Ilustrasi orang yang sedang sendirian-Amir Hosseini (Unsplash)

7 Tips Agar Hidup Tetap Terasa Bahagia Meskipun Sendirian

26 June 2021   |   00:11 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Bagi beberapa orang, menghabiskan waktu dengan diri mereka sendiri bukan lantas menjadi suatu hal yang menyedihkan. Hidup sendiri adalah pilihan, terutama setelah mereka mengalami beberapa hal dan menjadikan pilihan itu sebagai keputusan terbaik untuk saat ini.

Sendiri bukan berarti kamu kesepian. Terlepas dari banyaknya pendapat tentang menyendiri, itu sebenarnya adalah salah satu praktik yang sehat untuk mengenal diri sendiri lebih baik, meningkatkan kesehatan mental, dan membangun hubungan yang baik dengan diri sendiri.

Nah, berikut ini ada 7 cara yang bisa dilakukan agar kamu bisa bahagia meskipun sendirian.

1. Belajar sesuatu yang baru
 

Ilustrasi (Dok. Taryn Elliot/Pexels)

Ilustrasi (Dok. Taryn Elliot/Pexels)


Kebanyakan orang benci sendirian karena mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan di waktu luang mereka. Cara terbaik untuk menghabiskan waktu kamu adalah dengan melakukan beberapa aktivitas atau mencoba hobi baru. Membaca, melukis, atau menari adalah hal-hal yang menyenangkan yang bisa dilakukan sehingga membantu kamu terhubung dengan diri sendiri dengan cara yang lebih baik.

2. Jangan membandingkan diri sendiri
 

Ilustrasi (Dok Plann/Pexels)

Ilustrasi (Dok Plann/Pexels)


Salah satu alasan orang tidak bahagia adalah karena membandingkan hidupnya dengan orang lain. Mengintip teman atau kerabat di media sosial dan membandingkan hidup kamu dengan mereka hanya akan membawa kekecewaan. Mem-posting potret bahagia di media sosial tidak berarti mereka benar-benar bahagia. Kamu perlu ingat bahwa setiap individu berbeda dan mereka memiliki problem tersendiri yang perlu dihadapi.

3. Rehat sejenak dari media sosial
 

Ilustrasi (Dok.Clem Onojeghuo/Pexels)

Ilustrasi (Dok.Clem Onojeghuo/Pexels)


Media sosial bisa benar-benar membuat dunia menjadi lebih kecil di mana kamu bisa terhubung dengan seluruh manusia di dunia. Tetapi itu juga menimbulkan kecemasan dan tingkat stres di antara penggunanya. Jika kamu berniat untuk tetap bahagia dan menghabiskan waktu berkualitas dengan diri sendiri, istirahatlah dari media sosial untuk sementara waktu.

4. Manjakan diri sendiri
 

Ilustrasi (Dok. Alexandr Podvalny/Pexels)

Ilustrasi (Dok. Alexandr Podvalny/Pexels)


Setelah sibuk bekerja, memanjakan diri sendiri dapat membantu kamu untuk rileks dan mengumpulkan ulang energi baru. Kamu bisa pergi ke restoran favorit kamu atau ke salon sebagai cara untuk memanjakan diri dan untuk membahagiakan diri sendiri.
 
1
2


SEBELUMNYA

Fantastis, Gulungan Lukisan Abad ke-18 dari Tiongkok Terjual US$ 65 Juta pada Acara Lelang

BERIKUTNYA

Hoshi SEVENTEEN Kejutkan Penggemar dengan Merilis Single Tiger Power

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: