Ilustrasi seseorang terkena penyakit flu (Sumber Unsplash/ Usman Yousaf)

6 Tips Atasi Flu di Musim Pancaroba

21 September 2022   |   09:10 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Memasuki musim pancaroba, tubuh kita sering kali diderita dengan sejumlah penyakit ringan salah satu diantaranya adalah flu. Influenza atau flu merupakan penyakit yang mungkin pernah diderita oleh semua orang, flu bahkan sering diabaikan oleh penderita karena dianggap penyakit biasa.

Padahal, flu yang tidak ditangani dengan baik juga bisa berkembang menjadi penyakit serius, khususnya mereka yang memiliki daya tahan tubuh rendah.

Gejala awal flu biasanya ditandai hidung mampet, keluar ingus atau lendir secara terus menerus, hingga kehilangan indra penciuman. Flu juga mudah menular ke orang lain ketika 3-4 hari pertama pengidapnya terinfeksi virus tersebut.

Kebanyakan penderita flu memiliki gejala ringan dan tidak memerlukan perawatan medis atau obat antivirus. Jika Genhype sakit dengan gejala flu, dalam banyak kasus, kalian harus tinggal di rumah dan menghindari kontak dengan orang lain kecuali untuk mendapatkan perawatan medis. Kalian mungkin juga akan mengalami kelelahan, kelemahan, dan batuk selama sepekan setelah pulih. 

Baca juga: Ternyata, Rumput Laut Dapat Mencegah Influenza

Nah, bagi Genhype yang sedang terserang flu, simak enam tips dari berbagai sumber yang dapat membatu meredakan penyakit musiman ini:
 

1. Perbanyak Asupan Cairan Tubuh

Pada dasarnya tubuh memerlukan cairan agar dapat berfungsi dengan baik, termasuk melawan infeksi melalui sistem imun. Dengan memenuhi kebutuhan cairan, maka sistem kekebalan tubuh kalian juga akan lebih kuat.

Kebutuhan cairan agar tetap terhidrasi tidak hanya dipenuhi dengan air minum, kalian juga bisa menggantinya dengan makan sup, air kaldu, atau buah-buahan segar. Tapi ingat juga ya, untuk menghindari minuman seperti alkohol, kopi, atau minuman tinggi gula. 
 

2. Tidur yang Cukup

Tidur merupakan bagian penting dalam proses pemulihan tubuh. Saat gejala awal flu mulai terlihat, pastikan tubuh kalian mendapatkan jatah tidur yang cukup, atau 7-8 jam sehari, serta kurangi aktivitas fisik yang melelahkan.

Dengan istirahat yang cukup, sistem metabolisme kalian juga akan lebih maksimal untuk melawan infeksi virus saat gejalanya mulai muncul. Agar tidur lebih pulas, Genhype juga bisa mandi air hangat dulu sebelum tidur.
 

3. Kelola Stres

Kondisi stres juga bisa membuat kekebalan tubuh seseorang melemah sehingga bisa lebih mudah terserang flu. Saat stres, hormon kortisol dalam tubuh juga akan meningkat sehingga menyebabkan sistem imun kita jadi rendah.

Nah, mengelola stres juga penting dilakukan Genhype saat flu menyerang. Beberapa aktivitas yang bisa membantu antara lain, melakukan latihan pernapasan, meditasi atau yoga, mendengarkan musik, atau olahraga ringan di dalam ruangan yang dapat membuat tubuh jadi rileks.
 

4. Konsumsi Makanan Sehat

Asupan makanan sehat juga memiliki peran penting dalam memperkuat imun kalian agar bekerja lebih maksimal saat terserang flu.  Oleh sebab itu Genhype perlu memenuhi kebutuhan gizi seimbang yang mencakup protein dan nutrisi lainnya.

Kandungan protein biasa didapatkan dari gandum, kacang-kacangan, daging tanpa lemak, atau telur rebus. Selain itu kalian juga bisa menambahkan sayuran hijau yang kaya antioksidan, atau buah-buahan segar lain, seperti jeruk atau apel.


5. Minum Obat 

Minum obat juga penting dilakukan saat gejala flu mulai menjangkiti kalian.Saat ini sudah banyak obat flu yang dijual bebas di toko ritel ataupun apotik yang dapat membantu meringankan gejala flu, seperti hidung tersumbat, sakit tenggorokan, hingga batuk.

Beberapa obat yang bisa dikonsumsi untuk meringankan flu seperti antihistamin, dekongestan, hingga paracetamol yang  berfungsi untuk meredakan nyeri. Bila ragu, kalian juga bisa datang ke klinik untuk memeriksa keadaan serta meminta resep dokter.
 

6. Berkumur dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam juga dapat meringankan gejala flu karena dinilai efektif untuk membersihkan lendir di tenggorokan, mengurangi peradangan, iritasi, hingga membilas bakteri yang ada di mulut kalian. 

Genhype bisa mengunakan segelas air hangat yang dicampur setengah sendok teh garam untuk berkumur selama 30 detik. lakukan ini selama beberapa kali  dalam sehari, agar meringankan gejala flu kalian.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda


 

SEBELUMNYA

Tungkai dan Telapak Kaki Dingin? Waspada Penyakit Arteri Perifer

BERIKUTNYA

4 Jenis Mobil Listrik yang Perlu Genhype Ketahui

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: