Pantai Lampuuk kerap disebut sebagai Pantai Kuta di Aceh (sumber gambar ilustrasi: pexels/ Clem Onojeghuo)

Top, Destinasi Pantai Lampuuk di Aceh Wajib Masuk Daftar Liburan

29 September 2022   |   20:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Aceh menjadi salah satu daerah di Indonesia yang terkenal dengan wisata alamnya yang tidak boleh dilewati oleh para pelancong ketika berkunjung ke daerah yang kerap disebut sebagai Serambi Mekah tersebut. Salah satu dari banyak destinasi wisata alam di daerah ini, yang wajib masuk daftar adalah Pantai Lampuuk.

Dilansir dari laman Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Pantai Lampuuk kerap disebut sebagai Pantai Kuta di Aceh karena keindahannya yang dapat membuat para pelancong tidak ingin segera pulang. Memiliki garis pantai sepanjang 5 kilometer dari selatan ke utara, para pelancong dapat menikmati pasir putih bersih nan lembut.

Tebing karang di ujung pantai tersebut bahkan menambah sensasi tersendiri ketika para pelancong sudah berada di destinasi ini. Para wisatawan dapat banyak melakukan kegiatan ketika berada di Pantai Lampuuk, yakni mulai dari berselancar, berjemur, berenang, dan bahkan bermain banana boat.

Pelancong juga dapat menikmati kegiatan menarik yang mungkin tidak dapat ditemui di semua pantai di dalam negeri ketika berada di Pantai Lampuuk. Kegiatan itu adalah menyaksikan upaya pelestarian penyu.

Pengunjung juga bisa ikut dalam melepas tukik atau anak penyu ke laut lepas. Selain mendapatkan keseruannya, siapapun yang ke sini juga bisa ikut andil dalam menjaga kelestarian alam ketika ikut melepaskan hewan lucu dan imut itu ke habitat aslinya.

Pantai tersebut tidak hanya tentang pasir, laut, dan fauna yang ada di laut, tetapi wisatawan juga bisa menikmati cottage yang ada di kawasan pantai. Sambil terus menikmati keindahan pantai Lampuuk dengan suara deburan ombaknya, wisatawan juga bisa menikmati beragam kuliner laut yang disajikan para penjaja makanan yang ada di sekitar pantai.

Menikmati ikan bakar dengan menikmati suara deburan air laut adalah kenikmatan yang tiada tara. Pantai Lampuuk terletak di Desa Meunasah Masjid, Lhoknga, Aceh Besar. Destinasi wisata yang satu ini tidak jauh dari pusat kota Banda Aceh.

Jika melihat Google Maps, jarak tempuh Pantau Lampuuk dari Kota Banda Aceh adalah sekitar 16,8 kilometer. Para pelancong hanya memerlukan waktu sekitar 31 menit dengan menggunakan kendaraan mobil. Genhype bisa mengikuti Jl. Teuku Umar ke Jl. Cut Nyak Dhien jika titik awalnya adalah Museum Tsunami Aceh yang berada di Jl. Sultan Iskandar Muda, Kota Banda Aceh.

Kemudian, wisatawan juga dapat mengambil rute Jl. Banda Aceh – Calang atau Jl. Lintas Barat Sumatra serta rute Jl. Meulaboh – Banda Aceh ke Jl. Lap. Gol Lampuuk di Weuraya. Pengunjung juga bisa melalui rute Jl. Lap. Golf Lampuuk, Jl. Raya Lampuuk, dan Jl. Pantai Lampuuk.  


Rating tinggi 

Berdasarkan laman Tripadvisor yang dilihat Hypeabis.id, Pantai Lampuuk memiliki rating 4,5 dari 5 dengan 234 pengulas. Rata-rata para pengunjung sangat menikmati keindahan pantai tersebut. Akun Nenihamzah, sebagai contoh, menuliskan bahwa Pantai Lampuuk bersih dengan ombak yang tidak terlalu besar. Para pengunjung bahkan dinilai bisa menikmati snorkeling selain bermain banana boat.

Sementara akun Iman Sadesmeli menuliskan kisah pengalamannua yang sudah sering ke Banda Aceh. Namun, baru pertama kali berkunjung ke kawasan Pantai Lampuuk. Menurutnya, ada beberapa titik yang bisa dipilih oleh para pengunjung ketika berada di pantai ini.

Salah satu titik tersebut adalah titik sunset, yakni pengunjung bisa menikmati sunset jika beruntug. Baik Iman maupun Nenihamzah memberikan rating 4.0 untuk Pantai Lampuuk di laman Tripadvisor.


Editor: Roni Yunianto

 

SEBELUMNYA

6 Cara Merawat Ban Mobil Ini Wajib Dilakukan Berkala

BERIKUTNYA

Simak Rincian Harga & Ketentuan Tiket Soundrenaline 2022 di Jakarta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: