Ilustrasi rebahan (Dok. Unsplash/Adrian Swancar)

Mager & Rebahan Tanpa Kegiatan Bikin Tubuh Rentan Sakit

14 September 2021   |   18:25 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Pandemi Covid-19 disebut membuat kita lebih jarang bergerak daripada biasanya. Gaya hidup aktif dengan demikian perlu lebih dicanangkan di masyarakat. Pasalnya, dengan tetap aktif, tubuh kita menjadi lebih fit dan imunitas kita lebih kuat dalam menghadapi beragam jenis penyakit. 

Genhype mungkin tak perlu olahraga berat yang harus dilakukan secara outdoor. Cukup lakukan olahraga ringan atau peregangan sederhana setiap malam sambil tetap menikmati film-film kesayangan dari layar kaca.

Genhype misalnya dapat melakukan peregangan leher, downward facing dog, hamstring helper, triceps stretch, ataupun child’s pose. Untuk melakukan itu semua hanya diperlukan baju yang longgar dan matras atau karpet.
 
Peluncuran Activ Water (Dok. Tangkapan layar)


 
Kegiatan atau olahraga ringan tersebut penting untuk dilakukan, karena selain menghindari kerumunan, olahraga juga penting untuk terhindar dari Covid-19. Spesialis kedokteran olahraga dr. Andhika Raspati mengatakan dengan berkegiatan kita dapat mengurangi risiko terinfeksi.

“Ada penelitian yang mengatakan kalau orang itu mager di rumah, rebahan doang, itu lebih berisiko terkena covid-19. Dia bisa dapat kans untuk kena covid lebih berat,” ujarnya dalam peluncuran minuman isotonik Aktiv Water dari Konimex, Selasa (14/9/2021). 

Dia menerangkan untuk tetap aktif walaupun di rumah saja, bisa dilakukan dengan memulai cara-cara sederhana yaitu mengimbangi non-exercise physical activities (NEPA) dengan olahraga rutin setiap hari sekaligus asupan nutrisi yang seimbang. 

Kata Andhika, NEPA sederhana yang bisa dilakukan oleh masyarakat antara lain seperti naik turun tangga untuk melancarkan sirkulasi darah dan membakar kalori, berjalan kaki guna menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

“Hal sederhana lainnya seperti membersihkan rumah, menggendong dan bermain dengan anak, berkebun, mencuci motor ataupun mobil,” tuturnya. 


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Ketegangan Pelarian Ibu & Anak dalam Trailer Film Paranoia

BERIKUTNYA

4 Makanan dengan Kandungan Vitamin D Tinggi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: