Ilustrasi micro cheating (Sumber gambar: Keira Burton/Pexels)

Mengenal Micro Cheating, Istilah Selingkuh Tipis yang Tenar di Kalangan Gen Z

23 September 2022   |   13:43 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like
Kata selingkuh kembali ramai dibahas di media sosial. Identik sebagai problematika dalam hubungan pasangan, selingkuh kerap menjadi salah satu masalah kuat dalam hubungan. Bahkan selingkuh bisa hadir dalam bentuk kecil dan sepele yang berujung merusak hubungan asmara jangka panjang.

Sering disebut sebagai kebiasaan buruk dalam hubungan, selingkuh ditandai sebagai sikap tidak setia kepada satu pasangan. Banyak faktor yang mendorong selingkuh, seperti adanya konflik dan perasaan yang tidak pernah puas.

Ternyata ada beberapa tanda selingkuh yang dianggap sepele yang namun menandai sifat dan perlaku seseorang yang suka selingkuh. Tanda selingkuh 'tipis-tipis' ini dikenal sebagai micro cheating.

Micro cheating adalah istilah yang menggambarkan sikap yang secara umum tidak disebutkan sebagai selingkuh, namun memiliki beberapa tanda kecil yang mengarah pada sikap selingkuh. Misalnya sikap tidak jujur, membuat rahasia dalam hubungan komiten, hingga melakukan sikap kecil yang menyakiti hati pasangan.

Baca jugaViral Layangan Putus, Ini 8 Motif Orang Pilih Selingkuh

Dilansir dari choosing therapy, micro cheating berisi kumpulan sikap menyakiti pasangan satu sama lain yang dilakukan tanpa disadari. Meski tampak sepele, tidak sedikit hubungan pasangan yang hancur karena hal ini. Perilaku micro cheating dapat melanggar komitmen dan kepercayaan diantara pasangan meski tidak diatur secara tertulis.

Beberapa contoh micro cheating adalah berusaha ekstra untuk tampil menarik didepan lawan jenis yang bukan pasangannya, stalking media sosial mantan pasangan, menggoda orang lain selain pasangan, menjaga komunikasi secara teratur dengan seseorang yang menyukaimu, dan banyak lainnya.
 

Tanda Micro Cheating

Ilustrasi micro cheating (Sumber gambar: Cotton Bro/Pexels)

Ilustrasi micro cheating (Sumber gambar: Cotton Bro/Pexels)
 

1. Kebohongan terstruktur.

Kebohongan yang dibuat sedemikian rupa merupakan tanda dari micro cheating. Meski kebohongan bersifat kecil bahkan sepele, frekuensi seringnya melakukan kebohongan tak seberapa ini justru berdampak jauh bagi kesehatan hubungan yang sedang dibangun.
 

2. Tidak fokus saat ngobrol.

Orang yang melakukan micro cheating mungkin akan menampilkan kesan sibuk sendiri, tampak terganggu dengan pembicaraan, hingga tidak fokus saat mengobrol. Seolah-olah pikiran mereka tidak sedang bersama raga mereka dalam percapakan tersebut.
 

3. Melewati batas hubungan.

Melewati batas hubungan menjadi tanda jelas dari micro cheating. Mereka akan melakukan hal-hal kecil yang sebenernya sudah melintasi batas-batas komitmen kepercayaan dan kesetiaan. Misalnya, berkomunikasi intens dengan mantan pasangan.

Baca jugaCurhat ke Lawan Jenis Memicu Selingkuh, Apa Benar?
 

4. Bersikap defensif.

Sikap menyangkal saat kamu mengetahui pasangan telah melakukan micro cheating semakin memperjelas tanda selingkuh 'tipis-tipis' ini. Sama dengan sikap selingkuh pada umumnya, mereka akan terus menyangkal melakukan kesalahan meski bukti telah ditunjukkan. Waspada juga terahadap sikap play victim dan gaslighting sebagai pendanda micro cheating.

Agar micro cheating tidak terjadi, lakukan pemnbicaraan terbuka dan selalu menjadi diri sendiri di depan pasangan. Hubungan dapat berjalan sehat dengan melakukan pembicaraan yang terbuka dan mendalam serta membuat batasan hubungan sesuai yang telah disepakati bersama pasangan. Bagaimana Genhype, apakah kamu menemukan tanda-tanda micro cheating ini pada pasanganmu?

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Referensi Wallpaper Kece Sulap Kamar Kos Jadi Makin Estetik

BERIKUTNYA

Fakta-Fakta Mengenai Penyakit Hernia Inguinalis, Sering Terjadi pada Pria

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: