Ilustrasi karnaval sebagai salah satu acara seni budaya (Sumber gambar: Unsplash/ Angga Indratama)

Catat, Ini 5 Gelaran Seni Budaya Sepanjang Oktober 2022 di Indonesia

25 September 2022   |   14:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Oktober tinggal menghitung hari. Pada bulan kesepuluh kalender Gregorian ini, para pegiat dan penggemar seni budaya harus siap-siap. Pasalnya, bakalan ada banyak acara seru yang pantang untuk dilewatkan, dan tentunya bisa menambah wawasan dan khazanah informasi kita. 

Tak hanya identik dengan Hari Sumpah Pemuda, Hari Batik, Kesaktian Pancasila, Hari Guru Sedunia, atau Hari Penerbangan Nasional, ternyata di Oktober tahun ini akan ada rangkaian event budaya dan seni yang pastinya seru untuk diikuti di  berbagai penjuru Tanah Air.

Nah, bagi kalian yang ingin mengenal lebih dekat tradisi, aktualitas ilmu, dan keanekaragaman budaya di Indonesia melalui acara-acara tersebut, berikut Hypeabis.id rangkum 5 acara atau gelaran seni dan budaya yang akan hadir di pada Oktober 2022.

Baca juga: 4 Karya Seni Kontroversial yang Mengubah Paradigma dan Sejarah Seni 
 

1. Solo Batik Carnival

 

Acara tahunan yang diadakan Pemkot Surakarta ini dijadwalkan berlangsung pada 2 Oktober 2022. Pada gelaran ini, masyarakat kota Solo akan mengikuti karnaval dengan mengenakan kostum-kostum batik terbaik dan melenggang bersama di Jalan Slamet Riyadi, Solo, Jawa Tengah.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada penyelenggaraan ke-15 kali ini, Solo Batik Carnival (SBC) juga menerapkan konsep transformasi digital Metaverse yang memungkinkan karnaval tersebut disaksikan di dunia nyata dan maya.

Mengusung tema Metaverse The Precious Legacy, tentunya acara ini patut untuk ditonton sambil menikmati keindahan kota Solo dan mencoba berbagai kuliner khas mereka seperti, Thengkleng, Nasi Liwet, dan Sate yang tentunya ramah di kantong.
 

2. Nusa Penida Festival

Setelah absen dua tahun akibat pandemi, Nusa Penida Festival bakal kembali digelar secara offline pada 5-7 Oktober 2022, dengan mengambil lokasi di Pantai Nusa Lembongan, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

Tak hanya eksotisme pesona alamnya yang asri, dalam festival ini Genhype juga akan menyaksikan keunikan budaya Bali melalui tarian Baris Jangkang yang dilakukan oleh ratusan penari pria dan wanita saat festival berlangsung. 

Selain itu, pada festival ini kalian juga akan diberitahu bagaimana mengelola wilayah pesisir dengan kearifan lokal, menjaga kelestarian lingkungan dan kreativitas seni, serta mendukung ekonomi dan kegiatan masyarakat yang terus berkelanjutan. 
 

3. Wayang Jogja Night Carnival

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by JOGJA (@jogjainfo)


Tidak kalah dengan saudara tuanya, kota Solo, Yogyakarta juga akan menggelar festival wayang pada 7 Oktober 2022, sebagai bagian dari rangkaian puncak acara hari jadi Kota Gudeg yang ke-266 tahun tersebut.

Mengusung tajuk Lokananta Arjuna Anugraha, nama perangkat sebuah gamelan dari cerita pewayangan, festival tahun ini akan digelar di area Jalan Tugu Yogyakarta dengan melibatkan 14 Kemantren, atau wilayah administrasi di DIY.

Mereka juga akan membawakan tema-tema kostum penokohan wayang seperti Bathara Guru, Bathara Durga, Arjuna, Bathara Gana/Ganesha, Bathara Supraba dan masih banyak lagi yang tentunya sayang untuk dilewatkan. 
 

4. Festival Takabonerate

Berlangsung pada 23-28 Oktober 2022 di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, dalam festival ini Genhype dapat menikmati acara-acara seru seperti, Selayar Fishing Competition, Selayar Expo, lomba tarik tambang di atas perahu, hingga Festival Bajo.

Tak hanya itu, kalian juga dapat menikmati pementasan seni dan budaya lintas Kabupaten/Kota se-SulawesiSelatan, seperti tarian massal, gala dinner, hingga melakukan eksplorasi destinasi wisata di Taman Nasional Taka Bonerate. 
 

5. Ubud Writers & Readers Fest

 

Nah, bagi yang suka karya seni dan sastra, acara yang juga digelar di Pulau Dewata, Ubud, ini pas banget buat Genhype. Karena di sini kalian dapat berinteraksi  secara langsung dengan para penulis Indonesia dan dunia yang karya-karyanya sudah terkenal.

Pada gelarannya yang berlangsung pada 27-30 Oktober 2022 kali ini, Ubud Writers & Readers Fest akan mengangkat tajuk Memayu Hayuning Bawana, yang dalam Bahasa Bali artinya menyatukan kemanusiaan.

Beberapa penulis populer dari mancanegara yang akan hadir salah satunya adalah Audrey Magee, seorang novelis yang novel debutnya masuk nominasi Baileys Women's Prize untuk fiksi. Tak hanya itu, acara ini juga akan menghadirkan penulis-penulis muda berbakat dari dalam dan luar negeri.  

Nah, itulah dia 5 gelaran seni dan budaya yang dapat kalian saksikan di bulan Oktober 2022 mendatang Genhype. Sudah berencana mau mengunjungi festival yang mana nih?
 
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Perhatikan Hal-Hal Ini Sebelum Beli iPhone Seri Lama 

BERIKUTNYA

Noktah Merah Perkawinan, Ngeselin Kayak Sinetron Tapi Elegan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: