Ilustrasi dalang saat memainkan wayang. (Sumber gambar: Kemdikbud)

Tak Hanya Terkenal di Indonesia, 5 Maestro Dalang Ini Juga Mendunia

30 September 2022   |   13:14 WIB

Like
Sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Indonesia merupakan negara yang memiliki keberagaman budaya berbeda-beda di setiap daerah, salah satunya adalah seni pementasan wayang dengan sutradara utamanya yang disebut sebagai dalang.

Tak hanya satu, wayang di di Bumi Pertiwi juga memilki bermacam jenis, mulai dari wayang kulit, wayang rumput, wayang golek, hingga wayang motekar yang dapat dimainkan oleh sang dalang dengan gaya  khasnya masing-masing.

Sebagai sebuah seni adiluhung, kita pun patut berbangga hati, sebab UNESCO telah menetapkan wayang sebagai Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity pada 7 November 2003.

Tak hanya itu, organisasi dunia yang berbasis di London ini juga memasukkan wayang dalam daftar Warisan Budaya Takbenda UNESCO untuk kategori Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity pada 2008.

Baca jugaNanang Hape, Dalang Pertunjukan Wayang Urban yang Kekinian

Nah, berbicara wayang memang tak akan lengkap tanpa membahas sosok-sosok yang telah melestarikan budaya agung ini, yakni sang dalang yang merupakan aktor utama dalam pertunjukan semalam suntuk itu.

Bagi yang penasaran berikut Hypeabis.id rangkumkan dari berbagai sumber dalang-dalang wayang legendaris Indonesia yang tak hanya terkenal di dalam negeri, tapi lewat kiprahnya, namanya pun harum di mancanegara.
 

1. Ki Nartosabdo

Seniman satu ini bisa dibilang merupakan pembaharu di dunia pewayangan tradisional Jawa yang membuat gebrakan dengan memasukkan gending-gending yang hingga saat ini masih populer dinyanyikan sinden, bahkan diaransemen ulang oleh musisi modern Indonesia.

Lewat grup karawitannya yang bernama Condong Raos, Ki Nartosabdo setidaknya telah menciptakan sekitar 319 tembang, atau gending populer seperti, Caping Gunung, Gambang Suling, Ibu Pertiwi, Rujak Jeruk, Perahu Layar, dan masih banyak lagi.
 

2. Manteb Soedharsono

Dalang dari Karangpandan, Karanganyar, Jawa Tengah ini juga sosok legendaris di dunia pewayangan Indonesia dan Asia. Dikenal sebagai 'Dalang Setan', Ki Manteb Soedharsono merupakan pelopor seni pedalangan yang banyak memasukkan peralatan musik modern dalam pementasannya.

Baca jugaKi Manteb Soedharsono, Maestro Seni Wayang Kulit yang Bekerja dengan Hati
Sebagai seniman dalang, sepak terjang Ki Manteb dalam mengenalkan wayang sebagai budaya adiluhung dan warisan  bangsa Indonesia juga  telah dilakukan di berbagai negara di mancanegara loh Genhype.
 

ilustrasi Ki Manteb Soedharsono (sumber Unsplash/ Dino Januarsa)

ilustrasi Ki Manteb Soedharsono (sumber Unsplash/ Dino Januarsa)


Pada medio 1990 hingga 2000-an, dikutip dari CNN, Ki Manteb setidaknya telah mendalang di berbagai negara dunia, seperti Amerika Serikat, Jerman, Swiss, Jepang, Inggris, Thailand, Prancis, Suriname bahkan hingga di depan Raja Spanyol.
 

3. Asep Sunandar Sunarya

Siapa sih yang tak kenal dengan karakter Si Cepot yang lucu tapi kritis itu? Nah sosok dalang Asep Sunandar inilah yang memopulerkan karakter wayang golek khas Sunda tersebut pada masyarakat Indonesia dan dunia.

Lewat kepiawaiannya,seniman asal Bandung, Jawa Barat ini bahkan pernah menjadi dosen luar biasa di Institut International De La Marionette di Charleville, Prancis pada tahun 1993.  Setahun kemudian, dia juga melakukan tur pementasan wayang golek keliling Eropa.
 

4. Anom Suroto

Dalang asal kabupaten Klaten, Jawa Tengah ini juga merupakan sosok seniman pewayangan yang kiprahnya telah mendunia. Dikenal sebagai sosok dalang wayang kulit purwa, Ki Anom Suroto merupakan salah satu dalang terlaris di Indonesia pada masanya, yakni pada medio 1970-an.

Tak hanya di Indonesia, Anom Suroto hingga akhir abad ke-20 ini tercatat sebagai satu-satunya dalang dari Nusantara yang pernah pentas di lima benua dunia, antaranya di Amerika Serikat, Jerman Barat, Jepang, Spanyol, Australia, bahkan hingga Rusia.
 

5. Slamet Gundono

Sosok satu ini memang dikenal sebagai dalang mbeling yang sering mendobrak pakem-pakem konvensional seni pewayangan di Jawa lewat cerita dan media wayang suketnya yang dipentaskan dengan peralatan minimalis, salah satunya gitar gambus.

Slamet Gundono, dalam jagat pedalangan di Nusantara juga dikenal sebagai dalang kontemporer yang menggabungkan elemen pertunjukan wayang dengan seni multimedia lain, khususnya suluk, puisi, dan teater modern.


Keliaran dan kreatifitas Gundono pun tak berhenti di situ saja. Dia juga pernah menciptakan wayang nggremeng, wayang api, wayang air, hingga wayang dari gembus  atau ampas tahu untuk mengktritik kondisi sosial dan keadaan di Indonesia.

Baca jugaYuk Kenali Seluk-Beluk Wayang, Warisan Budaya Indonesia

Atas konsistensinya, pelantun suluk Kangen Barzanji ini pun akhirnya diganjar penghargaan pretisius dari pemerintah kerajaan Belanda, yakni Prince Claus Award pada tahun 2005 silam.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
SEBELUMNYA

Apakah Perlu Punya Asuransi Tambahan Selain BPJS? Begini Kata Pakar

BERIKUTNYA

Minum Jus Buah Ternyata Bisa Bikin Gemuk, Begini Penjelasan Medisnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: