke penjuru dunia oleh Hugh Tracey. Tracey adalah etnomusikolog asal Inggris yang banyak mempelajari dan mengarsipkan musik tradisional Afrika Selatan dan Tengah. 

Alat musik ini memiliki tuts logam yang menghasilkan nada yang berbeda-beda. Tuts pada kalimba juga beragam, mulai dari 8,10,11, hingga 21 tuts. Dengan demikian, semakin banyak jumlah tuts maka akan semakin banyak nada yang dihasilkan.
 

(Sumber gambar: Ali Karimiboroujeni)

(Sumber gambar: Ali Karimiboroujeni)

Pada awal perkembangannya, instrumen musik ini banyak dimainkan di Benua Eropa dan Amerika, tapi seiring berkembangnya waktu tidak sedikit masyarakat Indonesia yang akhirnya juga mulai memainkan alat musik ini.

Sama seperti alat musik lain, Kalimba pun memiliki berbagai jenis bentuk, yang biasanya terbuat dari bahan material kayu dan akrilik. Umumnya bahan dari kayu dipilih karena alasan ringan dan sederhana. Sementara itu, bahan akrilik dipilih karena bentuknya yang lebih estetik.

Baca juga: 5 Alat Musik Populer Khas Indonesia
 

Cara Memainkkan Alat Musik Kalimba

Cara memainkan alat musik piano jempol ini bagi pemula sebenarnya cukup mudah. Genhype hanya cukup menekan ujung tuts Kalimba dengan ujung kuku jempol tangan, tapi tidak disarankan menggunakan telapak jempol tangan, karena akan meredam suara yang dihasilkan.

Namun, sebelum memainkan Kalimba, ada baiknya juga Genhype untuk mengenali komponen-komponen apa saja yang terdapat pada alat musik ini. Mulai dari cara memegang yang benar, teknik-teknik dasar, serta jumlah kunci nada yang dihasilkan.

Sebelum memainkan Kalimba disarankan juga untuk melakukan tuning atau stem pada setiap tuts alat musik ini agar nantinya nada yang dihasilkan tepat serta menghasilkan melodi yang harmonis. Untuk memudahkannya, Genhype juga bisa mengunduh aplikasi tune online dari Playstore atau App Store di gawai masing-masing. 
 

Manfaat Memainkan Instrumen Kalimba

Memainkan alat musik Kalimba juga memiliki banyak manfaat dan dampak positif bagi tubuh loh, Genhype. Selain memperbaiki suasana hati, alat musik melodi ini ternyata juga memiliki banyak manfaat sebagai berikut.
 

1. Sarana Mengkspresikan Diri

Musik pada dasaranya adalah media komunikasi untuk menyampaikan perasaan, emosi, dan cerita seseorang ke siapa saja yang mendengarkannya saat dimainkan. Sehingga dengan meminkan alat musik Kalimba, Genhype juga sedang mengekspresikan kegelisahan kalian.
 

2. Mengasah Kreativitas

Seorang yang sering memainkan alat musik biasanya juga memiliki kreativitas yang baik karena sering mencari nada-nada baru agar tercipta melodi yang harmonis saat instrumen musik dimainkan. Sehingga dengan sering memainkan Kalimba tanpa disadari juga akan mengasah kreativitas kalian
 

3. Memperbaiki Mood

Manfaat lain dari bermain musik adalah mampu mengurangi rasa sakit hingga tingkat depresi seseorang. Bahkan musik juga mampu meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik. Dengan Genhype memainkan Kalimba dan mendengarkan alunan musiknya yang lembut tentunya juga dapat mengontrol mood yang berantakan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Lincah & Humor Penari Balet Italia dalam Pertunjukan Balloon!

BERIKUTNYA

Menilik Sejarah Hari Guru Sedunia & 5 Cara Unik Merayakannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: