Ilustrasi makanan dan minuman rekomendasi setelah menonton konser (Sumber gambar: Freepik)

5 Super Food untuk Pulihkan Tenaga Setelah Nonton Konser Semalaman

28 September 2022   |   12:40 WIB
Image
Chelsea Venda Hypeabis.id

Tubuh terasa capek dan pegal-pegal setelah menonton konser? Tenang, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Salah satunya ialah dengan mengonsumsi sejumlah makanan dan minuman yang bisa membantu memulihkan tenaga atau stamina.

Menonton konser memang aktivitas sederhana. Namun, siapa sangka aktivitas tersebut sebenarnya menghabiskan banyak tenaga, loh. Sebab, tubuh dipaksa untuk berdiri dalam waktu yang lama saat menikmati konser. Belum lagi saat kita loncat-loncat saking menikmati lagu-lagu yang dibawakan para musisi di atas panggung.

Oleh karena itu, wajar saja bila setelah pulang konser, badan terasa capek dan pegal-pegal. Namun, jangan khawatir, dokter Berian Rachmanadi punya tip biar badan cepat pulih dari capek dengan mengonsumsi makanan atau minuman tertentu.

Baca juga: 5 Tip Mengatasi Pegal-Pegal Sehabis Menonton Konser

Penasaran makanan atau minuman apa saja yang direkomendasikan dikonsumsi setelah konser? Simak ulasan berikut ini


1. Semangka

Semangka merupakan buah yang baik untuk pemulihan tubuh setelah semalaman menonton konser. Kamu bisa memakan buah tersebut secara langsung maupun membuatnya menjadi jus. Keduanya sama-sama memiliki manfaat yang sama.

Semangka adalah buah yang tinggi air dan akan membantu menjaga hidrasi tubuh. Tubuh pun akan terhindar dari risiko dehidrasi setelah kita mungkin tidak banyak minum saat konser. Sebuah penelitian dari Journal of Agricultural and Food Chemistry juga menyebut jus semangka punya manfaat mengurangi nyeri otot dan capek-capek.


2. Ikan Berlemak

Ikan dikenal sebagai salah satu sumber protein yang baik bagi tubuh. Selain itu, memakan ikan juga bisa melengkapi gizi dan nutrisi harian. Tentu hal tersebut penting untuk membantu pemulihan lebih cepat.

Selain itu, ikan juga bisa mencukupi kebutuhan vitamin D dan vitamin B6 yang dapat meningkatkan melatonin dan serotonon sehingga memicu rasa kantuk. Dengan demikian, tidur pun jadi terasa lebih berkualitas. Dokter Berian merekomendasikan untuk mengonsumsi ikan-ikan berlemak, seperti salmon maupun sarden.


3. Telur

Telur merupakan makanan yang kaya akan protein, vitamin, dan mineral yang dapat membantu stimulasi penyembuhan otot. Protein ini berperan penting dalam pembentukan dan perbaikan hampir semua fungsi sel di dalam tubuh.

Pada dasarnya, tubuh memang membutuhkan protein untuk menjalankan proses metabolisme, membentuk energi, dan sebagainya. Konsumsi telur bisa membantu tubuh mendapat asupan protein untuk menjalankan fungsi-fungsi tersebut.


4. Olahan Susu

Dairy product adalah susu atau makanan maupun minuman lain hasil dari olahan susu. Kamu bisa mengonsumsi susu, krim, keju, yogurt, dan sebagainya. Produk-produk tersebut dapat membantu tubuh meningkatkan metabolisme.

Metabolisme tubuh penting dijaga agar segala kandungan dan asupan dari makanan yang dikonsumsi bisa dikonversikan menjadi energi baru bagi tubuh. Susu juga umumnya dipakai untuk membantu proses pemulihan tubuh setelah mengalami sakit.
 

5. Kopi

Meminum kopi sebelum atau sesudah menonton konser ternyata juga direkomendasikan karena punya manfaat yang baik bagi tubuh. Meminum kopi dapat membantu mengurangi pegal-pegal setelah kegiatan fisik yang padat, tak terkecuali menonton konser.

Namun, meminum kopi juga tidak boleh sembarangan, apalagi bagi yang tidak terbiasa. Sebab, kafein di dalam kopi bisa membuat tubuh meningkatkan perasaan cemas, jantung berdebar, sakit perut, dan sebagainya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
SEBELUMNYA

Cek Spesifikasi Lengkap Osmo Mobile 6, Gimbal DJI Generasi Terbaru untuk Smartphone

BERIKUTNYA

Daftar Line Up Phase 1 DWP 2022, Yuk Cek Harga Tiket & Cara Belinya!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: