Berwisata tak bisa dilakukan semaunya, ada beberapa etika yang perlu diperhatikan (Sumber gambar : Unsplash)

Ini 5 Etika Berwisata yang Perlu Kalian Ketahui & Lakukan

27 September 2022   |   06:00 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Para pencinta dan pegiat pariwisata tentu sudah tahu bahwa setiap tanggal 27 September diperingati sebagai World Tourism Day atau Hari Pariwisata Dunia yang ditetapkan oleh Organisasi Pariwisata Dunia atau United Nations World Tourism Organization (UNWTO)

Nah, momentum ini diadakan untuk mendorong perkembangan pariwisata di berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Dalam rangka hari pariwisata ini kita bisa loh merayakannya dengan menjadi wisatawan lokal yang beretika dan menebar kebaikan sehingga dapat mendorong perkembangan pariwisat di dalam negeri.

Supaya enggak salah, berikut ini adalah beberapa etika yang perlu diperhatikan para pelancong saat berlibur di destinasi-destinasi wisata: 

Baca juga: 5 Tips Mudah Membuat Itinerary Sebelum Traveling, Liburan Jadi Enggak Ribet 
 

1. Menggunakan Transportasi Umum

Ketika melakukan perjalanan liburan atau traveling, usahakan untuk menggunakan angkutan umum selama di tempat tujuan. Cara ini tentunya dapat menghemat bahan bakar dan uang.
Bila semua wisatawan menggunakan metode ini, maka kita bisa membantu menjaga lingkungan dari polusi udara akibat penggunaan transportasi.
 

2. Patuhi Adat Istiadat Setempat

Sebagai wisatawan yang belum mengetahui seluk beluk tujuan liburan yang disinggahi, kamu sebaiknya mematuhi peraturan tertulis dan juga peraturan tidak tertulis yang ada di destinasi tujuan. Hal ini merupakan suatu tindakan yang patut diapresiasi, karena kamu telah menghargai dan menghormati lingkungan dan penduduk lokal di tempat kamu berlibur.
 

3. Bawa Kantong Belanja & Tidak Buang Sampah Sembarangan

Untuk mengurangi penggunaan kantong plastik, biasakan membawa kantong belanja sendiri. Pilih kantong belanja yang bisa dilipat dengan ringkas. Selain itu, pastikan sampah yang kamu bawa dibuang ke tempat semestinya. Hal ini perlu dilakukan agar kelestarian dan keasrian tempat wisata tetap terjaga. 

Jika di tempat wisata yang kamu kunjungi tidak ada tempat sampahnya, kamu bisa menyimpan sementara sampah tersebut di tas atau kantong pakaian. Selain itu, akan lebih baik jika kamu memisahkan sampah yang dibuang berdasarkan jenisnya. Meski terlihat sangat sederhana, tetapi hal mempunyai dampak yang sangat besar bagi lingkungan serta kelestarian alam di tempat kamu berlibur.
 

4. Lestarikan Flora & Fauna

Jika tempat yang kamu kunjungi masuk dalam kategori wisata alam, jangan sampai merusak ekosistem flora dan fauna di tempat tersebut. Hal ini sangat penting dilakukan saat kamu berlibur ke tempat wisata alam. Sebab, bukan hanya kamu saja yang ada di sana, tetapi banyak juga hewan dan tumbuhan liar yang berhabitat di lingkungan wisata.

Jangan sekali-kali kalian merusak habitat makhluk hidup lain saat kamu berwisata, baik itu mengganggu hewan ataupun merusak tanaman yang ada. Hargai dan sayangi mereka agar liburan kamu lebih bermakna. 
 

5. Ramah, Sopan & Membantu Warga Setempat

Ketika kamu berlibur cobalah selalu bersikap sopan dan ramah dengan warga lokal. Dengan menerapkan sifat ini, warga lokal juga pasti akan melakukan hal yang sama seperti yang kamu lakukan.Sikap ramah tidak hanya ditujukan kepada sesama, tetapi juga ke lingkungan sekitar.

Bagaimana sikap kita dalam menghargai dan menjaga lingkungan tempat kita berwisata, merupakan salah satu bentuk sikap ramah terhadap lingkungan. Sikap ramah terhadap lingkungan jangan hanya diterapkan pada lingkungan daratan yang menjadi tempat kita tinggal dan menetap saja, tetapi ikut menjaga kelestarian lingkungan ekosistem juga menjadi tanggung jawab kita. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Pakar Marketing Kasih Saran Cara Hadapi Brand Terrorist

BERIKUTNYA

6 Foto Terlarang tentang Korea Utara Ini Ungkap Kehidupan Nyata di Negeri Kim Jong Un

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: