Batik (Sumber gambar: Artem Beliaikin/Unsplash)

Mau Tampil Stylish? Yuk Simak Ragam OOTD Batik Kekinian Buat Hangout

02 October 2022   |   10:17 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like
Menyambut Hari Batik Nasional pada 2 Oktober 2022 hari ini, sebagai warga Indonesia akan sangat baik jika kita menunjukkan dukungan terhadap warisan budaya Indonesia ini dengan mengenakannya. Batik merupakan kain tradisional Indonesia yang bergambar dan dibuat dengan cara khus seperti menulis atau menera kain.

Kerap dianggap kuno, siapa sangka jika batik bisa disulap menjadi kekinian dengan mix and match yang sesuai. Tidak hanya digunakan untuk acara undangan, batik juga bisa dikenakan untuk aktivitas nongkrong di kafe hingga hangout di mall.

Yuk simak beragam OOTD Batik yang kekinian untuk inspirasi Genhype di hari batik ini!

Baca juga5 Ide Tampil Kasual dengan Batik ala Dian Sastrowardoyo


1. Jadikan wrap skirt


Selain lebih sederhana, menjadikan batik sebagai wrap skirt juga akan memberi kesan modis dan kekinian. Penggunaan batik sebagai wrap skirt memang tengah booming di kalangan generasi Z baik bagi pria atau wanita.

Pilihlah warna batik yang netral seperti cream, lalu padukan dengan baggy pants dan satin shirt berwarna lebih terang seperti putih. Kamu bisa gunakan jaket berwarna broken white dengan cuttingan oversized. Jangan lupa tambahkan kacamata hitam dan high sneakers yang berwarna.
 

2. Padukan dengan cardigan dan wrap skirt berwarna gelap


Untuk warna batik yang gelap seperti hitam dengan sentuhan kuning kunyit, kamu bisa menggunakannya dengan teknik yang sama yakni wrap skirt. Namun untuk top, pilihlah warna gelap juga seperti biru navy atau hitam. Kemudian lengkapi dengan cardigan beraksen dan warna senada.


3. Tampil formal dengan batik dan blazer


Ingin menggunakan batik dengan tampilan formal namun tidak terlihat kaku? Lagi-lagi kamu bisa menjadikan batik berwarna terang sebagai wrap skirt yang panjang menutupi mata kaki. Gunakan manset hitam dan kalung favorit berwarna silver. Agar tampil formal namun tetap trendy, pakaikan blazer berwarna hitam dan bucket hat dengan warna yang sama.


4. Gunakan sebagai outer dress


Jika kamu ingin tampil lebih chic namun tetap formal, gunakan short dress lengan pendek berwarna terang, kemudian padukan dengan outer batik lengan pendek dengan panjang yang sama dengan dress yang dikenakan. Tampilan ini cocok dipadukan dengan heels dan hand bag berwarna netral.
 

5. Padukan dengan outer batik lengan panjang


Batik dapat digunakan sebagai outer lengan panjang yang tampak classy. Cukup menggunakan celana scuba dan inner top berwarna hitam, cukup padukan dengan outer lengan panjang yang memiliki motif dan warna cerah seperti merah, orange, atau biru.

Hindari tambahan aksesoris karena batik ini sudah memberikan kesan stand out pada outfit kamu. Menambahkan topi beret juga akan membuat tampilan semakin manis.
 

6. Balutan batik sebagai shoulder midi dress


Ternyata, batik juga bisa dimodifikasi dengan ragam cuttingan yang unik. Misalnya shoulder dress yang akan menampilkan kesan lebih feminim dan elegan. Paduan shoulder dress juga bisa dipadukan dengan tile di bagian atasnya. Balutan midi dress batik juga cocok digunakan bersama dengan heels berwarna cream.

Genhype, itulah beberapa OOTD Batik yang bisa kamu jadikan inspirasi di hari batik ini. Selamat Hari Batik Nasional!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Gamers Bersiap, Ini Daftar Game Terbaru yang Rilis Oktober 2022

BERIKUTNYA

8 Film Hollywood yang Tayang di Bioskop Oktober 2022, Ada Black Adam hingga The Woman King

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: