Pameran Ilustrasiana digelar sebagai salah satu rangkaian HUT Ke-40 Bentara Budaya (Sumber gambar: Bentara Budaya)

Ulang Tahun Ke-40, Bentara Budaya Suguhkan Ragam Acara Kesenian & Kebudayaan

26 September 2022   |   23:38 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

Like
Lembaga kebudayaan Bentara Budaya pada hari ini, Senin 26 September 2022 merayakan hari ulang tahun (HUT) yang ke-40. Dalam rangka memeriahkan hari jadinya itu, Bentara Budaya menyelenggarakan rangkaian acara kesenian dan kebudayaan, yang melibatkan banyak seniman dari berbagai penjuru Tanah Air. 

Mengangkat tema Bentara untuk Indonesia, Bentara Budaya mengadakan pameran, pertunjukan, webinar, siniar (podcast), dan penghargaan budaya yang berlangsung secara hibrida di 2 lokasi, tidak lain adalah Bentara Budaya Jakarta dan Bentara Budaya Yogyakarta.

Senin malam, Puncak HUT ke-40 Bentara Budaya dirayakan dalam bentuk jagongan seni. Sejumlah seniman dari lintas sektor dan generasi mengucapkan selamat atas perayaan ulang tahun Bentara Budaya, salah satunya adalah duo musisi Endah n Rhesa.

“Semoga Bentara Budaya menjadi wadah tempat untuk berkreativitas, berkesenian dan berkebudayaan dan semangat atas pamerannya” kata mereka. 

Baca juga: Catat, Ini 5 Gelaran Seni Budaya yang Digelar Oktober 2022

Malam syukuran itu makin terasa lengkap karena dimeriahkan oleh sejumlah penampilan seni pertunjukan. Mulai dari penampilan penyanyi keroncong kekinian Endah Laras bersama Woro Mustiko, suka cita meriah ala Jogja Hiphop Foundation (JHF), hingga komunitas Jazz Mben Senen. 

Pada saat yang bersamaan bersamaan, lembaga itu juga meluncurkan Podcast Bentara Budaya, sebagai ruang untuk menggali proses kreatif para seniman yang ada di seluruh penjuru Indonesia. Podcast tersebut nantinya akan ditayangkan di kanal YouTube Bentara Budaya.
 

Rangkaian Acara HUT Bentara Budaya

Kegiatan perayaan HUT Bentara Budaya telah dimulai sejak Agustus lalu, dengan pameran bertajuk Ilustrasiana Goes to Jogja pada 12-21 Agustus 2022, yang menampilkan 23 ilustrator. Disusul dengan Pameran Audio Lawasan Pelantang, menampilkan pelantang atau pengeras suara dengan berbagai bentuk yang diproduksi sekitar tahun 1930-1950.

Berlanjut ke Pameran Fotografi Memoar Orang-Orang Singkawang, Pameran Keramik Singkawang Koleksi Bentara Budaya, Pameran Ilustrasiana Jakarta, Webinar bertajuk Eh Hantu Tak Pernah Mati: Horor dalam Budaya Populer Kita.  

Selain itu, ada juga beberapa acara yang masih berlangsung. Misalnya Pameran Seni Rupa Ajur Ajer (Bentara Budaya Yogyakarta, 22 September - 2 Oktober 2022), Pameran Seraut Wajah Indonesia di Kanvas Kita : 77 Lukisan karya 40 Perupa Indonesia Koleksi Bentara Budaya (Bentara Budaya Jakarta, 26 September - 2 Oktober 2022), dan Temu Sinden (Omah Petruk Yogyakarta, 27 September 2022).
 

Malam puncak perayaan hari ulang tahun ini juga menjadi penanda dibukanya dua pameran. Pertama, Pameran Seni Rupa Ajur Ajer di Bentara Budaya Yogyakarta yang diikuti sebanyak 25 perupa dengan tema yang berarti ajakan untuk membaur dan bersama seniman memajukan kesenian.

Kedua, pameran yang bertajuk: Seraut Wajah Indonesia di Kanvas Kita: Pameran 77 Lukisan Karya 40 Perupa Indonesia Koleksi Bentara Budaya yang diselenggarakan di Bentara Budaya Jakarta. Seperti namanya, pameran ini menampilkan 77 lukisan karya 40 perupa, di antaranya adalah Ahmad Sadali, Affandi, Agus Djaja, Aming Prayitno, Hendra Gunawan, Popo Iskandar, dan yang lainnya. 

Sesuai dengan tajuknya yang merujuk pada nama “Indonesia”, karya lukisan pada pameran ini menunjukkan pemandangan alam Tanah Air yang indah, kekayaan flora fauna yang eksotik, keberagaman adat budaya, hingga peninggalan masa lalu seperti candi, keraton, kejadian perang, dan lain-lain. Begitu juga dengan sosok manusia dengan wajah yang khas, roman dan gestur rakyat.

Adapun, sebagai penutup rangkaian HUT ke-40 Bentara Budaya, rencananya pada 27 September akan diadakan Temu Sinden di Omah Petruk di Pakem, Wonorejo, Hargobinangun, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Selamat ulang tahun Bendara Budaya! 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
SEBELUMNYA

Hibah Hingga Titip Sewa, Begini 4 Cara Unik Memanfaatkan Tumpukan Buku di Rumah!

BERIKUTNYA

Keren, 2 Pelajar Indonesia Borong Medali Emas di Ajang World Scholar's Cup

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: