ilustrasi bisnis jasa (sumber gambar : convertkit/unsplash)

Ini Dia Lima Rekomendasi Bisnis di Bidang Jasa Minim Modal

22 September 2022   |   16:26 WIB
Image
Dewi Andriani Hypeabis.id

Bagi Genhype yang saat ini sedang ingin memulai bisnis dengan minim  modal  dan kalian punya keahlian atau passion khusus, bisa mencoba untuk memulai bisnis di bidang jasa. Pada dasarnya bisnis di bidang jasa ini tidak melibatkan jual beli produk, sebab hanya perlu menawarkan jasa atau keahlian yang kalian miliki.

Mengembangkan  bisnis di bidang jasa ini tidak membutuhkan modal besar untuk memulainya karena hanya menggunakan peralatan dan perlengkapan yang memang sudah kalian gunakan sehari-hari. Menariknya lagi, bisnis di bidang jasa ini juga bisa dijalankan dari rumah atau dari mana pun juga tanpa harus terikat di suatu tempat tertentu.

Baca juga: Punya Passion di Bidang Pendidikan? Cek 4 Ide Bisnis Modal Minim Ini

Meski tak perlu mengeluarkan modal besar, bisnis di bidang jasa ini juga bisa mendapatkan keuntungan yang cukup menggiurkan loh Genhype. Peluang bisnisnya pun kini  terbuka luas karena makin banyak orang atau klien yang membutuhkan jasa di bidang tertentu.

Penasaran, apa saja bisnis di bidang jasa yang bisa kalian jalankan dengan modal minim. Berikut rekomendasinya.


1. Jasa Penerjemah

Bagi kalian yang memiliki keahlian di bidang bahasa kalian bisa menawarkan jasa penerjemah, apalagi jika sudah menjadi seorang  penerjemah tersempah yang sudah tersertifikasi. Memang saat ini sudah ada teknologi Google translate, tetapi tetap saja jasa penerjamah ini masih sangat dibutuhkan apalagi jika harus menerjemahkan dokumen-dokumen penting, baik untuk bahan penelitian, buku, dan lain sebagainya.

Selain itu, jasa seorang penerjemah ini juga sangat penting untuk kebutuhan hubungan internasional. Sebab, mereka perlu menerjemahkan dengan benar dan sesuai konteks bahasa-bahasa atau surat perjanjian, kontrak, dan lain sebagainya.

Nah, bagi kalian yang ingin menawarkan bisnis sebagai seorang translator atau jasa penerjemah, bisa menentukan target pasarnya apakah untuk kenegaraan, perusahaan, akademis, dan lain sebagainya. Untuk mengembangkan kemampuan berbahasa, kalian juga bisa mengikuti kursus atau menjadi seorang jasa penerjemah tersumpah yang sudah tersertifikasi. Semakin tinggi keahlian, tentu posisi tawar kalian akan menjadi lebih tinggi.

Untuk memulai usaha ini, kalian perlu mengeluarkan modal besar. Hanya cukup memiliki laptop, printer, dan perlengkapan lain yang memang sudah kalian miliki. Selain itu, kalian bisa menawarkan jasa melalui website, media sosial, atau portal yang khusus menawarkan jasa freelancer atau jasa penerjemah.


2. Jasa Penulisan Artikel/Content Writer

Kalau ini cocok untuk kalian yang memang hobi menulis. Dari hobi sederhana ini kalian bisa mengembangkannya menjadi bisnis yang menjanjikan. Apalagi saat ini makin banyak perusahaan baik kecil maupun besar yang membutuhkan seorang penulis konten di website atau platform digital miliknya tujuannya untuk mengoptimasi website sekaligus meningkatkan brand image perusahaan.

Namun, untuk menjadi seorang content writer kalian juga harus kreatif membuat tulisan-tulisan yang menarik dan memang sejalan atau berhubungan dengan profil atau website perusahaan.

Selain topik dan tulisan yang menarik dan mampu mempersuasi, juga pemilihan gambarnya juga harus disesuaikan sehingga akan menarik lebih banyak pembaca berkunjung ke website atau platform tersebut yang pada akhirnya dapat mendorong mereka membeli produk yang ditawarkan melalui konten dalam tulisan.

Jika kalian ingin mengembangkan bisnis di bidang ini, modal yang diperlukan hanyalah laptop untuk menulis serta ide-ide yang segar dan kreatif. Karena itu seorang penulis atau content writer harus rajin membaca dan memiliki pengetahuan yang luas. Kalian bisa menawarkan jasa penulisan kalian kepada perusahaan atau membuat akun media sosial atau website khusus untuk menawarkan jasa kalian. Bisa juga mendaftar melalui portal freelancer.


3. Jasa Fotografi/Videografi

Pada era teknologi yang makin berkembang saat ini jasa seorang fotografer dan videografer menjadi sangat dibutuhkan. Bukan hanya oleh perusahaan besar saja bahkan pelaku UMKM kini banyak yang membutuhkan jasa seorang fotografer untuk mengambil foto produk yang menarik yang nantinya akan dibagikan di media sosial.

Selain foto, jasa seorang videografer juga tak kalah pentingnya. Apalagi tak sedikit perusahaan yang kini memiliki kanal youtube yang digunakan untuk mempromosikan bisnis dan produk mereka sekaligus meningkatkan brand image.

Perusahaan pasti akan sulit jika harus mengambil sendiri foto atau video yang berkualitas sehingga di sinilah jasa seorang fotografer dan videografer menjadi sangat dibutuhkan. Bukan hanya dalam pengambilan gambar saja, untuk membuat satu kesatuan video, juga diperlukan jasa editing maka sejalan dengan dibutuhkannya jasa seorang videografer maka umumnya akan ditawarkan sepaket juga dengan jasa editing.


4. Jasa Pembuatan Website

Meskipun saat ini sudah ada media sosial ataupun e-commerce atau marketplace untuk seorang pelaku usaha mempromosikan produk yang mereka miliki, tetap saja mereka membutuhkan website sebagai toko online resmi dari produk yang ditawarkan.

Memang sudah ada blog-blog gratis yang bisa dijadikan sebagai website, tetapi tetap saja perusahaan membutuhkan website resmi berbayar yang profesional yang akan berpengaruh pada brand image yang mereka miliki.

Di sinilah peran seorang jasa pembuat website. Kalian bisa menawarkan jasa website mulai dari yang terjangkau untuk pelaku UMKM hingga yang ekslusif untuk perusahaan-perusahaan besar. Kalian bisa menawarkan harga yang tidak terbatas untuk setiap jasa website yang kalian buat dan kelola, tergantung dengan tingkat kesulitan dan tampilan dashboard.


5. Jasa Pengelola Media Sosial/Content Creator

Saat ini banyak pelaku usaha baik umkm maupun perusahaan besar yang memiliki media sosial. Namun, seriang kali media sosial yang sudah mereka buat terbengkalai begitu saja karena tidak memiliki banyak waktu untuk mengurus dan mengelolanya. Padahal, media sosial menjadi salah satu tempat bagi masyarakat untuk mencari produk yang mereka inginkan.

Nah, di sinilah peran seorang jasa pengelola media sosial atau content creator dibutuhkan. Kalian bisa menawarkan jasa kalian yang memang secara khusus untuk membantu perusahaan mengelola media sosial yang mereka miliki.

Untuk bisnis ini, kalian bisa menjalankannya dari mana saja, yang penting kalian memiliki keahlian di bidang desain untuk mempercantik tampilan media sosial dari klien. Selain itu, juga bisa membantu dalam membuat konten berupa tips, tulisan, hingga video-video pendek. Kalian bisa menawarkan harga sesuai dengan tingkat kesulitan atau jasa-jasa yang digunakan.

Bagaimana Genhype, tertarik menjalankan bisnsi di bidang jasa? Yuk pilih kalian mau yang mana.



Editor: Indyah Sutriningrum

 
SEBELUMNYA

Menjadikan Laptop Sebagai Komputer Pribadi

BERIKUTNYA

Novel Terbaru Stephen King 'Fairy Tale' Segera Diadaptasi ke Layar Lebar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: