Cuplikan film Jailangkung: Sandekala (Sumber: YouTube/Cinema 21)

Segera Tayang di Bioskop, Yuk Simak 4 Fakta Film Horor Jailangkung: Sandekala

20 September 2022   |   11:47 WIB

Penggemar film horor Indonesia pastinya sudah enggak sabar menantikan karya terbaru sineas dalam negeri yang dapat memacu jantung dan adrenalin. Film Jailangkung:Sandekala karya sutradara Kimo Stamboel siap menyapa Genhype pada 22 September 2022 lewat kisah horor yang menggabungkan mitos, ritual, dan drama keluarga.

Film Jailangkung:Sandekala sendiri mengisahkan tentang perjalanan sebuah keluarga yang berlibur ke luar kota, akan tetapi malah berujung pada malapetaka yang menyeramkan. Saat mereka tiba di sebuah danau wisata dan menikmati suasana alam di sana, anak bungsu di keluarga tersebut tiba-tiba menghilang tanpa jejak saat matahari terbenam.

Sesudah dilakukan pencarian mereka hanya menemukan boneka Jailangkung di kawasan hilangnya anak tersebut yang terkenal dengan legendanya yang disebut Sandekala. Dari sinilah perlahan mereka terperangkap ke dalam suatu keadaan yang membingungkan, antara ritual, mitos, dan upacara-upacara pemanggilan arwah untuk mencari anak tersebut.

Baca juga: Biar Enggak Terlalu Takut, Begini 5 Kiat Nonton Film Horor

Nah, bagi Genhype yang penasaran mengenai kelanjutan film ini, sabar ya karena masih ada dua hari lagi tayang serentak di bioskop. Untuk mengobati ke-kepoan kalian, berikut lima fakta menarik film Jailangkung: Sandekala:
 

1. Diangkat dari Ritual Jailangkung

Permainan mistis Jailangkung memang sudah sangat familiar bagi masyarakat Indonesia dan sering menjadi permainan anak-anak di waktu senggang dengan melakukan upacara pemanggilan arwah.

Dalam permainan ini biasanya setelah  mereka melakukan pemanggilan arwah dengan mengucapkan mantra khusus, Jailangkung yang terbuat dari batok kelapa akan bergerak sendiri dan menjawab pertanyaan yang diajukan.
 

2. Jadi Reboot Film Versi Sebelumnya

Dalam budaya populer, produksi film horor ikonik ini  sudah dimulai dari Jelangkung (2001) karya Jose Poernomo dan Rizal Mantovani yang menjadi tonggak awal film horor modern Indonesia yang formulanya masih dipakai hingga hari ini.

Film dengan tema yang sama lalu diikuti, Tusuk Jelangkung (2022), Jelangkung 3 (2007), Kalung Jelangkung (2011), bahkan direfresh ulang melalui Jailangkung (2017), hingga Nini Thowok (2018) yang konsepnya hampir mirip,

Wicky V. Olindo, produser dari Sky Media mengatakan, film terbaru mereka ini memang bentuk reboot ulang dari mitos Jailangkung yang sudah ada dan menggabungkannya dalam ritual serta mitos Sandekala yang juga tak asing.
 

3. Tampilkan Drama Keluarga Ala Kimo

Meski sudah banyak karya film yang mengambil tema Jailangkung, Kimo Stamboel menegaskan bahwa dalam film terbarunya ini akan tetap menyajikan adegan-adegan segar yang dibalut dalam drama keluarga yang kental. Dia mengatakan karyanya ini akan menampilkan sinema yang berbeda dari versi sebelumnya, seperti nightmare scenario yang bisa dirasakan oleh keluarga, hingga keseruan roller coaster ride.
 

4. Tampilkan Bintang Papan Atas Indonesia

Film Jailangkung: Sandekala yang menceritakan horor dalam sebuah keluarga ini juga akan menampilkan karakter yang diperankan oleh bintang papan atas, seperti Adrian (Dwi Sasono) bersama istrinya, Sandra (Titi Kamal) dan dua anak mereka Niki (Syifa Hadju) dan Kinan (Muzakki Ramdhan). 

Nah, itulah dia Genhype sejumlah fakta-fakta yang dapat menjadi acuan kalian sebelum nonton film Jailangkung: Sandekala di bioskop kesayangan masing-masing. Selamat menonton ya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 
SEBELUMNYA

7 Resep Rahasia Sehat dan Umur Panjang Ratu Elizabeth II

BERIKUTNYA

Ajang Front Row Paris Sukses Digelar, Fesyen Lokal Ternyata Diminati Pasar Eropa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: